Image default
Akuntansi

Pilihan Aplikasi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Bagi pemilik bisnis, tidak terkecuali pada perusahaan dagang, penting halnya untuk mengetahui posisi keuangan bisnis Anda, agar Anda dapat menyusun perencanaan usaha serta untuk dasar pengambilan keputusan bisnis. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat melihat informasi yang telah tersaji pada laporan keuangan perusahaan. Namun, laporan keuangan yang dibuat manual tentu akan memungkinkan adanya kesalahan atau human error yang menjadikan informasi tidak akurat. Untuk itu Anda tentu akan membutuhkan aplikasi laporan keuangan perusahaan dagang untuk membantu mempermudah aktivitas akuntansi di perusahaan dagang yang Anda miliki.

Penyusunan laporan keuangan tersebut pun dilakukan dengan melalui siklus akuntansi yang ada di tiap-tiap jenis perusahaan, mulai dari pengumpulan bukti transaksi hingga menjadi laporan keuangan. Proses ini akan sulit dilakukan bila tidak paham tentang siklusnya.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh para pemilik perusahaan dagang. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: 10 Alasan Pentingnya Laporan Keuangan bagi Perusahaan dan Bisnis

Mengenal Apa Itu Perusahaan Dagang

mengenal perusahaan dagang dan Aplikasi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang mana kegiatan usahanya berfokus pada menjual barang kepada konsumen. Hal-hal yang dijual perusahaan merupakan barang yang punya wujud atau fisik, seperti makanan, pakaian, perhiasan, kosmetik dan lainnya.

Produk yang dijual perusahaan ini umumnya ada 3 jenis, yaitu barang belum jadi atau bahan baku, barang setengah jadi dan juga barang jadi. Contoh dari perusahaan dagang sendiri yaitu seperti toko swalayan, distributor, retail, toko grosir ataupun toko pengecer.

Ciri khas dari perusahaan dagang ini yaitu bisnisnya membeli barang, lalu menjualnya kembali pada konsumen, tanpa adanya proses untuk mengubah bentuk barang tersebut. Karena hal inilah, banyak orang yang minat untuk menjalani bisnis seperti ini karena dinilai sederhana, mudah dilakukan serta hasilnya pun menjanjikan.

Perusahaan dagang ini akan mendapatkan profit dari hasil mark-up serta distribusi transaksi barang. Hal inilah yang membedakan perusahaan dagang dengan perusahaan jasa yang menjual skill untuk mendapat untung.

Seluruh proses penjualan dan pembelian yang terjadi di perusahaan dagang akan dicatat rapi serta dilaporkan setiap periode tertentu, berbentuk laporan keuangan. Hal ini penting untuk penentuan kelanjutan perusahaan.

Pentingnya Laporan Keuangan untuk Perusahaan Dagang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, laporan keuangan untuk perusahaan dagang adalah hal yang penting, karena itulah dibutuhkan aplikasi laporan keuangan perusahaan dagang agar laporan keuangan dapat disajikan dengan akurat. Berikut ini adalah beberapa fungsi laporan keuangan bagi perusahaan dagang:

  • Gambaran kondisi perusahaan; laporan keuangan akan menunjukkan kondisi keseluruhan perusahaan. Misalnya perusahaan sedang dalam kerugian, maka akan tergambar jelas di laporan keuangan tersebut.
  • Gambaran dari kredibilitas perusahaan; laporan keuangan yang transparan akan menunjukkan kalau perusahaan Anda kredibel. Kredibilitas ini akan berpengaruh ke calon investor Anda yang akan menaruh saham di bisnis Anda.
  • Bentuk pertanggungjawaban kepada perusahaan; perusahaan akan berkaitan dengan pihak internal yaitu manajemen serta pihak eksternal. Laporan keuangan ini pun jadi bentuk pertanggungjawaban kepada investor bisnis Anda. Sama halnya kepada kreditur dan bank. Laporan keuangan dipakai untuk bahan pertimbangan dalam melihat kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya membayar utang lewat perhitungan rasio tertentu.
  • Sebagai pertimbangan perencanaa serta pengambilan keputusan; perusahaan dapat menggunakan informasi dari laporan keuangan dalam mengevaluasi kinerja dari perusahaan. Kemudian, laporan keuangan dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan perbaikan dan juga pertimbangan untuk membuat keputusan ataupun kebijakan.
  • Fungsi lainnya; seperti pengawasan keuangan, penentuan nilai investasi, dasar untuk pembayaran dividen, dasar pengendalian biaya dan lainnya.

Contoh Laporan Keuangan yang Digunakan Oleh Perusahaan Dagang

contoh Aplikasi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Ada beberapa jenis laporan keuangan yang digunakan perusahaan dagang yaitu laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, laporang utang, laporan piutang serta laporan stok barang.

  1. Laporan laba rugi

Tujuan dari laporan ini adalah untuk mengukur performa perusahaan di suatu periode. Ini juga berguna dalam membantu perusahaan untuk memikirkan langkah selanjutnya yang harus dilakukan perusahaan.

Dalam laporan laba rugi ini berisikan:

  • Pendapatan atau revenues; jumlah yang diperoleh dari penjualan barang
  • Beban atau expenses; harga pokok penjualan serta beban bunga
  • Keuntungan dan kerugian atau gains and losses; penjualan aset tidak lancar, dengan total yang berbeda dari nilai asal
  • Pendapatan bersih atau net income; hasil pengurangan biaya dan kerugian yang dialami perusahaan dari pendapatan serta keuntungan perusahaan
  1. Laporan arus kas

Laporan ini punya tujuan untuk melaporkan kas yang dihasilkan serta dibelanjakan selama suatu periode seperti sebulan, kuartal ataupun tahunan. Laporan ini akan menjembatani laporan laba rugi dengan neraca, dengan cara memperlihatkan cara uang masuk serta keluar.

Dalam laporan arus kas ini berisikan:

  • Aktivitas operasi; kegiatan penghasil pendapatan utama serta kegiatan lain yang bukan adalah investasi ataupun pendanaan
  • Aktivitas investasi; arus kas dari akuisisi, pelepasan aset jangka panjang serta investasi lainnya yang tidak termasuk dalam kas
  • Aktivitas pendanaan; arus kas yang akan membuat perubahan pada ukuran serta komposisi modal ataupun pinjaman entitas seperti saham, obligasi dan juga dividen.

Baca Juga: Biar Akhir Tahun Bisa Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!

  1. Laporan utang perusahaan

Tujuan dari laporan ini adalah untuk menyajikan secara detail tentang transaksi penambahan serta pengurangan utang perusahaan dan juga saldo akhir utang masing-masing supplier.

Laporan utang ini berisi daftar kode supplier, nama supplier, saldo awal utang, pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, PPN masukan, pembayaran utang dan saldo akhir utang.

  1. Laporan piutang

Laporan piutang punya tujuan untuk merinci transaksi penambahan serta pengurangan piutang perusahaan dan juga saldo akhir piutang pelanggan.

Laporan ini berisi data kode pelanggan, nama pelanggan, saldo awal piutang, penjualan, uang muka, potongan penjualan, PPN keluaran, pembayaran piutang dan saldo akhir piutang.

  1. Laporan stok barang

Laporan stok barang dibuat untuk merinci stok barang yang ada secara lengkap.

Isinya yaitu daftar barang dan kodenya, harga penjualan, stok awal, pembelian barang, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, dan stok akhir di gudang.

  1. Laporan keuangan neraca

Dibuatnya laporan ini sebagai gabungan dari seluruh laporan keuangan yang disajikan setahun sekali, yang berguna dalam menentukan langkah perusahaan ke depannya yang berkaitan dengan keuangan. Laporan ini akan memperlihatkan apakah keuangan perusahaan dalam kondisi yang sehat atau tidak.

Dalam laporan ini berisi:

  • Aktiva; ini dapat berupa aktiva lancar atau uang tunai dan juga aktiva tidak lancar seperti bangunan, tanah ataupun peralatan. Juga mencakup aset-aset yang tidak berwujud, misalnya hak cipta, perjanjian waralaba serta hak paten.
  • Kewajiban atau liabilitas; ini termasuk di dalamnya yaitu kewajiban lancar seperti faktur pemasuk, gaji, pajak pendapatan, sewa Gedung dan lainnya. dan juga kewajiban jangka panjang seperti pajak tangguhan, bunga serta pokok obligasi dan juga kewajiban dana pensiun.
  • Modal atau ekuitas; ini mencakup modal dari pemilik serta laba ditahan.

Memilih Aplikasi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Dalam memilih aplikasi laporan keuangan perusahaan dagang yang tepat, haruslah memerhatikan beberapa hal. Ini karena tujuan penggunaan aplikasi atau software ini adalah untuk memudahkan dalam pencatatan dan penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang Anda.

Di mana penggunaan software akuntansi ini akan membantu mempercepat mendapatkan laporan keuangan yang akurat. Ini pun menghindari kesalahan yang dapat dilakukan manusia, yang mana dapat membuat laporan keuangan pun jadi tidak valid.

Dalam memilih software ataupun aplikasi laporan keuangan perusahaan dagang, perhatikan hal berikut:

  1. Kemudahan dalam perhitungan stok barang

Software akuntansi yang Anda gunakan harus menciptakan kemudahan untuk mendapat informasi terkait jumlah stok barang yang tersedia secara realtime. Software ini pun harus mudah digunakan untuk menginput pembelian serta penjualan barang, sehingga laporan pun bisa langsung otomatis dibuat.

  1. Kemudahan pengendalian utang piutang

Lewat software atau aplikasi laporan keuangan perusahaan dagang, Anda juga harus merasakan kemudahan untuk mengetahui jumlah utang piutang perusahaan yang jatuh tempo, siapa saja yang seharusnya ditagih serta dibayar.

  1. Kemudahan akses

Memilih Aplikasi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Akses yang mudah akan menjadi nilai tambah yang diberikan. Anda sebaiknya memilih software yang bisa diakses di perangkat apa saja. Pilihannya adalah menggunakan software akuntansi berbasis cloud, yang mana Anda hanya memerlukan internet saja untuk mengakses informasi di dalamnya.

  1. Keamanan data terjamin

Informasi keuangan perusahaan merupakan data vital yang akan menggambarkan performa serta kondisi dari perusahaan. Data inipun sifatnya adalah rahasia, dan seharusnya hanya bisa diakses dan diketahui oleh pihak-pihak berkepentingan saja. Karena itulah, Anda harus memilih software akuntansi yang menjaga keamanan data keuangan perusahaan Anda.

  1. Software dengan sistem terintegrasi

Software yang punya fitur sistem terintegrasi ini akan membantu Anda menghubungan software dengan aplikasi terkait lainnya. ini akan memudahkan dalam pemantauan performa bisnis lewat laporan keuangan yang sudah saling terkait.

Pilihan Software atau Aplikasi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Dengan segala pertimbangan penting di atas, Anda dapat menjatuhkan pilihan terbaik kepada software akuntansi Accurate Online.

Software ini memiliki fitur yang akan memudahkan pencatatan transaksi, pembuatan beragam laporan keuangan dan masih banyak fitur memudahkan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan akuntansi perusahaan Anda. Dengan Accurate Online, Anda pun tak perlu khawatir dengan data laporan keuangan yang disajikan, karena laporan dapat disajikan dengan cepat dan akurat.

Jika Anda tertarik mencobanya sendiri, Anda bisa mengunjungi laman mitramandiri.id dan mencoba software akuntansi terbaik ini selama 30 hari secara gratis. Yuk, coba sekarang!

Related posts

Metode Pencatatan Akuntansi: Pengertian, Jenis dan Cara Memilihnya

admin

10 Alasan Pentingnya Laporan Keuangan bagi Perusahaan dan Bisnis

Iskandar Rumi

Peran Software Akuntansi Usaha Dagang dalam Kelancaran Bisnis

admin