Image default
Akuntansi

Pengertian Akuntansi Menurut AICPA, Para Ahli serta Peranan Akuntansi

Pengertian akuntansi menurut AICPA atau American Institute of Certified Public Accountants menjadi salah satu pedoman untuk mengetahui definisi dari akuntansi. Tak hanya dari AICPA, American Accounting Association atau AAA juga memiliki definisi tersendiri terkait pengertian akuntansi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia sendiri, akuntansi merupakan sebuah seni dalam melakukan pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan maupun penafsiran suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Ilmu akuntansi sangat penting untuk didalami oleh para akuntan di setiap perusahaan maupun organisasi. Pengelolaan transaksi keuangan yang sistematis akan menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Di dalam laporan keuangan tersebut haruslah memuat beragam jenis pencatatan mulai dari pencatatan transaksi, pengklasifikasian transaksi maupun analisa transaksi. Keseluruhan data yang terdapat di dalam laporan keuangan akan dijadikan bahan kepentingan bagi perusahaan.

Baca Juga: Bisnis Profesional! Inilah Prinsip Dasar Akuntansi yang Wajib Dipelajari

Pengertian Akuntansi menurut AICPA dan AAA

Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA), akuntansi merupakan sebuah bentuk seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian dalam perusahaan bersifat finansial terhadap penafsiran hasil-hasilnya.

Sedangkan pengertian akuntansi menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi ialah sebuah proses mengidentifikasi, mengukur serta melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas serta tegas bagi para pengguna informasi tersebut.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Selain pengertian akuntansi dari dua lembaga akuntansi internasional, Anda juga perlu mengetahui beberapa pengertian akuntansi yang dikemukakan oleh para pakar akuntansi.

Walter

Menurut Walter, akuntansi merupakan suatu sistem informasi yang mengukur aktifitas bisnis, melakukan proses data menjadi laporan hingga mengkomunikasikan hasil laporan kepada pihak pemegang keputusan yang dapat mempengaruhi aktifitas bisnis.

James M Reeve

James M Reeve sendiri mendefinisikan akuntansi sebagai suatu sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangkun kepentingan dalam perusahaan mengenai berbagai aktifitas dan kondisi ekonomi yang sedang terjadi. Menurutnya, akuntansi juga merupakan bentuk penyajian informasi kepada pihak lain dalam mengukur performa perusahaan.

Warren

Akuntansi menurut Warren merupakan sebuah sistem informasi yang menyediakan laporan untuk para pemangku kepentingan mengenai aktifitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

Rudianto

Adapun akuntansi menurut Rudianto yaitu merupakan aktifitas berupa mengumpulkan, menganalisis, menyajikan dalam bentuk angka, mengklasifikasikan, meringkas hingga melaporkan berbagai transaksi dalam sebuah badan usaha dalam bentuk laporan keuangan.

Thomas Sumarsan

Thomas Sumarsan mendefinisikan akuntansi sebagai bentuk sebuah seni dalam mengumpulkan, mengindetifikasikan, mengklasifikasikan hingga mencatat berbagai jenis transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Dengan begitu, informasi dalam bentuk laporan keuangan bisa digunakan oleh pihak-pihak yang membutuhkannya.

Surwadjono

Surwadjono juga membagikan pendapatnya tentang definisi akuntansi. Menurutnya akuntansi merupakan seperangkat sistem yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif dalam unit organisasi pada lingkungan negara tertentu. Isi penyajian informasi tersebut kemudian dijadikan dasar pengambilan keputusan ekonomi.

Tujuan Akuntansi

Pengertian akuntansi menurut AICPA
https://www.dream.co.id/dinar/sebelum-rapat-ikuti-3-langkah-ini-supaya-lebih-prepare-180112b.html

Setelah mengetahui pengertian akuntansi menurut AICPA, AAA dan para ahli, selanjutnya mari membahas tentang tujuan akuntansi. Apa saja? Berikut poin-poin pentingnya untuk Anda.

  • Menyajikan informasi keuangan secara akurat dan bisa dipercaya oleh para pihak-pihak pemegang kepentingan dalam perusahaan.
  • Menyajikan informasi yang terpercaya tentang berbagai perubahan yang ada melalui sumber-sumber ekonomi sebuah perusahaan yang muncul karena terdapatnya aktifitas bisnis.
  • Melampirkan informasi keuangan yang bisa membantu penggunanya untuk mengukur potensi keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan.
  • Memberikan informasi penting terkait berbagai perubahan-perubahan pada sumber ekonomi dan kewajiban.
  • Memberikan informasi penting lainnya secara lebih detail lagi tentang laporan keuangan yang masih relevan untuk bisa digunakan oleh para pengguna laporan keuangan.

Jenis-Jenis Akuntansi

Berikut merupakan kumpulan jenis-jenis akuntansi yang perlu Anda pahami dan ketahui.

Akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan merupakan jenis akuntansi yang mengarah kepada proses yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan pada periode interim maupun tahunan. Di dalam laporan akuntansi keuangan harus memuat berbagai jenis transaksi keuangan yang terjadi selama suatu periode akuntansi yang kemudian diringkas menjadi neraca, laporan laba rugi serta laporan arus kas.

Baca Juga: Ternyata Berbeda! Perbedaan Akuntansi dan Keuangan

Akuntansi manajemen

Pada dasarnya, akuntansi manajemen menggunakan berbagai jenis data yang sama seperti yang digunakan oleh akuntansi keuangan. Namun, akuntansi manajemen lebih berfokus untuk mengatur dan menggunakan informasi dengan cara yang berbeda dalam akuntansi manajerial. Biasanya, para akuntan dalam perusahaan akan membuat laporan keuangan setiap bulan atau pada kuartal tertentu yang kemudian diberikan kepada tim manajemen bisnis.

Di dalam akuntansi manajemen juga terdiri atas beberapa aspek penting lainnya. Beberapa di antaranya berupa penganggaran, peramalan dan berbagai alat analisis keuangan. Segala jenis informasi yang bermanfaat bagi tim manajemen perusahaan berada di area akuntansi manajemen ini.

Akuntansi biaya

Jika akuntansi manajemen bertujuan untuk membantu bisnis dalam membuat keputusan tentang manajemen, maka akuntansi biaya bertujuan untuk membuat keputusan terkait penetapan biaya. Akuntansi biaya pada dasarnya mempertimbangkan berbagai jenis biaya yang berhubungan dengan produksi suatu produk.

Para analis, manajer, pemilik bisnis dan akuntan umumnya menggunakan informasi ini dalam menentukan berapa biaya yang dikeluarkan untuk produk mereka. Jika pada akuntansi keuangan uang dijadikan sebagai alat pengukur kinerja ekonomi bisnis, maka akuntansi biaya berfungsi sebagai faktor ekonomi dalam proses produksi produk.

Manfaat Akuntansi dalam Bisnis

Dalam kehidupan senari-hari termasuk dalam dunia bisnis, umumnya terdapat empat manfaat utama akuntansi. Adapun keempat manfaat yang dimaksud ialah sebagai berikut.

Sebagai Informasi Keuangan untuk Pihak yang Membutuhkan

Berbagai jenis bisnis yang dibangun tentulah membutuhkan akuntansi di dalamnya. Apa jadinya jika bisnis berjalan tanpa laporan keuangan. Berbagai jenis transaksi yang dilakukan dalam perusahaan haruslah dicatat dalam pembukuan akuntansi. Dengan begitu, pihak-pihak berkepentingan dalam perusahaan akan mengetahui sumber dan arus dana yang masuk maupun keluar.

Sebagai Bahan Evaluasi Keuangan

Laporan keuangan juga menjadi sumber bahan evaluasi perusahaan. Berbagai data di dalam laporan tersebut akan dijadikan sebagai tolak ukur, apakah perusahaan dalam kondisi finansial yang sehat atau justru sebaliknya.

Sebagai Bukti Keuangan yang Dapat Dipertanggungjawabkan

Kehadiran akuntansi juga menjadi sumber bukti utama yang sangat vital dalam perusahaan. Para akuntan adalah pihak yang memiliki tanggung jawab penuh dalam menyajikan berbagai data transaksi keuangan yang valid dan akurat.

Membantu Pencatatan Ekonomi Keluarga

Tak hanya untuk bisnis, akuntansi juga akan sangat bermanfaat dalam mengelola keuangan keluarga. Tidak bisa dipungkiri jika masalah rumah tangga kadang tak jauh-jauh dari urusan finansial. Oleh sebab itu, kehadiran akuntansi akan membantu Anda dalam mengatur keuangan keluarga secara sehat. Dengan begitu, pengeluaran dan pemasukan pun akan lebih terkontrol.

Baca Juga: Memilih Software Akuntansi UKM Terbaik

Penutup

Bagi pemilik bisnis tentu sangat penting memahami apa itu akuntansi. Pengertian akuntansi menurut AICPA, AAA dan para ahli akuntansi lainnya di dalam artikel ini tentu telah memberikan Anda gambaran yang lebih luas lagi tentang apa itu akuntansi. Secara keseluruhan, kegiatan akuntansi akan lebih banyak dihabiskan dengan pengelolaan angka-angka.

Tak heran jika banyak perusahaan membutuhkan jasa akuntan untuk mengelola laporan keuangan mereka yang cenderung kompleks tersebut. Namun, untuk lebih memudahkan para akuntan dalam menganalisa data secara lebih cepat dan tetap akurat, banyak perusahaan yang akhirnya menggunakan software akuntansi Accurate Online.

Related posts

Manfaat dan Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Perusahaan Jasa

admin

Apa Saja Jenis Akuntansi yang Berguna untuk Bisnis? Yuk, Simak Info ini!

admin

Pengertian Saldo Normal Akuntansi, Fungsi, Jenis dan Cara Menentukannya

admin