Image default
Pembukuan Usaha

Perusahaan dan UKM Harus Memiliki Sistem Akuntansi Demi Efisiensi

Semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia selalu dimulai melalui sistem. Bahkan tubuh manusia pun terdiri dari berbagai sistem yang menghubungkan satu sama lain. Begitupun dalam ekonomi dan usaha, sistem memiliki peran yang cukup efektif dalam melaksanakan aktivitas ekonomi. Tanpa adanya sistem, maka akan sulit berjalan. Salah satu sistem yang digunakan dalam kegiatan ekonomi adalah sistem akuntansi.

Accounting system ini wajib dipahami dan dipelajari oleh setiap pengusaha, karena akan membantu mereka dalam mengambil tindakan dan keputusan demi berlangsungnya kegiatan bisnis milik Anda. Menelisik dari buku-buku akuntansi, sistem akuntansi merupakan pengorganisasian catatan, dan laporan mengenai informasi keuangan dari suatu bisnis agar bisa digunakan oleh pihak yang berkepentingan dalam menyusun strategi-strategi perusahaan demi tercapainya tujuan perusahaan.

Mengapa Sistem Keuangan Itu Penting?

Pertanyaan itu mungkin tidak akan pernah ditanyakan oleh para akuntan dan pengusaha bisnis yang usahanya sudah besar. Tetapi lebih sering dipertanyakan oleh pengusaha-pengusaha pemula yang baru ingin merintis usaha atau usahanya sedang dalam proses berkembang.

Seharusnya, seorang pengusaha harus mempersiapkan sistem keuangan usahanya sebelum usaha yang ia jalankan tersebut berdiri. Karena jika usaha yang ia jalankan sudah berdiri, banyak pengusaha yang mengabaikan sistem keuangan. Banyak pengusaha yang menganggap sistem keuangan adalah masalah sepele.

Sistem itu penting, agar pengusaha bisa memiliki arah untuk mencapai tujuan dari usaha yang ia dirikan, dan usaha tersebut memiliki keuntungan yang besar. Banyak usaha yang didirikan tanpa sistem keuangan yang jelas, akan berhenti ditengah jalan. Sistem tersebut penting untuk mengarahkan Anda sebagai pemilik bisnis mencapai goal yang Anda inginkan.

Apa Saja Komponen Dalam Sistem Akuntansi

Dalam sistem keuangan memiliki beberapa komponen yang harus Anda ketahui. Komponen-komponen inilah yang akan bersinergi untuk mencapai tujuan yang Anda peroleh dalam menjalankan sistem keuangan yang baik pada bisnis dan usaha Anda.

Manusia, Komponen pertama dalam sistem keuangan adalah manusia itu sendiri. Tanpa adanya manusia, maka sistem tidak akan berjalan.

Transaksi, setelah manusia, tentunya dalam sistem keuangan harus terdapat transaksi.

Prosedur, prosedur sebagai cara-cara yang harus dilakukan dalam menjalankan setiap transaksi dan kegiatan keuangan.

Dokumen, dokumen ini dapat dikatakan sebagai bukti-bukti yang berkaitan dengan transaksi, baik transaksi debit maupun transaksi kredit.

Komponen-komponen ini harus terdapat dalam setiap sistem. Tanpa adanya komponen tersebut, maka sistem tidak akan berjalan dengan baik. Selain komponen, terdapat pula elemen-elemen yang mempengaruhi sistem tersebut. Elemen ini pun tidak kalah penting dengan komponen.

Elemen-elemen dalam Sistem Akuntansi

Elemen-elemen sistem keuangan terdiri dari faktur, jurnal, buku besar pembantu, kertas kerja dan laporan keuangan. Untuk bisnis yang jumlah transaksinya sudah cukup banyak, maka ke semua itu sangatlah penting dan harus ada.

Namun bagi bisnis yang masih kecil, mungkin elemen yang digunakan hanya sekedar faktur, jurnal, dan laporan keuangan yang digunakan untuk membantu pengelolaan sistem keuangan yang baik pada usaha yang dijalankan.

Setiap perusahaan, tentunya memiliki sistem yang berbeda-beda. Tidak semua perusahaan dengan perusahaan yang lain memiliki sistem yang sama. Begitupun dengan usaha yang Anda jalankan, jika usaha Anda masih UKM, maka sistem yang diterapkan pun tidak terlalu ribet dan rumit.

Mungkin dalam sebuah UKM, yang diperlukan hanyalah elemen-elemen seperti faktur penjualan dan pembelian, jurnal harian, mingguan, dan bulanan, buku besar, serta laporan keuangan dalam periode tertentu saja yang harus ada.

Namun bagi bisnis yang masih kecil, mungkin elemen yang digunakan hanya sekedar faktur, jurnal, dan laporan keuangan yang digunakan untuk membantu pengelolaan sistem keuangan yang baik pada usaha yang dijalankan.

Setiap perusahaan, tentunya memiliki sistem yang berbeda-beda. Tidak semua perusahaan dengan perusahaan yang lain memiliki sistem yang sama. Begitupun dengan usaha yang Anda jalankan, jika usaha Anda masih UKM, maka sistem yang diterapkan pun tidak terlalu ribet dan rumit.

Mungkin dalam sebuah UKM, yang diperlukan hanyalah elemen-elemen seperti faktur penjualan dan pembelian, jurnal harian, mingguan, dan bulanan, buku besar, serta laporan keuangan dalam periode tertentu saja yang harus ada.

Semua informasi mengenai usaha, terutama berkenaan dengan keuangan akan terekam dalam sistem tersebut. Mulai dari faktur, invoice, data pelanggan, dan semuanya akan tertata rapih dalam sistem yang ada. Jika semua itu tidak rapih, maka sistem keuangan perusahaan pun tidak akan rapih. Dan data keuangan bisnis Anda bisa berantakan. Ini sangat bahaya.

Perkembangan Sistem Akuntansi Saat Ini

Saat ini perkembangan sistem akuntansi berkembang cukup pesat dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Dahulu, mungkin para pengusaha harus menaruh orang-orang yang memiliki pengetahuan di bidang akuntansi untuk mengurus masalah keuangan bisnis mereka. Mulai dari persoalan keuangan yang sederhana, maupun keuangan yang besar.

Sehingga dahulu, banyak para pelaku UKM yang mengabaikan hal ini. Mereka tidak mengetahui berapa jumlah barang yang dimiliki, jumlah pengeluaran yang dikeluarkan tiap hari, dan mereka hanya fokus pada keuntungan dan jumlah pemasukan saja. Sehingga pada akhirnya, mereka tidak mengetahui berapa keuntungan bersih yang ia peroleh dalam periode tertentu.

Berbeda dengan saat ini, hampir semua perusahaan sudah mengalihkan sistem keuangan mereka dengan teknologi. Dan penyusunan data keuangan pun dilakukan melalui teknologi yang sudah tersedia dan dikembangkan. Banyaknya perusahaan yang menggunakan teknologi, didasari oleh efisiensi, efektivitas, dan untuk mengurangi biaya yang cukup tinggi.

Dahulu, sebelum teknologi mempengaruhi dunia. Sistem keuangan mulai dari pengolahan data, penyusunan data, dan pelaporan data selalu dilakukan secara manual. Sehingga dalam menyusun ke semua itu memerlukan waktu yang cukup panjang.

Umumnya penyusunan laporan keuangan yang dilakukan secara manual untuk periode satu bulan bisa dikerjakan selama satu hingga dua minggu. Tentunya ini boros waktu, boros biaya, dan memerlukan tenaga untuk mengerjakan semua itu.

Hal tersebut mendorong pengusaha untuk mengikuti perkembangan zaman demi kelangsungan bisnisnya. Mereka akhirnya beralih untuk memproses setiap data usaha ke komputer-komputer. Termasuk sistem akuntansi perusahaan pun beralih ke sistem komputerisasi.

Proses akuntansi yang telah beralih ke komputer, dengan penginputan data keuangan pun sudah menggunakan software akuntansi. Software ini biasanya akan terhubung dengan divisi yang memiliki kewenangan melihat keadaan keuangan secara real time dan akurat. Meskipun ketelitian dalam memasukan data di awal pemrosesan tetap harus dilakukan untuk menjaga keakuratan data.

Dengan menggunakan software akuntansi, pembuatan jurnal dan laporan keuangan pun tidak perlu dilakukan secara manual. Karena, dengan penginputan data awal pada software, maka Anda bisa langsung menyusun jurnal serta laporan.

Kemudahan dalam penyusunan jurnal dan laporan akuntansi, bisa dilakukan oleh UKM-UKM. Karena software akuntansi yang ada sudah bisa disesuaikan dengan segala jenis bidang usaha. Seperti halnya Accurate Online (AOL). Software ini merupakan software akuntansi online yang bisa digunakan oleh setiap bidang usaha. Mulai dari usaha skala besar, usaha menengah, serta UKM.

Apa lagi Accurate software dapat Anda gunakan dari gawai seperti tablet, dan smartphone. Sehingga sebagai pengusaha bisa memantau jalannya sistem akuntansi hanya dari genggaman Anda, dan bisa memantau aktivitas keuangan usaha Anda, tanpa harus melihat salah satu komputer di  perusahaan Anda.

Related posts

Accuratebekasi.com, Situs Abal-Abal Penjual Accurate Bajakan

Iskandar Rumi

Proses Akuntansi di Perusahaan Dagang yang Harus Dipelajari Pengusaha

Iskandar Rumi

Accurate Lite Hadir Membantu Pengusaha UKM Merapihkan Pembukuan

Iskandar Rumi