Image default
Bisnis

Arti Flagship: Produk Andalan Suatu Bisnis, Bagaimana Pemasarannya?

Pernahkah Anda memikirkan jenis produk yang akan Anda buat untuk bisnis Anda, namun keduanya bisa bekerja sama secara harmonis? Dan tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan salah SATU produk Anda untuk mengembangkan bisnis, membangun brand yang sukses, dan meningkatkan penjualan semua produk Anda yang lain? Inilah yang disebut dengan flagship. Arti Flagship suatu produk yang merupakan produk terpenting atau terbaik yang dimiliki bisnis Anda. 

Ini juga menjadi kesalahan umum yang kerap diabaikan para pelaku bisnis di mana kebanyakan dari mereka hanya secara acak menciptakan produk demi produk, tanpa menonjolkan keunggulannya. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang apa itu flagship dan bagaimana strategi yang tepat untuk membuat flagship Anda sendiri.

Arti Flagship ?

Flagship artinya
Sumber: Unsplash

Flagship adalah istilah umum yang menggambarkan sesuatu atau produk yang merupakan produk terbaik atau terpenting dari suatu bisnis. Selain produk, bisa juga berupa ide, bangunan dan lain-lain yang dimiliki oleh bisnis Anda. Sebuah produk unggulan atau flagship dapat Anda gunakan sebagai titik awal untuk menjual produk lain.

Baca Juga: Memahami Elastisitas Permintaan pada Pemasaran Produk

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah flagship, mungkin Anda kerap mendengarnya dengan istilah core product atau core offer. Core product (produk inti) adalah produk yang menjadi pusat perusahaan Anda karena itu yang paling penting.

Sebagian besar brand bisnis mana pun harusnya memiliki satu atau lebih produk unggulan. Ini didefinisikan sebagai produk tertentu yang terbaik di antara keseluruhan produk. Selain itu, istilah flagship umumnya digunakan dalam industri teknologi, transportasi, dan beberapa bisnis ritel. 

Flagship biasanya bersifat sementara dan dapat berubah jika produk baru yang lebih unggul dirilis. Setiap produk unggulan dari suatu brand umumnya juga memiliki harga tertinggi dibandingkan dengan semua produk lain dari brand yang sama. 

Meskipun dengan harga yang mahal, permintaan terhadap produk flagship juga menjanjikan. Sebab, harga yang dibayar sepadan kualitas dan fitur yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Cara Kreatif untuk Membuat Flagship Anda Sendiri

Membuat Flagship Anda Sendiri
Sumber: Pexels

Jadi, apakah bisnis Anda memiliki satu atau dua produk yang lebih unggul dibanding produk lainnya? Jika iya, yuk jadikan produk tersebut flagship a.k.a produk andalan dengan menerapkan beberapa tips kreatif berikut ini:

1. Buat Desain Produk yang Menarik

Untuk dapat masuk dalam daftar flagship, sangat penting untuk menjaga produk andalan Anda tetap terbaik dalam segala aspek. Dalam hal ini, membuat desain produk yang bagus sangatlah penting. Sebuah desain yang baik dari produk apapun selalu menarik pelanggan dan membantu untuk menjaga produk agar tetap unggul dari produk lain.

Dalam membuat desain suatu produk, penting untuk memahami kebutuhan pasar. Sebagai contoh, produk smartphone The New Galaxy Z Flip4 5G yang merupakan flagship dari brand Samsung menekankan desain ponsel lipat yang unik dan stylish di mana produk lainnya tidak memiliki desain tersebut. 

2. Tonjolkan Spesifikasi Produk

Selain desain produk, juga dibutuhkan spesifikasi terbaik yang ada di pasaran agar produk Anda bisa masuk dalam daftar flagship. Pada saat membuat suatu produk, Anda harus menempatkan semua kualitas terbaik dalam produk yang akan meningkatkan kinerja produk, baik itu dari kualitas bahan, sistem teknologi yang digunakan, dan lainnya. 

Dengan demikian produk tersebut akan mampu bersaing dengan semua produk lain yang sejenis di pasar. Masih dengan contoh produk smartphone The New Galaxy Z Flip4 5G dari Samsung, produk ini menjadi flagship brand Samsung bukan tanpa asalan.

Pasalnya, produk ini memiliki semua spesifikasi kelas atas, terbaik, dan diakui sebagai produk terbaik yang tersedia di perusahaan, sehingga merupakan produk unggulan. Mulai dari kapasitas baterai, RAM, kualitas kamera, layar, dan sebagainya.

3. Sertakan Fitur Produk Terbaik

Fitur merupakan salah satu istilah terpenting dalam hal sebuah produk flagship. Untuk membuat produk unggulan semua fitur terbaru harus disertakan dalam produk yang akan membuat produk menjadi yang terbaik di antara semua produk merek lainnya.

Selain itu, penggunaan fitur terbaik akan membuat produk menjadi salah satu produk terbaik yang tersedia di pasar. Sebagai contoh, merek Samsung Galaxy memiliki produk unggulan The New Galaxy Z Flip4 5G yang memiliki semua fitur terbaik yang tersedia di pasar, seperti water resistant, fitur 5G, fast waireless charging, dan lainnya.

Baca Juga: Penting! 5 Komponen Biaya Produksi, Bikin Laporan Lebih Rapi

4. Aplikasikan Teknologi Canggih dalam Produk

Teknologi merupakan salah satu aspek lain yang sangat penting bagi sebuah produk untuk menjadi unggulan. Ada cukup banyak teknologi yang tersedia di dunia dan dapat diterapkan pada produk untuk membuat produk menjadi yang terbaik di antara yang lainnya.

Penerapan teknologi terbaik membantu produk menjadi produk flagship dari merek tertentu. Masih dengan contoh The New Galaxy Z Flip4 5G, produk smartphone unggulan dari Samsung telah membuat produk ini dengan berbagai jenis teknologi canggih yang membuatnya jadi smartphone terbaik di pasar. 

Misalnya teknologi flexcam, teknologi super fast charging, 4NM processor dan lain sebagainya.

5. Pastikan Produk Anda Memiliki Performa Tinggi

Ketika berbicara tentang produk unggulan, semua orang tentu mengharapkan produk tersebut memiliki performa terbaik di kelasnya. Dalam hal ini sangat penting bagi produk untuk memiliki performa atau kinerja yang tinggi sehingga akan menarik pelanggan dan akan membantu produk untuk masuk dalam daftar unggulan.

Performa tinggi yang dimaksud di sini meliputi ketahanan baterai, tenaga prosesor, kualitas tampilan gambar di layar, kapasitas RAM dan media penyimpanan, kecepatan loading data, dan sebagainya.

6. Harga Produk

Harga produk merupakan salah satu aspek penting yang menentukan suatu produk masuk dalam daftar unggulan. Dalam kebanyakan kasus, Anda pasti kerap menemukan produk unggulan harganya paling mahal dibandingkan dengan semua produk merek lainnya.

Sebagai produk flagship biasanya juga diakui sesuai dengan harga produk. Dengan demikian sebuah produk unggulan memiliki harga tertinggi yang sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

Produk The New Galaxy Z Flip4 5G sementara ini memiliki harga termahal di antara semua jenis produk smartphone dari Samsung, yakni Rp. 17.000.000.

7. Proses Pengembangan Produk

Faktor penting lainnya untuk sebuah produk flagship adalah terletak pada proses pengembangan produknya. Produk unggulan dibuat dengan proses pengembangan terbaik yang tersedia untuk merek tersebut. 

Mulai dari tim hingga manajemen di balik pembuatan merek harus memiliki keterampilan tertinggi serta menggunakan peralatan terbaik untuk mengembangkan dan mendesain produk tersebut supaya menghasilkan produk dengan kualitas dan performa terbaik. 

Sebagaimana proses pembuatan dan pengembangan jam tangan Rolex (salah satu merek jam tangan termahal di dunia), menggunakan emas produksi sendiri. Produk mereka juga didesain dengan langsung dengan tangan oleh tim yang benar-benar ahli dalam pembuatan arloji, bukan menggunakan mesin pabrik.

Penutup

Itulah uraian seputar produk flagship yang penting untuk Anda ketahui. Dapat disimpulkan bahwa arti flagship produk terbaik dari suatu brand karena lebih unggul dari produk lain dan mampu memberikan lebih banyak keuntungan untuk perusahaan.

Related posts

Prospek dan Dampak Industri Batubara Setelah Film Sexy Killers

Iskandar Rumi

5 Penyebab Runtuhnya Giant dan Masa Depan Retail Indonesia

Iskandar Rumi

Strategi Diferensiasi dan Perannya Dalam Bisnis

admin