Image default
AOL

Penerapan Accurate Online Manufaktur dan Manfaatnya untuk Bisnis

Dalam dunia bisnis, ada banyak jenis usaha. mulai dari bisnis retail atau dagang, bisnis distributor, bisnis jasa, hingga bisnis manufaktur. Di balik keuntungannya yang besar, ada banyak tantangan jika Anda menjalankan jenis bisnis ini, terutama persoalan akuntansi. 

Pada bisnis manufaktur, akuntansi dan pembukuan Anda harus memperhitungkan bahan baku, biaya pemrosesan, dan nilai barang jadi yang Anda buat. Nah, jika Anda menggunakan metode manual, pasti akan banyak menyita waktu dan tenaga sehingga efisiensi dan produktivitas bisnis Anda jadi tidak optimal.

Anda membutuhkan software akuntansi yang cocok untuk mempermudah proses pembukuan bisnis manufaktur Anda lebih tersistematis dan praktis, salah satunya adalah Accurate Online Manufaktur. 

Apa Itu Accurate Online Manufaktur?

apa itu accurate online manufaktur
Sumber: Pexels.com

Accurate Online Manufaktur adalah salah satu fitur tambahan Accurate Online untuk mencatat akuntansi dalam bisnis manufaktur. Berbagai kegiatan usaha di bisnis manufaktur seperti kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengecekan, hingga penyelesaian produksi dapat dilaksanakan dengan lebih praktis menggunakan fitur ini.

Begitu juga dengan perancangan formula produksi, perumusan standar biaya produksi, pemantauan pengambilan bahan baku, hingga pencatatan barang setengah jadi dan barang jadi akan lebih mudah untuk Anda lakukan. 

Kegiatan usaha yang lebih praktis dan efisien tentu berdampak positif bagi pengambilan keputusan dan proses produksi dalam bisnis manufaktur. Pengambilan keputusan jadi lebih cepat dan tepat. Selain itu, proses produksi bisnis manufaktur Anda jadi lebih efisien dan efektif.

Perusahaan yang bergerak di industri manufaktur dituntut untuk mencatat bahan baku, barang dalam proses, biaya pemrosesan dan harga jual produk akhir. Tanpa sistem akuntansi komprehensif yang menangani kebutuhan akuntansi dan penetapan biaya ini, Anda mungkin kesulitan untuk mengevaluasi produk Anda.

Baca Juga: Apa itu Fitur Accurate Online serta Manfaatnya Dalam Bisnis?

Alhasil, memutuskan lini produk mana yang menguntungkan, atau aktivitas produksi mana yang perlu dirampingkan juga sulit untuk dilakukan. Karena setiap kegiatan usaha dalam bisnis manufaktur sangat beragam, software akuntansi manufaktur sangat diperlukan.

Pasalnya, bisnis yang bergerak di bidang persediaan perlu melacak kinerja vendor, sedangkan sistem integrasi penjualan akan berguna untuk bisnis yang dibuat berdasarkan pesanan. 

Tak heran jika software akuntansi yang terintegrasi dan memiliki modul add-on manufaktur sangat penting untuk meningkatkan fungsionalitas sistem akuntansi.  Software akuntansi yang kompatibel dengan bisnis manufaktur akan sangat berguna untuk meminimalisir pemborosan bahan baku dan meningkatkan efisiensi proses produksi.

Untuk itulah, Accurate Online manufaktur hadir sebagai software akuntansi manufaktur terbaik, lantaran memiliki banyak fitur yang bisa Anda andalkan. Di antaranya ada fitur perencanaan produksi, monitoring ketersediaan raw material, kalender timeline produksi, riwayat perintah kerja, hingga alokasi biaya produksi.

Penerapan Accurate Online Manufaktur 

penerapan accurate online manufaktur
Sumber: Unsplash.com

Jika Anda menerapkan Accurate Online dalam bisnis manufaktur Anda, beginilah proses penerapannya agar pembukuan keuangan bisnis Anda lebih tepat dan akurat:

1. Membuat List Seluruh Barang

 Langkah pertama dalam menerapkan Accurate Online Manufaktur adalah membuat daftar seluruh barang atau bahan baku yang akan digunakan pada tahap produksi. Bahan baku ini yang diperlukan tentu ada banyak jenisnya. 

Nah, Anda bisa menggunakan Accurate Online untuk memisahkan stok barang dengan memanfaatkan fitur kategori dan Gudang. Untuk mempermudah Anda mengenali jenis bahan baku, sistem pencatatan bisa menggunakan batch number atau serial number. 

Dalam proses pencatatan daftar bahan baku di Accurate Online, Anda bisa mengekspornya dari file excel atau menginputnya satu per satu.

2. Job Costing

Setelah proses input daftar bahan baku selesai, Anda bisa memanfaatkan menu persediaan untuk memilih metode pembiayaan pesanan. Pada tahap penerapan ini, Anda hanya mengambil bahan baku yang akan dipakai untuk produksi. Dengan begitu, pencatatannya akan tetap terpelihara di dalam sistem Accurate Online.

3. Input Biaya Produksi

Selanjutnya, Anda harus memasukkan akun beban seperti biaya langsung maupun biaya tidak langsung yang diperlukan dalam proses produksi pada job costing. Setelah biaya dimasukkan, nantinya akan menambah WIP atau Work In Progress pada bahan baku yang diproduksi.

4. Menambahkan Bahan Baku (Raw Material)

Dalam proses produksi ada kalanya Anda perlu menambahkan bahan baku karena dirasa kurang atau mengembalikannya ke persediaan lantaran kelebihan. Nah, di Accurate Online Anda bisa melakukan dua fungsi ini pada menu penambahan bahan baku.

5. Finishing Bahan Jadi

Pada tahapan ini, Anda dapat memilih persediaan barang jadi menjadi item yang akan digunakan dalam proses produksi.

Fitur Utama Accurate Online Manufaktur

Untuk mempermudah Anda dalam menjalankan kegiatan akuntansi bisnis manufaktur, berikut ini beberapa fitur penting di add-on Accurate Online Manufaktur:

1. Fitur Cost Accounting

Metode akuntansi biaya dari setiap perusahaan manufaktur ke yang lain biasanya bervariasi berdasarkan proses produksi. Sebagai software akuntansi manufaktur, Accurate Online memungkinkan Anda melacak biaya produksi aktual dan menggunakan metode akuntansi biaya berbeda yang sesuai untuk bisnis Anda.

Biaya produksi tersebut meliputi:

a. Biaya Pekerjaan

Biaya ini umumnya digunakan untuk manufaktur batch, beberapa lini produk, atau pesanan berbasis pelanggan. Tujuannya untuk mempermudah penghitungan total biaya untuk setiap batch, lini produk, atau pesanan. Menggunakan fitur ini, Anda bisa mencatat jam kerja yang dibutuhkan dan unit bahan baku.

b. Biaya Proses

Sedangkan biaya proses digunakan oleh perusahaan yang memproduksi suku cadang atau barang yang sama. Pengalokasian biaya proses dilakukan ke departemen produksi yang berbeda, bukan ke batch atau pesanan.

c. Biaya Berdasarkan Aktivitas

Digunakan untuk meningkatkan proses manufaktur. Biaya yang berkaitan dengan aktivitas manufaktur meliputi biaya penjualan dan layanan pelanggan yang ditambahkan ke biaya produk.

d. Biaya Variabel

Biaya ini digunakan untuk menganalisis tingkat keuntungan ketika saldo persediaan terus berfluktuasi. Sementara itu, biaya overhead tetap dikeluarkan dari biaya produk untuk memungkinkan manajer menemukan laba bersih aktual.

Baca Juga: Mengenal Accurate Online POS: Aplikasi Kasir untuk Permudah Bisnis

2. Melacak Data Bisnis Manufaktur

Accurate Online Manufaktur juga memungkinkan Anda untuk melacak informasi bisnis manufaktur untuk keperluan pelaporan internal dan eksternal. 

  • Rincian transaksi: Melacak pendapatan penjualan, pengeluaran produksi, estimasi biaya produksi, bill of material, overhead, pinjaman, pembayaran, kas kecil dan biaya lain dalam menjalankan bisnis manufaktur melalui piutang, hutang, rekonsiliasi bank, dan buku besar.
  • Pelacakan dan penilaian inventaris: Kelola dan lacak inventaris berdasarkan biaya, jenis, volume, laba, kontrol unit, atau sistem kontrol kas. Accurate Online Manufaktur memungkinkan Anda menilai inventaris melalui histori. Jadi, kegiatan penilaian seperti ketersediaan bahan baku, pengiriman dan skrap, bisa Anda analisis dengan mudah.
  • Mengontrol jalannya proses produksi yang sedang berjalan dengan lebih terperinci. Jadi, hambatan dalam tahapan proses produksi bisa lebih cepat dideteksi sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih parah.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang Accurate Online Manufaktur yang sangat berguna untuk bisnis manufaktur Anda. Software akuntansi ini bukan sekedar perangkat lunak pencatatan saja, melainkan juga membantu Anda dalam menganalisis dan memperbaiki kesalahan dalam tahapan proses produksi dengan lebih mudah. 

Tertarik? Yuk, coba free trial-nya selama 30 hari di sini.

Related posts

Resolusi Bisnis 2019; Bikin Pembukuan jadi Online dengan Accurate Lite

Iskandar Rumi

Accurate Online untuk Apa? Berikut Ini 7 Kegunaannya!

admin

Accurate Online Private Cloud Lebih Eksklusif dengan Server Pribadi

admin