Image default
Akuntansi

Fungsi dari Software Akuntansi dalam Mendukung Kegiatan Bisnis

Kehadiran software akuntansi memang sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Berbagai fungsi dari software akuntansi telah membantu banyak pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Tak hanya perusahaan-perusahaan besar, jenis bisnis skala kecil dan menengah pun sangat cocok menggunakan software akuntansi ini.

Namun, sebelum menggunakan software akuntansi, pastikan untuk memilih jenis software akuntansi dengan fitur-fitur yang beragam serta keamanan yang terjamin.

Mengenal Apa itu Software Akuntansi

Software akuntansi adalah sejenis perangkat atau sistem yang dirancang khusus untuk menunjang aktivitas bisnis, terutama pada pencatatan keuangan dan perpajakan. Beberapa fitur penting yang sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis di antaranya berupa modul pembelian, penjualan, buku besar, penggajian dan fitur lain-lainnya.

Umumnya, software akuntansi bisa dikembangkan oleh suatu perusahaan. Namun, tidak semua perusahaan memiliki developer dan programmer yang mumpuni dalam merancang sebuah software akuntansi. Maka tak jarang, banyak perusahaan menggunakan jasa software akuntansi dari pihak ketiga.

Baca Juga: Software Accurate Untuk Bisnis Manufaktur

Kehadiran software akuntansi tak hanya memiliki manfaat dalam mengatur segala jenis laporan keuangan yang ada di dalam perusahaan. Lebih dari itu, software akuntansi juga menyediakan data yang lebih akurat dalam waktu yang lebih singkat. Hal ini tentu akan berbeda saat melakukan penyusunan laporan keuangan secara manual di mana Anda membutuhkan banyak waktu serta tenaga saat mengelolanya.

Software akuntansi juga bekerja secara real time dan memiliki beragam divisi yang saling berhubungan satu sama lain di dalamnya. Oleh sebab itu, perusahaan yang menggunakan software akuntansi tak akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menganalisa hingga menyusun laporan keuangannya. Berbagai transaksi keuangan seperti penjualan, pembelian, produksi, hingga segala jenis pengeluaran perusahaan akan diinput secara otomatis di dalam menu jurnal yang terdapat pada software akuntansi.

Fungsi Dari Software Akuntansi

Setelah mengetahui apa itu software akuntansi, selanjutnya mari membahas fungsi dari setiap fitur yang dihadirkan di dalam software akuntansi.

Mengontrol Keuangan Perusahaan

Setiap perusahaan wajib melakukan pengontrolan keuangan secara baik dan juga akurat. Tanpa control yang baik, perusahaan beresiko mengalami kerugian akibat tak mencapai profit yang ditargetkan. Dengan menggunakan software akuntansi maka perusahaan pun bisa melakukan pengontrolan keuangan secara lebih cepat dan akurat.

Meskipun kehadiran seorang akuntan di dalam perusahaan memiliki kemampuan dalam mengontrol data-data keuangan perusahaan, akan tetapi dengan memanfaatkan sofware akuntansi para akuntan di dalam perusahaan pun dapat mendapatkan hasil analisa laporan keuangan secara lebih praktis. Para akuntan tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu mereka untuk melakukan penghitungan secara manual.

Meningkatan Akurasi Data

Fungsi dari software akuntansi selanjutnya ialah sebagai peningkat akurasi data transaksi keuangan perusahaan. Sekalipun Anda memiliki seorang akuntan, akan tetapi belum tentu data yang mereka kerjakan tersebut akan akurat dan tepat. Oleh sebab itu, software akuntansi bisa menjadi solusi di tengah resiko human error di dalam perusahaan.

Bayangkan jika data yang telah dikelola secara manual tersebut ternyata memunculkan kesalahan penghitungan. Maka tentu saja Anda perlu mengulang semua analisa penghitungan data tersebut mulai dari awal lagi. Sebagai solusinya, banyak perusahaan lebih memilih untuk menggunakan software akuntansi untuk mendapatkan data keuangan yang lebih detail dan akurat.

Menghemat Biaya

Tidak bisa dipungkiri jika dalam pengelolaan keuangan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Proses penyusunan anggaran yang terbilang ribet dan cukup kompleks membuat banyak perusahaan rela menggelontorkan dana sebanyak mungkin agar mendapatkan data keuangan yang akurat. Namun, dengan menggunakan software akuntansi, Anda pun bisa sedikit menekan biaya atau anggaran pengelolaan transaksi keuangan perusahaan ini.

Pengambil Keputusan yang Tepat

Fitur-fitur serta sistem yang terbilang sangat canggih membuat banyak peryusahaan sangat mengandalkan software akuntansi. Software akuntansi tak hanya memiliki fungsi dalam menyajikan data secara akurat dan tepat, software akuntansi juga bisa menjadi pengambil keputusan yang tepat di dalam perusahaan.

Rincian kondisi keuangan perusahaan yang tersaji secara lebih detail membantu banyak pihak di dalam perusahaan dalam mempertimbangkan rencana perusahaan ke depannya. Apakah perusahaan mengalami laba atau sebaliknya. Rincian transaksi keuangan tentu berpengaruh besar dalam setiap langkah yang akan diambil perusahaan.

Mengamankan Data Perusahaan

Tak hanya dari segi keakuratan dan kecepatan, software akuntansi juga telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang akan menjaga data kerahasiaan perusahaan. Dengan begitu, berbagai jenis transaksi keuangan di dalam perusahaan pun akan terlindungi dari serangan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Fitur-Fitur Software Akuntansi yang Wajib Dimiliki

Karena kehadiran software akuntansi hari ini semakin banyak yang bermunculan, maka Anda perlu selektif dalam memilih jenis software akuntansi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Berikut adalah beberapa fitur-fitur yang wajib Anda pertimbangkan.

Fitur Laporan Keuangan

Kehadiran fitur laporan keuangan adalah hal yang paling utama dalam sebuah jurnal laporan keuangan. Di dalam fitur laporan keuangan setidaknya harus memuat fitur-fitur lainnya seperti laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, fitur laba rugi perusahaan, perubahan modal, arus kas hingga laporan buku besar.

Fitur Manajemen Utang Piutang

Fitur yang satu ini sangat berperan penting dalam melakukan analisa laporan utang dan piutang dari konsumen maupun supplier. Dengan begitu, perusahaan pun bisa melakukan monitoring mengenai jadwal jatuh tempo yang harus dibayarkan oleh berbagai pihak.

Fitur Purchasing

Selanjutnya, ada pula yang disebut dengan fitur purchasing. Di dalam fitur ini Anda akan lebih mudah untuk memantau segala kegiatan yang berkaitan dengan transaksi keuangan perusahaan, sebut saja untuk melihat status laporan pembelian jatuh tempo, pelunasan dan lain-lainnya. Selain itu, software akuntansi juga menghadirkan fitur untuk pembuatan faktur, retur pembelian, penjualan hingga fitur untuk pengiriman pada supplier produk.

Fitur Budgeting

Fitur budgeting berperan penting dalam mencatat segala jenis laporan yang berkaitan dengan budgeting perusahaan. Mulai dari anggaran bersisa hingga anggaran tak bersisa bisa Anda sesuaikan dengan periode kegiatan bisnis Anda hanya dengan menggunakan software akuntansi. Fitur budgeting ini juga bisa digunakan dalam melakukan analisa penghitungan laba dan rugi perusahaan.

Baca Juga: Ternyata Berbeda! Perbedaan Akuntansi dan Keuangan

Fitur Financial Forecasting

Banyak perusahaan menggunakan software akuntansi karena kehadiran fitur finacial forecasting ini. Tentu dalam menjalankan bisnis Anda memerlukan analisa penghitungan biaya pendapatan yang tepat dan akurat. Kehadiran fitur financial forecasting inilah yang akan membantu Anda dalam melakukan kontrol keuangan secara lebih bijak karena di dalamnya memuat sistem yang mampu memangkas biaya yang tidak penting. Dengan begitu, perusahaan pun bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Kehadiran software akuntansi memang sangat berperan penting dalam sebuah perusahaan. Saat ini beragam jenis software akuntansi sudah banyak ditawarkan di mana-mana, akan tetapi Anda tetap perlu selektif dalam memilih software akuntansi. Pastikan untuk menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur-fitur lengkap serta keamanan tingkat tinggi seperti yang dihadirkan oleh software akuntansi dari mitramandiri.id.

Jika Anda tertarik dengan berbagai fitur dan fungsi dari software akuntansi yang dihadirkan di dalamnya, silahkan mendapatkannya lewat link berikut ini mitramandiri.id.

Related posts

Perbedaan Pengertian Akuntansi Menurut AAA, AICPA, Para Ahli beserta Ruang Lingkup dan Batasannya

admin

Cara Mudah Memahami Neraca Keuangan Bagi Pemilik UKM

Iskandar Rumi

Pentingnya Memiliki Aplikasi Pembukuan Toko Kelontong

admin