Image default
Pembukuan Usaha

Peran Akuntansi Manajemen yang Cukup Vital Pada Perusahaan

Sebuah perusahaan selalu membutuhkan sebuah laporan keuangan sebagai bentuk informasi untuk kepentingan internal dan eksternal perusahaan. Hampir semua perusahaan, selalu melihat dan merancang sebuah strategi untuk perusahaan dengan acuan sebuah financial report yang dihasilkan oleh divisi keuangan. Proses penyajian tersebut dikenal dengan istilah akuntansi manajemen atau Management Accounting.

Demi menjalankan fungsi manajemen dari sebuah perusahaan, maka dibutuhkan informasi keuangan yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur sebuah perusahaan sedang dalam kondisi yang baik, dan stabil.

Dengan melihat dari hasil laporan keuangan yang telah disajikan untuk tersebut. Pihak-pihak yang berkepentingan seperti para direksi perusahaan, manajer keuangan, manajer pemasaran, dan pihak internal lainnya dapat berunding untuk menyusun strategi-strategi untuk kemajuan perusahaan.

Peran management accounting dalam sebuah perusahaan sangat vital. Sehingga dalam menjalankan sebuah perusahaan, management accounting harus diterapkan. Sehingga tujuan-tujuan perusahaan dapat dijalankan dengan baik.

Apa Bedanya Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Akuntansi keuangan digunakan sebagai bahan informasi yang ditujukan kepada pihak eksternal perusahaan. Baik itu investor, pemegang saham, dan pemerintah. Serta akuntansi keuangan dapat dijadikan acuan untuk peminjaman kredit kepada para kreditur, seperti lembaga perbankan.

Tanpa adanya akuntansi keuangan, maka perusahaan akan sulit mendapatkan investor, dan kreditur untuk kemajuan perusahaan. Sehingga data akuntansi keuangan harus disajikan secara garis besar.

Sedangkan management accounting harus disajikan secara mendetail dan terperinci. Pendetailan dan perincian harus diklasifikasikan berdasarkan pada divisi-divisi yang terdapat dalam departemen di perusahaan bersangkutan.

Tujuan Akuntansi Manajemen Pada Perusahaan

Adapun tujuan dari Management Accounting pada perusahaan sebagai sarana untuk melakukan proses pengukuran, identifikasi, analisa, dan komunikasi antar bagian-bagian eksekutif pada perusahaan.

Sebagai Bentuk Informasi

Management accounting dapat dijadikan sebagai bentuk informasi demi kepentingan manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Informasi yang dihasilkan dari proses management accounting dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan perusahaan.

Karena dalam melaporkan setiap laporan keuangan, setiap divisi dalam perusahaan harus melaporkan hasil yang telah dilakukan oleh divisi-divisi tersebut. Dan laporan yang dihasilkan dari sebuah akuntansi manajemen akan dijadikan sebagai perencanaan program kerja kedepan pada setiap divisi.

Sebagai Identifikasi

Selain sebagai bentuk informasi, management accounting juga dijadikan sebagai identifikasi untuk melakukan penilaian terhadap divisi-divisi yang ada kepada pihak manajemen perusahaan. Terutama untuk mengkalkulasikan setiap biaya-biaya yang dikeluarkan, seperti biaya produksi, biaya pemasaran, serta biaya operasional.

Sebagai Alat Monitoring

Management Accounting adalah alat monitoring bagi setiap lini dalam satu perusahaan. Laporan keuangan yang dihasilkan dari divisi-divisi, dapat dijadikan sebagai alat monitoring dan evaluasi pekerjaan yang sudah dilakukan oleh masing-masing divisi.

Manfaat Management Accounting Dalam Perusahaan

Adapun beberapa fungsi yang digunakan dalam management accounting adalah sebagai bentuk pengorganisasian, perencanaan, pengarahan, pengendalian, dan bahan evaluasi setiap divisi. Adapun manfaat lain dari management accounting adalah sebagai berikut:

Sebagai bahan Pengawasan Operasional

Dengan adanya management accounting akan dijadikan sebagai alat untuk pengawasan jalannya operasional perusahaan dari semua lini. Sehingga dapat dijadikan sebagai sistem operasional yang sesuai pada SOP, dan demi menghindari terjadinya penyelewengan dana operasional yang sudah diberikan kepada setiap divisi.

Bahan Analisa Terbaik Bagi Perusahaan

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari akuntansi manajemen sebagai alat untuk menganalisa setiap rencana yang telah dijalankan, apakah sesuai dengan standar. Serta akan menjadi sebuah pengambil keputusan dari setiap masalah yang hadir dalam setiap program yang dijalankan. Hal ini dijalankan apabila memang mendapati kendala ketika menjalankan setiap program, jika tidak ada kendala maka tidak diperlukan analisa setiap perencanaan yang terjadi.

Fungsi Manajemen Akuntansi Sesuai Dengan Ruang Lingkup

Manajer Keuangan

Manajer keuangan memegang peranan penting dalam melihat kemana aliran dana yang diperoleh digunakan. Seperti dana modal kerja, biaya produksi, dana investasi, rasio keuangan, tingkat pengembalian, dan proses keuangan lainnya.

Manajer Produksi

Manager produksi membutuhkan laporan keuangan sebagai informasi berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi, membayar karyawan, dan biaya produk yang di produksi.

Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran pun harus mengetahui informasi keuangan seperti berapa komponen produksi, sistem penjualan kredit atau tunai, berapa harga jual, dan berapa beban komisi, serta komisi yang dikeluarkan, serta diskon produk untuk meningkatkan volume penjualan.

Direksi Perusahaan

Hal terpenting, semua laporan keuangan yang dipegang oleh ketiga manajer di atas harus diketahui oleh direksi perusahaan secara keseluruhan. Karena merekalah yang akan memberi keputusan dalam penyusunan strategi, anggaran, meningkatkan usaha, dan menambah produksi.

Akuntansi manajemen adalah salah satu fungsi akuntansi dalam perusahaan yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, baik perusahaan kecil, menengah, dan juga besar untuk melakukan fungsi perencanaan, koordinasi, dan pengendalian. Semua itu harus dijalankan sesuai pada laporan keuangan yang ada pada perusahaan.

Dalam menyusun laporan keuangan yang akurat, Anda membutuhkan software Akuntansi Accurate. Accurate sangat tepat digunakan untuk menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan SOP akuntansi yang ada di Indonesia. Accurate tersedia dalam bentuk online yang dikenal dengan Accurate Online (AOL) dan juga menyediakan fitur perpajakan untuk memudahkan perusahaan Anda dalam menyusun laporan pajak.

Related posts

Pengertian Laporan Perubahan Modal dan Cara Menyusun Laporan Perubahan Modal pada UKM

Iskandar Rumi

Biar Akhir Tahun Bisa Tenang, Siapkan 4 Laporan Keuangan Ini!

Iskandar Rumi

Ketahuilah! 5 Poin Penting Mengenai Skema Penurunan Tarif Pajak UMKM yang Harus Diketahui

Iskandar Rumi