Image default
Akuntansi

Kenali 11 Alasan Pentingnya Akuntansi untuk Bisnis

Sebagian besar pemilik usaha kecil sering mendapati diri mereka kekurangan staf hingga kekurangan dana. Salah satu penyebab antara lain sistem pelacakan dan pencatatan keuangan masih dilakukan secara manual. Sehingga keterlambatan, kesalahan dalam mencatat, dan lain sebagainya menjadi lebih sering terjadi. Disinilah pentingnya akuntansi untuk bisnis

Manajemen keuangan yang buruk sebenarnya adalah alasan paling umum untuk usaha kecil gagal selama tahun pertama operasi mereka. Dengan anggaran dan sumber daya yang terbatas, pemilik usaha kecil dapat dengan cepat melupakan jumlah kas yang mereka belanjakan dan untuk apa saja kas tersebut digunakan.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis Anda harus menyadari pentingnya akuntansi untuk bisnis Anda. Tidak hanya sekedar untuk mempermudah Anda dalam melacak transaksi keuangan saja, akuntansi juga penting untuk banyak hal dalam bisnis Anda.

Baca Juga: 8 Manfaat Akuntansi untuk Perkembangan Bisnis Anda

Pentingnya Akuntansi untuk Bisnis

pentingnya akuntansi untuk bisnis
Sumber: Pexels.com

Akuntansi membantu Anda sebagai pemilik bisnis untuk melacak aset, kewajiban, pendapatan, dan arus kas. Ini sangat bermanfaat karena membantu owner bisnis, manajer, investor, dan pemangku kepentingan lainnya melacak kinerja keuangan bisnis yang memungkinkan mereka membuat keputusan yang jauh lebih tepat.

Akuntansi juga penting untuk agen pelaporan pajak. Setiap pemilik usaha di Indonesia diwajibkan oleh hukum untuk mencatat semua pendapatan dan pengeluaran untuk tujuan membayar pajak. Kegagalan untuk mematuhi standar akuntansi ini dapat mengakibatkan masalah hukum dan sanksi pajak yang berat dalam bisnis Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini pentingnya akuntansi untuk bisnis yang perlu Anda pahami:

1. Akuntansi Penting untuk Perencanaan Anggaran

Untuk setiap bisnis, penganggaran adalah faktor kunci yang menentukan  kesuksesan bisnis Anda. Perencanaan anggaran membantu bisnis Anda untuk mengembangkan strategi, menghemat uang, dan mengamati setiap pengeluaran yang melebihi jumlah yang dianggarkan. 

Nah, untuk membuat anggaran bisnis, tentu Anda membutuhkan catatan tertentu dari transaksi keuangan sebelumnya. Di sinilah pentingnya akuntansi untuk bisnis, yakni Jika catatan dipelihara melalui akuntansi, maka Anda memiliki dasar atau pedoman untuk perencanaan dan pembuatan anggaran.

2. Mempermudah Mendapatkan Pinjaman Bank

Untuk bisa memperoleh pinjaman dari lembaga keuangan, pihak bank biasanya akan mewajibkan Anda untuk menyajikan laporan keuangan sebagai persyaratan. Dan untuk menyusun laporan keuangan, Anda perlu menerapkan sistem akuntansi yang tepat. 

Oleh sebab itulah, berbagai pembukuan seperti laba, beban, aset dan kewajiban, pajak yang dibayarkan perlu dipelihara. Lembaga keuangan kemudian akan meneliti secara rinci sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman bisnis kepada Anda.

3. Akuntansi Penting untuk Pencatatan Keuangan 

Sebuah bisnis perlu memiliki catatan transaksinya supaya operasional bisnis dapat berjalan dengan lancar. Untuk mencapainya, akuntansi memainkan peran kunci dalam menyimpan catatan. Catatan keuangan ini dikumpulkan, dikelola, dan kemudian diinterpretasikan untuk dikomunikasikan kepada stakeholders.

4. Akuntansi Memainkan Peran dalam Pengambilan Keputusan

Ada berbagai jenis pengambilan keputusan oleh manajer atau pemilik bisnis. Dan akuntansi memainkan peran kunci dalam pengambilan keputusan.

Nah, supaya keputusan yang diambil bisa lebih bijaksana dan tepat guna, bisnis Anda membutuhkan laporan keuangan. Dan sebuah laporan keuangan yang tersusun rapi dan akurat dihasilkan dari sistem akuntansi. 

Pemilik bisnis atau manajer akan kesulitan membuat keputusan yang baik jika tidak ada catatan akuntansi yang tepat dalam organisasi bisnis, entah itu berkaitan dengan strategi pemasaran, pengembangan produk atau layanan, dan lain sebagainya. Alhasil, akan sulit juga untuk mencapai tujuan finansial yang ditargetkan.

5. Akuntansi Penting untuk Menarik Investor

Banyak pemangku kepentingan atau stakeholders yang membutuhkan informasi keuangan berupa laporan keuangan. Contoh stakeholders yang membutuhkan informasi keuangan adalah investor, kreditur, pemerintah, debitur, klien, dan karyawan. 

Umumnya, investor akan beralih ke bisnis lain jika perusahaan Anda memiliki riwayat keuangan yang tidak stabil. Nah, untuk mengetahui perkembangan tentang kondisi keuangan perusahaan sebelum memutuskan untuk menanamkan saham mereka, investor membutuhkan laporan akuntansi keuangan perusahaan Anda.

6. Memudahkan Pelaporan Keuntungan Bisnis

Tujuan utama dari sebuah bisnis pada umumnya yaitu untuk mendapatkan keuntungan. Untuk memastikan apakah bisnis yang Anda jalankan menghasilkan keuntungan atau tidak, Anda perlu memelihara sistem akuntansi yang terstruktur dan tersistematis. 

Hal ini memungkinkan stakeholders untuk membuat keputusan tentang pertumbuhan output bisnis.

Baca Juga: Apa Saja Jenis Akuntansi yang Berguna untuk Bisnis? Yuk, Simak Info ini!

7. Memantau Arus Kas

Sistem akuntansi sangat penting untuk dipersiapkan dengan baik supaya dapat membantu Anda dalam mengelola kebutuhan modal kerja dan kebutuhan kas lainnya dalam suatu organisasi. 

Pasalnya, memantau arus kas bisnis sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apakah bisnis Anda mengalami peningkatan atau penurunan secara finansial. Melacak kas masuk dan keluar Anda seperti tagihan, gaji karyawan, pengeluaran lain-lain, juga akan membantu Anda mengidentifikasi peluang keuntungan. 

Itulah alasan lain pentingnya akuntansi untuk bisnis karena sistem akuntansi yang baik akan membawa Anda ke pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bisnis Anda berjalan.

8. Membantu Bisnis Anda Terhindar dari Jeratan Hukum

Sistem akuntansi yang tepat sangat penting untuk memastikan pencatatan kewajiban yang tepat waktu dan yang harus dibayar dalam jangka waktu. Dalam hal ini terutama masalah perpajakan seperti pajak penjualan, PPN, pajak penghasilan, dan lain-lain. 

Dengan memiliki sistem akuntansi yang terstruktur dapat membantu Anda mengetahui berapa besar pajak yang harus dibayar dan kapan harus membayarnya. Pembayaran tepat waktu dari kewajiban ini membantu bisnis Anda terhindari dari masalah hukum yang berkaitan dengan perpajakan.

9. Memudahkan Pengajuan ke Bursa Efek dan Otoritas Pajak

Umumnya, bisnis berskala besar yang terdaftar wajib menyampaikan laporan keuangan ke bursa. Selain itu, untuk tujuan pengajuan pajak langsung dan tidak langsung, laporan keuangan dan persyaratan keuangan lainnya harus diberikan kepada otoritas pajak. 

Informasi tersebut hanya dapat diberikan jika perusahaan tersebut memiliki metode pencatatan dan pembukuan keuangan menggunakan sistem akuntansi yang tepat dalam organisasi bisnis.

10. Sebagai Upaya Perlindungan Bisnis dan Deteksi Penipuan

Dalam berbisnis, tindak penipuan dan kecurangan lainnya sangat rentan terjadi. Dan sudah banyak bisnis yang mengalami krisis bahkan kebangkrutan karena hal ini. Untuk mencegah terjadinya hal ini, diperlukan pengendalian internal yang baik dalam organisasi bisnis. 

Nah, pengendalian internal yang baik hanya dapat terjadi di mana transaksi keuangan dicatat secara tepat sesuai dengan yang terjadi. Dan satu-satunya cara untuk menjaga dan melacak transaksi secara efektif dan efisien adalah dengan menerapkan sistem akuntansi.

11. Siklus Pembayaran yang Lebih Baik

Alasan lain pentingnya mempersiapkan dan memelihara sistem akuntansi untuk bisnis Anda adalah meningkatkan siklus pembayaran bisnis seperti siklus hutang dan piutang. Pasalnya, bagian investor atas keuntungan perlu ditentukan, upah atau gaji karyawan perlu dihitung dan pembayaran tagihan kepada pemberi pinjaman secara tepat waktu. 

Dan siklus pembayaran hanya dapat ditingkatkan jika sistem akuntansi yang tepat diterapkan dalam organisasi bisnis.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, Anda pasti sudah menyadari bahwa banyak alasan pentingnya akuntansi untuk bisnis dan menerapkannya dengan sistem yang baik dan terstruktur. Inilah yang kerap menjadi problem bagi para pebisnis lantaran segala urusan pembukuan keuangan bisa terasa sangat berat dan menyita banyak waktu.

Hal tersebut menjadikan urusan bisnis lainnya seperti perencanaan strategi, pengembangan produk atau layanan, supervisi, dan lain-lain jadi terbengkalai. Nah, untuk mengatasi problem ini, Anda bisa memanfaatkan teknologi, yakni software akuntansi untuk mempermudah persoalan keuangan bisnis Anda.

Dengan software akuntansi, Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan secara manual yang pastinya memakan banyak waktu dan rentan terjadi kesalahan. Nah, contoh software akuntansi yang recommended untuk Anda coba adalah Accurate Online.

Tidak hanya memudahkan proses pembukuan bisnis, Accurate Online juga terbukti mampu memudahkan operasional bisnis secara menyeluruh dan sudah ribuan pebisnis yang membuktikannya. Mulai dari mengelola inventaris, rekonsiliasi transaksi otomatis, hingga perhitungan dan pelaporan pajak.

 

Related posts

Pengertian Saldo Normal Akuntansi, Fungsi, Jenis dan Cara Menentukannya

admin

Ingin Tahu Beda Accurate Online dan Offline? Cek Informasinya di Sini!

admin

Inilah 7 Accounting Software Advantages bagi Bisnis Start Up

admin