Image default
Akuntansi

8 Manfaat Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis Anda

Akuntansi adalah bagian penting dari perjalanan bisnis, baik itu bisnis berskala besar atau kecil. Itu karena akuntansi mencakup proses dan metode pencatatan, analisis, ringkasan, dan penggalian laporan tentang transaksi organisasi atau perusahaan. Maka tak heran, jika sebagai pebisnis, Anda harus memahami manfaat akuntansi.

Penerapan akuntansi membuat transaksi keuangan jadi lebih mudah dan transparan untuk dilacak dan dipahami. Tentu hal ini akan membantu semua pemangku kepentingan dengan mudah memahami transaksi, arus kas dan kinerja keuangan perusahaan.

Bisnis yang mampu menerapkan akuntansi dan pembukuan keuangan yang tertata dan sistematis, umumnya akan memiliki kemampuan lebih untuk mengontrol pengeluaran dan pemasukan sehingga mencapai tujuan finansial lebih cepat. Pencapaian tujuan finansial ini tentu akan membawa bisnis ke arah perkembangan.

Baca Juga: Apa Saja Jenis Akuntansi yang Berguna untuk Bisnis? Yuk, Simak Info ini!

Lantas, apa saja tepatnya manfaat akuntansi yang bisa diperoleh bisnis Anda jika menerapkannya dengan tepat? 

8 Manfaat Akuntansi

Manfaat akuntansi untuk bisnis
Sumber: Unplash.com

Akuntansi memainkan peran penting dalam perjalanan bisnis karena memiliki sejumlah manfaat utama sebagai berikut:

1. Membantu Mengevaluasi Kinerja Bisnis Anda

Manfaat akuntansi yang pertama adalah membantu Anda dalam mengevaluasi kinerja bisnis yang sudah berjalan selama periode tertentu. Sebagaimana Anda tahu bahwa, catatan keuangan Anda mencerminkan hasil operasi serta posisi keuangan bisnis kecil atau perusahaan Anda. 

Dengan kata lain, catatan keuangan ini membantu Anda memahami apa yang terjadi dengan bisnis Anda secara finansial. Catatan keuangan yang bersih dan terupdate akan membantu Anda melacak pengeluaran, margin kotor, dan kemungkinan utang.

Selain itu, keuangan yang tercatat rapi dan akurat akan membantu Anda membandingkan data Anda saat ini dengan catatan akuntansi sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mengalokasikan anggaran Anda dengan tepat. 

Yang tak kalah penting, akuntansi keuangan memungkinkan Anda untuk mempelajari dan mengukur kinerja bisnis selama periode waktu tertentu.

2. Manfaat Akuntansi untuk Memastikan Kepatuhan Hukum

Hukum dan peraturan bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya. Akan tetapi, dengan menerapkan sistem dan proses akuntansi yang sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan akan membantu Anda memastikan kepatuhan terhadap undang-undang terkait bisnis Anda.

Misalnya, memastikan bahwa kewajiban seperti pajak penjualan, PPN, pajak penghasilan, dan lain-lain, ditangani dengan tepat. Dengan begitu, bisnis Anda akan terhindar dari masalah-masalah perpajakan atau problem keuangan lain yang berpotensi menghambat bisnis.

3. Membantu Membuat Rencana Anggaran dan Proyeksi Masa Depan

Penganggaran dan proyeksi masa depan dapat membuat suatu bisnis lebih cepat berkembang atau justru mengalami kebangkrutan, tergantung dari akuntansi keuangan yang Anda terapkan dalam bisnis Anda.

Jika Anda menjalankan bisnis berskala kecil, maka operasional bisnis Anda mungkin masih membutuhkan jumlah sumber daya yang relatif kecil. Maka dari itu, dibutuhkan perencanaan dan penganggaran untuk memperkirakan sumber daya yang dibutuhkan bisnis dengan tepat. 

Nah, disinilah manfaat akuntansi berikutnya yang bisa Anda peroleh, yakni penganggaran dan perencanaan bisnis jadi lebih tertata dan terpadu. Catatan transaksi keuangan masa lalu yang dapat digunakan untuk memproyeksikan dan mengantisipasi tren masa depan. 

Trend dan proyeksi bisnis didasarkan pada data keuangan historis untuk menjaga operasi Anda tetap menguntungkan. Data keuangan ini akan tersaji dengan tepat dan akurat bila menggunakan sistem akuntansi yang terstruktur dengan baik.

Akuntansi keuangan membantu rencana manajemen ke depan dan mengalokasikan sumber daya dengan tepat untuk masa depan jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Menurut AICPA, Para Ahli serta Peranan Akuntansi

4. Pengambilan Keputusan Jadi Lebih Efektif dan Efisien

Catatan akuntansi keuangan membantu mendorong pengambilan keputusan yang lebih efisien dan tepat guna di semua jenis dan level bisnis. Pasalnya, setiap tingkat manajemen menggunakan data keuangan yang berkaitan dengan ruang lingkup operasi mereka untuk membuat keputusan. 

Manajer perusahaan umumnya menggunakan laporan ini untuk membuat operasi lebih efisien dan menguntungkan. Laporan akuntansi keuangan juga dapat digunakan untuk membuat keputusan besar seperti memperluas operasi perusahaan ke lokasi lain. 

Dengan demikian, pelaporan yang akurat dapat memudahkan manajemen untuk menghindari kerugian dan mismanagement.

5. Mengetahui Gambaran Performa Bisnis

Manfaat akuntansi berikutnya adalah memungkinkan Anda untuk mengetahui gambaran performa bisnis Anda secara lebih jelas selama periode tertentu. Itu karena melalui laporan akuntansi keuangan, Anda dapat mengukur kerugian dan keuntungan perusahaan dalam hal moneter. 

Anda dapat memastikan dengan tepat berapa banyak keuntungan atau kerugian yang diperoleh bisnis selama periode waktu tertentu. Dengan mengetahui performa bisnis, Anda bisa membandingkan perusahaan satu sama lain dan kaitannya dengan persaingan bisnis Anda dengan kompetitor. 

Pemantauan laporan akuntansi keuangan secara teratur juga dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi hambatan dan masalah potensial dan mengatasinya sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

6. Mengetahui Posisi Keuangan

Posisi keuangan perusahaan sangat penting untuk diketahui pemilik bisnis, pemegang saham, investor, dan pemberi pinjaman. Lantas, darimana Anda mengetahui posisi keuangan bisnis Anda secara tepat? Jawabannya adalah dari laporan yang tersaji akuntansi keuangan. 

Laporan ini memberi tahu pemilik bisnis atau pemangku kepentingan secara lebih tepat perihal berapa banyak yang diinvestasikan dalam bisnis, aset dan kewajibannya, laba rugi, dan arus kas. Ini juga memfasilitasi pelaporan informasi keuangan yang akurat tentang perusahaan kepada pemerintah, pajak, dan otoritas pengatur lainnya.

Baca Juga: Tujuan Akuntansi, Manfaat dan Fungsinya untuk Bisnis

7. Likuiditas

Banyak usaha kecil bangkrut karena mismanagement uang tunai. Maka dari itu, manfaat akuntansi disini adalah untuk mempermudah Anda dalam mempelajari berapa banyak likuiditas yang Anda miliki dengan lebih tepat berdasarkan data-data yang ada di laporan akuntansi keuangan. 

Akuntansi juga akan memberitahu Anda tentang jumlah kas yang terutang kepada Anda dan berapa banyak Anda berutang kepada orang lain. Dengan menggunakan informasi ini untuk mengelola bisnis, Anda berkesempatan untuk mengurangi risiko kebangkrutan atau krisis keuangan.

8. Meningkatkan Arus Kas

Mengelola arus kas adalah bagian penting dari bisnis yang sering diabaikan oleh bisnis startup atau UMKM. Sebuah bisnis dapat dengan cepat mengalami masalah jika tidak memiliki uang tunai (petty cash), tidak peduli seberapa menguntungkannya aset atau kas besar yang Anda miliki (cash at bank). 

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk menerapkan sistem akuntansi dengan tepat supaya bisa memastikan bahwa arus kas Anda cukup kuat untuk melindungi bisnis Anda dari risiko. Penerapan sistem akuntansi yang benar juga sekaligus bisa meningkatkan kepercayaan di antara investor dan pemangku kepentingan Anda. 

Dengan demikian, arus kas akan tetap dalam kondisi baik alias tetap pada jalurnya guna memenuhi operasional bisnis Anda dan mengembangkannya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa manfaat akuntansi yang bisa Anda dapatkan jika menerapkannya dengan tepat. Namun, tak sedikit pebisnis yang merasa kewelahan mengurus persoalan akuntansi keuangan dalam bisnisnya sehingga pekerjaan penting lainnya terbengkalai. Jadi, adakah solusi untuk mengatasinya?

Nah, kamu bisa coba menggunakan software akuntansi yang terbaik dan terpercaya, yaitu Accurate Online. Software akuntansi ini bisa menjadi solusi agar sistem akuntansi bisnis Anda lebih terintegrasi.

Dengan Accurate Online, Anda bisa menjalankan berbagai jenis fungsi bisnis dalam satu tempat, mulai dari akuntansi, manajemen inventaris, perbankan, penggajian, hingga perpajakan. Dengan fleksibilitas dan kemampuan multitasking, Accurate Online sangat mampu meningkatkan produktivitas serta efisiensi kinerja Anda dan tim.

Related posts

Memahami Tentang Aset Tetap, Lancar, dan Tidak Lancar

Iskandar Rumi

Memilih Aplikasi Pembukuan Depot Air Minum

admin

Software Pembukuan Konter Pulsa Gratis, Juga Untuk Jenis Usaha Lainnya

admin