Memiliki sebuah bisnis, berarti Anda harus paham kalau segala hal terkait proses akuntansi di dalamnya adalah hal yang penting, salah satunya adalah pembukuan. Segala bisnis yang dijalani, misalnya bisnis restoran, pun harus memiliki proses akuntansi yang dikelola dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan oleh pemilik restoran yaitu memanfaatkan aplikasi pembukuan restoran.
Aplikasi pembukuan adalah salah satu hal yang akan mempermudah pencatatan arus kas bisnis restoran, di mana ini penting bagi keberlangsungan bisnis. Dengan adanya aplikasi pembukuan, Anda pun lebih mudah dalam melakukan pencatatan. Namun bagaimanakah cara memilih aplikasi pembukuan restoran yang tepat? Dan apa saja tips pembukuan yang dapat dilakukan untuk bisnis restoran Anda?
Pentingnya Proses Akuntansi Bagi Bisnis
Bisa dibilang, masih banyak pemilik bisnis, seperti bisnis restoran, menganggap sepele proses akuntansi, hingga akhirnya mengabaikannya. Padahal, proses ini merupakan elemen penting dalam sebuah bisnis.
Anda tidak akan bisa mengelola restoran Anda dengan baik, tanpa mengetahui detail tentang proses akuntansinya. Sekalipun jika Anda memperkerjakan seorang yang profesional di bidang keuangan, Anda juga harus tetap memahami segala hal yang terkait dengan keuangan. Ini karena, Anda jadi bisa tau cara untuk meningkatkan profit bisnis Anda dan menjalankan restoran dengan berkelanjutan secara finansial.
Baca Juga: Pengertian Buku Besar Akuntansi, Fungsi, Jenis, Bentuk dan Cara Membuatnya
Walaupun begitu, mungkin bagi beberapa pebisnis, mengetahui proses akuntansi secara mendetail adalah hal yang sulit dilakukan. Karena hal inilah, muncul aplikasi atau software akuntansi untuk membantu segala proses akuntansi jadi lebih mudah dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat.
Selain itu, ada beberapa alasan pentingnya pengawasan pembukuan untuk bisnis restoran Anda, yaitu dengan cara ini, Anda dapat tau dimanakah pengeluaran terbesar dari bisnis yang Anda jalani, Anda juga dapat memantau jumlah pengeluaran, mengetahui asal pendapatan dan juga mencari tau banyaknya uang yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan untung dari bisnis.
Dengan begini, Anda pun dapat melakukan evaluasi pada kinerja bisnis Anda, apa kekurangannya, dan bagaimana membuat hal tersebut tidak terjadi lagi atau dapat diminimalisasi. Anda juga bisa membuat rencana ke depannya seperti apa, terkait dengan bisnis Anda. Tentunya ini pun akan berkaitan dengan pengambilan keputusan terkait bisnis.
Tips Pembukuan Bisnis Restoran
Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan terkait pembukuan bisnis restoran yang Anda jalani, agar dapat dikelola dengan baik:
-
Kelola arus kas
Langkah yang pertama ini berarti adalah melacak seluruh uang masuk dan juga keluar dalam bisnis restoran Anda.
Dalam menjalani bisnis, tentunya Anda ingin mendapatkan keuntungan lebih dari apa yang Anda keluarkan. Saat bisnis Anda bisa lebih banyak menghasilkan keuntungan, dibandingkan pengeluarannya, maka hal ini akan memaksimalkan laba bersih, dan bisnis Anda pun bisa terus tumbuh.
-
Konsisten dalam merekap transaksi
Mencatat arus kas, termasuk di dalamnya terkait pendapatan dan juga beban, akan sangat membantu proses akuntansi bisnis Anda, khususnya terkait pembukuan.
Penghasilan yang mencakup seluruh uang tunai, kartu kredit dan juga penjualan cek yang diterima. Biaya keluar pun harus dilakukan pencatatan, dengan nota serta faktur. Anda juga tidak boleh melupakan pencatatan jumlah persediaan yang ada.
-
Kelola inventaris
Bisnis restoran berarti akan memiliki persediaan yang mencakup bahan baku, mesin untuk mengolah dan juga produk serta bahan yang digunakan untuk membuat makanan dan minuman. Persediaan ini adalah hal penting dalam hal mengelola proses akuntansi, karena ini adalah investasi dan persediaan yang akan dipakai untuk menghasilkan keuntungan bisnis Anda.
Anda wajib selalu pertimbangkan inventaris sebagai kas dalam bentuk berbeda serta menghitungnya secara konsisten dan juga menyeluruh.
-
Memperhitungkan laba rugi
Dokumen tentang laba rugi bisnis Anda memiliki fungsi sebagai laporan dalam meringkas pendapatan, biaya serta persediaan, menggambarkan total keuntungan dan kerugian bisnis di suatu periode tertentu.
Jika memungkinkan, Anda bisa mempersiapkan dokumen ini setiap minggunya. Dengan begini, Anda jadi lebih mudah melacak angka untuk dibandingkan dari bulan ke bulan bahkan tahunan. Selain itu, laporan laba rugi ini berisikan seluruh informasi yang relevan dengan arus kas bisni Anda, mencakup penjualan serta upah karyawan.
Baca Juga: Pentingnya Memiliki Aplikasi Pembukuan Toko Kelontong
-
Maksimalkan penggunakan aplikasi pembukuan restoran
Kecanggihan teknologi yang semakin pesat tentunya juga membawa solusi dalam kemudahan terkait pembukuan bisnis, seperti bisnis restoran yang kini banyak dilirik para pebisnis.
Software atau aplikasi akuntansi yang dapat melakukan pencatatan atau pembukuan bisnis akan memudahkan proses akuntansi bisnis Anda. Dengan begini, laporan keuangan jadi lebih akurat, dan waktu yang dibutuhkan pun lebih singkat.
Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan software atau aplikasi akuntansi, yang perlu disiapkan adalah data bisnis, sumber daya manusia serta tentunya hardware yang kompatibel.
Data bisnis ini terkait dengan data supplier, data pelanggan, data utang dagang serta piutang penjualan, dan data aktiva. Data-data ini diperlukan agar mempermudah proses transisi dari manual ke sistem yang lebih modern.
Kedua, sumber daya manusia pun adalah salah satu aspek yang juga harus disiapkan, terutama untuk software atau akuntansi yang membutuhkan SDM yang mumpuni. Anda dapat memberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum penerapan software atau aplikasi pembukuan restoran yang akan digunakan. Berikutnya, tentu saja hardware yang kompatibel untuk mendukung teknologi yang akan Anda gunakan.
Cara Memilih Aplikasi Pembukuan Restoran yang Tepat
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena pembukuan ini adalah hal yang penting bagi kelangsungan bisnis Anda, maka ketika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pembukuan restoran, pilihlah yang terbaik, yang dapat memudahkan proses akuntansi bisnis Anda dan tentunya membantu menyajikan laporan keuangan yang akurat.
1. Fiturnya Lengkap
Ketika Anda memutuskan menggunakan software atau aplikasi akuntansi untuk bisnis Anda, tentunya Anda akan menaruh harapan di mana perangkat lunak ini akan dapat memudahkan dan jadi solusi dari proses akuntansi yang rumit tersebut. Nah, karena inilah, pastikan bahwa aplikasi yang dipilih memiliki fitur lengkap untuk setiap kebutuhan bisnis Anda.
Ada beberapa fitur yang pasti Anda butuhkan yaitu, pembuatan faktur, monitor saldo pelanggan, melacak penjualan produk, pengelolaan aset, perhitungan otomatis, pengelolaan pelanggan dan supplier, perhitungan laporan keuangan yang lengkap, dan berbasis cloud.
2. Pengoperasiannya mudah
Aplikasi pembukuan yang mudah dioperasikan oleh siapapun tentu akan jadi kelebihan yang banyak dicari para pebisnis. Karena, tanpa perlu sumber daya manusia profesional di bidang akuntansi, proses akuntansi pun tetap dapat berjalan dengan baik. Karena itulah, jika memungkinkan, Anda dapat memilih aplikasi akuntansi atau pembukuan yang mudah dioperasikan, sekalipun oleh orang awam akuntansi.
Hal ini tentunya akan menghemat biaya operasional, karena Anda tidak perlu merekrut tenaga profesional lagi.
3. Jaminan keamanan data
Tidak sedikit para pebisnis lebih memilih pembukuan manual demi menjaga keamanan data-data keuangan bisnis mereka. Padahal, pembukuan manual ini malah berisiko tinggi mengalami rusak ataupun hilang, dan pastinya tinggi kemungkinan mengalami human error.
Karena itulah, pastikan Anda memilih aplikasi pembukuan restoran yang terjamin keamanan data. Banyak pula sistem akuntansi yang sudah dibekali sistem keamanan tinggi, sehingga data Anda dapat tersimpan dengan baik.
4. Ada customer support
Dengan adanya customer support, akan memungkinkan untuk menyampaikan masalah dan kendala yang Anda alami terkait penggunaan software ataupun aplikasi akuntansi. Dengan begini, permasalahan Anda pun bisa segera diselesaikan.
5. Dapat dikostumisasi
Jika penyedia jasa yang Anda gunakan menyediakan layanan berupa bisa dikostumisasi, maka Anda dapat memilih ini. Karena, bisa saja kebutuhan bisnis Anda akan terus berubah, seiring dengan perubahan dan perkembangan bisnis yang Anda jalani.
Dengan adanya layanan kostumisasi ini pun akan membuat Anda tak perlu khawatir bila nantinya Anda punya kebutuhan lain yang harus di-cover oleh software atau aplikasi yang Anda gunakan.
Nah, berbicara soal kemudahan proses akuntansi, keamanan data, fitur lengkap, dan segala hal yang sudah disebutkan di atas, software akuntansi Accurate Online dapat menjadi jawaban dari segala kebutuhan bisnis Anda. Dengan Accurate Online, pencatatan transaksi bisnis, pembukuan, dan pembuatan laporan akan lebih mudah dan akurat.
Untuk mencoba fitur apa saja yang ada, Anda dapat menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari. Langsung saja cek mitramandiri.id, untuk info lebih lanjut.