Image default
Akuntansi

Manfaat Software Pembukuan Perusahaan Jasa dan Hal yang Harus Diperhatikan

Software pembukuan adalah solusi yang akan membantu perusahaan untuk bisa mengelola data keuangan mereka dengan lebih efisien. Ini karena, software jenis ini memang dibuat dengan beragam fitur yang akan memudahkan kegiatan pembukuan atau akuntansi yang dilakukan perusahaan. Nah, di kesempatan kali ini, kita akan membahas perihal software pembukuan perusahaan jasa.

Perusahaan jasa adalah suatu perusahaan atau bisnis yang produk usahanya adalah jasa, bukannya barang. Di mana perusahaan ini menjual layanan mereka pada para konsumen yang membutuhkan jasa mereka, misalnya adalah perusahaan advertising, pariwisata, event organizer dan lainnya.

Akuntansi perusahaan jasa sebenarnya sama saja seperti akuntansi umumnya. Namun pada akuntansi perusahaan jasa, tidak diharuskan melakukan pencatatan transaksi pembelian dan penjualan barang pada jumlah inventori mereka. Perusahaan jasa pun menentukan laba bersih dengan cara mengurangkan biaya operasional dari pendapatan. Siklus akuntansi perusahaan jasa sendiri dimulai saat konsumen membayar layanan yang dijual oleh perusahaan.

Baca Juga: Software Pembukuan Konter Pulsa Gratis, Juga Untuk Jenis Usaha Lainnya

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Software Pembukuan Perusahaan Jasa

yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Software Pembukuan Perusahaan Jasa

Bisa dibilang, sekarang ini ada banyak sekali pilihan software pembukuan yang bisa Anda gunakan. Namun, dalam pemilihannya, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena ini akan berhubungan dengan catatan dan pengelolaan data keuangan perusahaan. Untuk itu, Anda harus memahami hal-hal yang harus diperhatikan untuk menentukan software pembukuan perusahaan jasa terbaik.

  • Fitur yang ditawarkan

Sebagai perusahaan yang menjual jasa, maka ada beberapa kebutuhan yang tentunya harus jadi perhatian. Kebutuhan tersebut adalah, software akuntansi harus dapat membuat tagihan dari jasa yang sudah diberikan, membuat daftar customer, membuat laporan laba rugi atas biaya pengeluaran jasa, serta dapat membuat laporan hutang piutang.

  • Backup data

Software akuntansi yang baik tentu harus dilengkapi dengan backup data yang dapat melakukan impor serta ekspor data. Bila tidak, maka bisa saja data yang Anda miliki tidak bisa diselamatkan dan hilang.

  • Keamanan data yang baik

Keamanan data adalah hal penting yang harus dimiliki oleh software akuntansi yang akan Anda gunakan untuk perusahaan. Keamanan data yang baik akan memberikan Anda jaminan kalau data keuangan perusahaan tidak akan bocor bahkan hilang. Hal ini adalah hal yang harus Anda pastikan terlebih dulu ketika Anda memutuskan untuk menggunakan suatu software akuntansi.

  • Customer support yang baik

Layanan customer support yang baik akan membuat Anda sebagai pengguna software akuntansi pun akan lebih mudah untuk menyampaikan pertanyaan ataupun kendala yang dihadapi. Pastikan layanan ini diberikan, agar sebagai pengguna Anda pun tidak merasa dirugikan.

  • Mudah digunakan

Meskipun Anda memiliki akuntan untuk membantu dalam hal pembukuan dan lainnya, namun Anda pasti memiliki alasan tersendiri untuk memutuskan menggunakan software akuntansi atau software pembukuan perusahaan jasa tersebut. Misalnya, Anda memanfaatkan software akuntansi agar bisa mendapatkan laporan keuangan yang lebih akurat dan minim human error.

Nah, karena inilah, sudah seharusnya software tersebut mudah digunakan, bahkan oleh orang awam sekalipun. Dengan kemudahan inipun, waktu yang digunakan untuk pengenalan software pun jadi lebih singkat.

Baca Juga: Pembukuan UMKM Menggunakan Software Pembukuan Sederhana Gratis

Manfaat Menggunakan Software Pembukuan Perusahaan Jasa

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan ketika Anda menggunakan software akuntansi dalam pembukuan keuangan perusahaan jasa Anda:

  1. Kemudahan mengelola dan memproses data

Manfaat Menggunakan Software Pembukuan Perusahaan Jasa

Dengan menggunakan software akuntansi, maka pengelolaan data keuangan perusahaan tentunya akan lebih mudah, karena hanya diperlukan penginputan data real time. Ini juga akan memudahkan operasional dari divisi keuangan untuk bisa mendapat laporan keuangan yang tepat, akurat dan juga efisien.

Bukan hanya kemudahan dalam mengelola, namun juga dalam proses data keuangan untuk menjadi informasi yang bisa dipakai sebagai acuan dalam pengambilan keputusan, khususnya bagi para pihak yang berwenang. Laporan yang berasal dari data inipun akan memudahkan perusahaan untuk merencanakan serta mengendalikan bisnisnya.

  1. Kontrol keuangan

Software akuntansi juga dapat membantu mengontrol keuangan dengan terperinci dan juga tepat, terhadap aset dan hukum penyusutan. Ini akan membantu divisi terkait untuk lebih meminimalisir kecurangan dalam proses pengolahan data yang tentunya akan merugikan pihak perusahaan.

  1. Efisien waktu dan biaya

Efisiensi waktu dan juga biaya yang dikeluarkan adalah hal penting yang akan dipertimbangkan oleh perusahaan ketika akan memutuskan menggunakan software akuntansi. Segala kemudahan yang ditawarkan software akuntansi tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan.

  1. Laporan keuangan lebih akurat

Software akuntansi mampu menyajikan data keuangan dengan rinci dan akurat. Anda pun dapat dengan mudah mengakses segala data yang dimasukkan beberapa tahun lalu bila diperlukan. Hal ini tentu akan sulit dilakukan bila Anda melakukan pencatatan atau pembukuan keuangan secara manual, yang tentu akan rentan mengalami kesalahan, hasil laporan keuangan pun tentu tidak akurat dan sulit untuk mengakses data terdahulu bila diperlukan.

Karena kebutuhan dan juga manfaat yang ditawarkan, tentu perusahaan jasa perlu software akuntansi yang akan memudahkan melakukan siklus akuntansinya. Salah satu yang memberikan fitur terbaik yang cocok untuk segala jenis perusahaan, termasuk perusahaan jasa adalah software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online yang merupakan software akuntansi berbasis cloud ini, telah digunakan oleh banyak pebisnis, karena fiturnya yang akan memudahkan operasional perusahaan Anda. Bila Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang fitur yang ditawarkan, Anda dapat mengunjungi laman mitramandiri.id!

Related posts

Gambaran Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur

admin

Metode Pencatatan Akuntansi: Pengertian, Jenis dan Cara Memilihnya

admin

Memahami Tentang Aset Tetap, Lancar, dan Tidak Lancar

Iskandar Rumi