Image default
Akuntansi

Memilih Software Akuntansi UKM Terbaik

UKM atau Usaha Kecil Menengah umumnya melakukan kegiatan usaha yang bergerak dengan sangat cepat. Itulah kenapa, UKM membutuhkan pencatatan transaksi keuangan yang bisa mengimbangi kegiatan usahanya dan juga efektif dalam hal sistem pencatatannya. Nah, karena hal inilah dibutuhkan software akuntansi UKM untuk membuat segala pencatatan menjadi lebih mudah dilakukan dan menghasilkan laporan keuangan yang akurat.

Software akuntansi sendiri dikembangkan dengan prinsip kerja yaitu mengubah seluruh rangkaian kegiatan keuangan sebuah perusahaan menjadi modul-modul spesifik, sehingga hasil akhirnya sesuai dengan standar laporan keuangan.

Dengan adanya software akuntansi ini, ada banyak kemudahan yang ditawarkan di antaranya seperti meminimalisir kesalahan pencatatan dan perhitungan, memudahkan pencatatan dan pembukuan, hemat waktu dan juga biaya, sistemnya terintegrasi dengan laporan dari divisi lain bahkan dapat Anda akses secara online, di mana saja dan kapan saja.

Software akuntansi ini pun akan membantu memudahkan kegiatan akuntansi yang meliputi pembelian, penjualan, kas masuk dan keluar, saldo awal dan lainnya. Yang nantinya, hal ini berguna dalam menghasilkan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, cash flow, serta laporan akhir keuangan. Laporan ini akan bisa digunakan untuk perencanaan strategi bisnis ke depannya.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Software Akuntansi UKM

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Software Akuntansi UKM

Ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan ketika Anda menentukan software akuntansi mana yang akan Anda gunakan dalam bisnis Anda, tidak terkecuali dalam bisnis UKM.

Pertama, pastikan software tersebut memenuhi segala hal yang dibutuhkan bisnis atau perusahaan Anda. Dengan begitu, penggunaannya akan jadi lebih bermanfaat bagi Anda. Fitur yang dimiliki di antaranya, fitur pencatatan seluruh transaksi seperti penjualan, pembelian, kas masuk dan keluar, penyesuaian persediaan, jurnal umum dan saldo awal, fitur lainnya yaitu pelaporan seperti neraca, laba rugi, cash flow dan laporan yang bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan, serta adanya fitur untuk Analisa bisnis, di mana adanya proses evaluasi dari prospek ekonomi serta risiko perusahaan, seperti analisis lingkungan bisnis perusahaan, strategi bisnis dan posisi keuangan serta kinerjanya.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan anggaran yang Anda siapkan untuk berlangganan atau membeli software akuntansi ini. Karena, berbeda software akuntansi dengan fitur yang berbeda, berbeda pula harga yang ditawarkan. Untuk itu, carilah informasi terlebih dahulu tentang macam-macam software akuntansi yang ada, fiturnya, sekaligus harganya, untuk menjadi bahan perbandingan.

Berikutnya, Anda juga harus memastikan keamanan dan legalitasnya. Pastikan software akuntansi yang akan Anda pilih memiliki fitur keamanan yang ekstra untuk melindungi data-data keuangan bisnis atau perusahaan Anda.

Jenis-Jenis Software Akuntansi UKM Berdasar Cara Pembuatannya

Jenis-Jenis Software Akuntansi UKM Berdasar Cara Pembuatannya

Terdapat 3 jenis software akuntansi berdasar cara pembuatannya, yaitu:

  • Software akuntansi paket

Software jenis ini merupakan software akuntansi yang dijual dalam paket tertentu, sehingga tidak akan bisa Anda rubah lagi, baik fitur ataupun fungsinya. Karena sudah dibuat sesuai dengan standar dari pembuatnya.

Kelebihan dari software jenis ini adalah umumnya harganya terbilang terjangkau untuk para UKM, mudah digunakan dan juga relative stabil karena di-maintain serta dikembangkan oleh developer. Namun sayangnya, jenis seperti ini memiliki fitur yang mungkin saja tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

  • Software akuntansi costumize

Software yang satu ini dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pengguna. Modifikasi tersebut dapat dilakukan ketika proses pemesanan dan dapat dikembangkan sendiri oleh penggunanya. Anda pun dapat meminta bantuan dari pihak developer atau dapat Anda kembangkan secara mandiri.

Kelebihan software akuntansi ini adalah fiturnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan Anda serta penggunaannya lebih mudah karena dapat menghilangkan fitur-fitur yang tidak digunakan. Namun biasanya harganya lebih mahal, risiko mengalami error lebih besar karena dikembangkan sendiri. Serta dukungan after sales-nya terkadang kurang maksimal.

  • Software akuntansi paket custom

Jenis ini dapat dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan dari pengguna. Anda pun dapat menambahkan ataupun mengurangi fitur yang ada. Umumnya harga yang ditawarkan juga lebih mahal, tapi stabilitas software lebih baik karena modul utamanya tetap menggunakan software versi standar.

Namun biasanya pengerjaannya akan lebih lama karena customisasi, dukungan after sales juga terkadang kurang maksimal dan adanya biaya tambahan untuk custom software.

Contoh Software Akuntansi UKM

Pencatatan manual yang seringkali dilakukan oleh para pengusaha UKM, kini sudah mulai ditinggalkan. Cara inipun terbilang sulit dilacak dan tidak akurat. Karena itulah Anda dapat menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk memberikan kemudahan dalam pencatatan transaksi usaha Anda.

Accurate Online yang berbasi cloud ini akan memungkinkan Anda untuk mengakses data di mana pun dan kapan pun selama adanya jaringan internet. Untuk pelaku bisnis UKM, ada fitur-fitur yang akan memudahkan Anda, seperti fitur smart link e-commerce bagi pelaku UKM yang berjualan di marketplace. Ada pula fitur smart link Internet Banking, dukungan perpajakan, e-faktur, pencatatan seluruh transaksi yang diperlukan, dan masih banyak lagi.

Itulah dia penjelasan tentang software akuntansi untuk UKM yang harus Anda ketahui sebagai pemilik Usaha Kecil Menengah, agar pencatatan transaksi keuangan dan laporan keuangan Anda dapat lebih mudah dan akurat. Anda bisa mendapatkan software akuntansi UKM terbaik hanya di mitramandiri.id. Yuk, hubungi tim kami.

Related posts

Aplikasi Pembukuan untuk Koperasi Simpan Pinjam

admin

Mengenal Apa itu Biaya Rata-Rata serta Cara Menghitungnya

admin

Software Pembukuan Konter Pulsa Gratis, Juga Untuk Jenis Usaha Lainnya

admin