Semakin canggihnya teknologi, sebenarnya semakin mudah pula segala urusan. Begitupun dalam dunia akuntansi. Meskipun ilmu akuntansi ini tidak semua orang miliki, namun sebagai pemilik bisnis, ilmu ini adalah wajib untuk dipahami, sekalipun Anda hanya memiliki bisnis sebuah toko. Untuk membuat kegiatan akuntansi di toko Anda dapat lebih mudah dilakukan, seiring berkembangnya zaman, muncul lah sistem akuntansi. Nah, sebenarnya apa saja manfaat serta cara mengembangkan sistem akuntansi toko atau bisnis yang Anda jalani?
Seperti halnya dalam hal bisnis. Di dunia bisnis, tentu tidak akan bisa lepas dari hal akuntansi. Seiring berkembangnya zaman dan pesatnya teknologi, kegiatan pembukuan bisnis pun jadi lebih mudah dengan adanya sistem akuntansi. Salah satunya adalah sistem akuntansi toko atau bisnis.
Pengertian Sistem Akuntansi
Sistem akuntansi atau yang juga disebut sebagai sistem informasi akuntansi adalah sistem yang fungsinya mencatat, mengumpulkan, memproses data transaksi serta menyebarluaskan informasi keuangan pada pihak yang punya wewenang. Di dalamnya termasuk juga segala proses akuntansi serta pengumpulan bukti dokumen transaksi.
Baca Juga: Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko
Manfaat Sistem Akuntansi
Ada beberapa manfaat sistem akuntansi bagi bisnis ataupun perusahaan, yaitu:
-
Menghemat waktu dan juga biaya
Bisa dibilang proses akuntansi adalah suatu proses yang akan memakan waktu yang tidak sedikit, karena aka nada banyak transaksi yang harus dicatat dan juga dihitung. Dengan adanya sistem akuntansi akan membuat seluruhnya dapat diotomatisasi, sehingga waktu yang dihabiskan pun bisa diminimalisasi.
Bukan hanya itu saja, untuk perusahaan atau bisnis pun, Anda jadi tidak perlu biaya tambahan untuk merekrut akuntan lain untuk melakukan proses akuntansi.
-
Lebih mudah memantau kondisi keuangan
Manfaat sistem akuntansi juga akan dirasakan oleh para pemilik atau pemimpin perusahaan, dalam hal memantau kondisi keuangan perusahaan. Anda dapat mengetahui segala hal terkait pendapatan dan pengeluaran, transaksi yang dilakukan dan lainnya secara detail.
-
Minim kesalahan
Melakukan pembukuan secara manual, akan membuat risiko terjadinya kesalahan menjadi lebih besar, karena keakuratannya tergantung pada ketelitian dari akuntan. Dengan menggunakan sistem akuntansi, proses pembukuan jadi bisa otomatis, dan kesalahan pun bisa lebih minim.
Akuntan pun tidak lagi perlu banyak waktu untuk melakukan koreksi data, sehingga bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.
-
Pengawasan yang lebih mudah
Dengan adanya sistem akuntansi, akan membantu mempermudah pengawasan oleh pemilik bisnis. Seperti pada sistem akuntansi toko, di mana sebagai pemilik bisnis Anda dapat memantau jalannya bisnis Anda di manapun dan kapanpun.
-
Evaluasi kinerja bisnis lebih mudah
Lewat sistem akuntansi yang ada, Anda dapat melihat perkembangan bisnis Anda. Dengan begini, Anda dapat melakukan evaluasi kinerja bisnis Anda, dan membuat strategi ke depannya untuk dapat membuat bisnis lebih baik lagi. Hal ini juga berguna dalam mendeteksi kelalaian apa yang mungkin terjadi di suatu periode bisnis, dan membuat rencana agar kelalaian tersebut tidak terjadi lagi.
Baca Juga: Software Pembukuan Toko Accurate Online Jadi Pilihan Tepat
Cara Mengembangkan Sistem Akuntansi Toko
Kegiatan akuntansi seperti pencatatan transaksi, penginputan pada buku besar, mempersiapkan neraca saldo ataupun analisis proses laporan keuangan, umumnya seluruhnya sama di semua entitas bisnis. Yang membedakan hanyalah kecepatan serta efisiensi sistem dalam praktik akuntansi.
Dengan adanya sistem akuntansi seperti perangkat lunak akuntansi, akan membuat kerja jadi lebih cepat dan efisien. Dalam mengembangkan sistem akuntansi toko atau bisnis tentu harus dilakukan untuk bisa mengakomodir seluruh kebutuhan para pelaku bisnis ataupun akuntan terkait kegiatan akuntansi.
Ada beberapa cara mengembangkan sistem akuntansi toko atau bisnis untuk membuatnya ideal agar bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis, yaitu:
1. Analisa
Pertama-tama, cara mengembangkan sistem akuntansi toko atau bisnis adalah Anda harus memastikan informasi seperti apa yang dibutuhkan untuk pengguna internal serta eksternal. Identifikasi sumber informasi juga dibutuhkan dalam pengumpulan data serta menyiapkan laporan dan juga menyajikannya dengan benar.
Bukan hanya itu saja, kelebihan dan kekurangan dalam praktik akuntansi pun harus dianalisis serta diidentifikasi dengan sangat teliti.
2. Merumuskan
Langkah berikutnya adalah membangun kegiatan akuntansi yang tepat. Dalam langkah ini termasuk merancang formulir serta dokumen, pemilihan metode dan proses kerja, menyiapkan rencana kerja, menyiapkan laporan, pengumpulan teknik pengendalian, serta pemilihan peralatan. Tidak jarang, harus ada perubahan kecil untuk mendesain ulang sistem akuntansi yang ada.
3. Pelaksanaan
Untuk langkah penerapan sistem akuntansi yang baru atau telah dikembangkan, pengumpulan bukti dokumen informasi yang dibutuhkan serta menggunakan metode atau pemasangan peralatan yang telah direncanakan, harus dilakukan pelaksanaan agar mengetahui kalau seluruhnya sudah sesuai dengan rencana. Karyawan yang berkaitan pun harus diberi pelatihan dan harus diawasi.
4. Memantau
Setelah semuanya sudah diterapkan ke dalam proses akuntansi, cara mengembangkan sistem akuntansi toko atau bisnis selanjutnya adalah mencari kekurangan serta memantau sistem apakah terjadi kerusakan atau tidak. Ini adalah langkah yang penting, karena berkaitan dengan efektivitas serta tujuan organisasi. Tidak jarang dibutuhkan perubahan dalam penerapan desain.
Tips Penerapan Akuntansi Toko Sederhana
Sekalipun sistem akuntansi toko atau bisnis telah dibuat dengan canggih, tidak jarang adapula toko yang masih menggunakan sistem sederhana. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan dalam penerapan sistem akuntansi toko secara sederhana:
-
Membuat catatan harian
Catatan ini dapat berisikan tentang barang yang terjual, barang baru masuk dan juga uang masuk serta uang keluar. Anda dapat menuliskannya secara manual, ataupun menggunakan sistem komputer seperti dengan Excel. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah melakukan perekapan data penjualan.
-
Memastikan seluruh uang masuk dan keluar sudah tercatat
Dalam akuntansi, uang masuk dan keluar tidak boleh diabaikan, walaupun hanya Rp 1. Karena, ini akan menyebabkan catatan keuangan jadi berbeda. Nah, pastikan Anda mencatat seluruh uang masuk dan juga uang keluar dengan akurat.
Setiap uang yang keluar untuk keperluan operasional, meskipun melalui staff, Anda harus memantau seluruhnya, agar dapat dilakukan pencatatan dengan benar.
-
Mencatat stok barang
Jika Anda memiliki stok barang, jangan lupa juga untuk mencatat keseluruhannya. Hal ini berguna untuk informasi ketersediaan barang yang Anda miliki. Sehingga ketika barang tersebut habis, Anda pun dapat melakukan stok ulang.
-
Memiliki buku inventaris
Mencatat di buku inventaris akan berbeda dengan pencatatan stok barang. Karena itulah, Anda harus punya buku inventaris untuk pencatatan inventaris yang Anda punya. Buku ini juga penting dalam mencatat seluruh pengeluaran tidak terduga, seperti sumbangan, hibah, belanja toko dan lainnya. Dengan adanya buku inventaris ini Anda akan lebih mudah dalam melihat mutasi keuangan toko.
Baca Juga: Pembukuan UMKM Menggunakan Software Pembukuan Sederhana Gratis
-
Laporan laba rugi
Meskipun Anda menerapkan sistem akuntansi yang sederhana, namun Anda tidak boleh melupakan laporan laba rugi bisnis Anda. Laporan ini akan mempermudah Anda melihat kondisi keuangan toko Anda. Di dalam laporan ini berisikan beberapa akun, pendapatan, harga pokok penjualan, harga produk dan pembelian, yang kemudian dihitung untuk menemukan jumlah dari laba kotor.
Sekalipun ada cara sederhana yang bisa diterapkan dalam sistem akuntansi toko atau bisnis Anda, namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa pembukuan secara manual ini tentunya memiliki risiko tinggi mengalami human error, sehingga data yang disajikan pun tidak akurat.
Karena hal inilah, software akuntansi hadir untuk mempermudah proses akuntansi bisnis yang Anda miliki, baik itu bisnis toko online atau offline, UKM, UMKM, ataupun perusahaan besar. Salah satu software akuntansi terbaik yang dapat mempermudah proses akuntansi adalah Accurate Online. Dengan Accurate Online, segala pembukuan dan pembuatan laporan keuangan pun jadi lebih cepat dan akurat.
Anda dapat mencobanya selama 30 hari untuk mengetahui fitur-fitur terbaik yang ditawarkan Accurate Online. Anda pun bisa mendapatkan Accurate Online di mitramandiri.id!