Image default
AOL

Software Akuntansi Accurate Online untuk UMKM & Perusahaan

Perusahaan dan bisnis bisa dibilang akan selalu berkaitan dengan akuntansi. Seiring berkembangnya teknologi, akuntansi yang biasa dilakukan manual, kini mulai dapat dilakukan lebih mudah dengan bantuan software akuntansi. Selain memudahkan, software akuntansi pun akan membuat segala kegiatan akuntansi lebih akurat. Salah satu software akuntansi terbaik yang bisa Anda coba adalah Accurate Online.

Software akuntansi sendiri adalah sistem yang dibuat untuk mendukung seluruh kegiatan akuntansi, yang basisnya modularitas yang saling berhubungan meliputi modul pembelian, penjualan, penggajian, buku besar dan lainnya. Manfaat software akuntansi yang bisa Anda rasakan sebagai pemilik bisnis atau pemimpin perusahaan adalah meminimalisasi kesalahan penghitungan karena human error sehingga data yang disajikan lebih akurat, memudahkan pengerjaan laporan keuangan dalam waktu yang singkat dan tentunya lebih efisien.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, software akuntansi Accurate Online jadi salah satu software akuntansi terbaik yang bisa Anda gunakan. Saat ini Accurate Online pun sudah banyak dipakai oleh pelaku bisnis UMKM hingga perusahaan besar.

Baca Juga: Accurate Online Solusi Software Akuntansi Cloud

Accurate Online Adalah

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang dikembangkan oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera, yang dibuat untuk digunakan oleh perusahaan dalam melakukan pencatatan pembukuan akuntansi perusahaan serta menyajikan laporan keuangan yang diperlukan dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Software akuntansi dengan berbasis cloud atau yang juga biasa disebut software akuntansi online atau berbasis web adalah sebuah piranti lunak yang memiliki hosting di server khusus. Nantinya, para pengguna akan mengirim data ke sebuah ‘cloud’, dan data tersebut akan diproses serta dikembalikan ke pengguna.

Keunggulan software akuntansi berbasis cloud adalah Anda dapat mengakses data melalui internet, di manapun dan kapanpun diperlukan. Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk terus duduk di kantor hanya untuk mengakses pembukuan keuangan dan lain sebagainya. Tentunya hal ini akan membuat kerja pun jadi lebih efektif dan efisien.

Penggunaan software akuntansi cloud juga akan membuat pemilik bisnis melihat tampilan terkini mengenai situasi keuangan perusahaan lewat data yang ada. Hal ini berkaitan dengan pembuatan keputusan terkait dengan bisnis yang Anda jalani.

Mungkin tidak sedikit orang yang akan bertanya apakah software akuntansi basis cloud ini aman dalam menyimpan data terkait keuangan perusahaan. Jawabannya adalah tentu saja sangat aman. Alasannya, karena software akuntansi cloud ini menggunakan enkripsi, menulis ulang data Anda menjadi sebuah kode aman yang sulit dipecahkan. Hal ini jugalah yang digunakan oleh sistem perbankan online.

Jenis Layanan Accurate Online

Accurate Online sendiri mempunyai 2 jenis layanan yaitu berupa Public Cloud dan Private Cloud. Public Cloud ini di mana secara keseluruhan dari sistem pembukuan serta database ada di server milik pengembang. Dengan jenis layanan ini pengguna cukup menggunakan web browser untuk bisa mengakses Accurate Online serta membuka database pembukuan.

Sedangkan Private Cloud memiliki lokasi penyimpanan database di server pengguna sendiri. Di mana pengelolaan database ini akan dilakukan secara mandiri oleh pengguna dengan lokasi yang sudah ditentukan oleh pengguna, dan pengguna harus memiliki sumber daya yang dianggap mampu dalam melakukan pengelolaan database.

Bagi Anda pemilik UMKM ataupun bisnis kecil yang mungkin tidak atau belum memiliki akuntan sendiri, menggunakan software akuntansi Accurate Online ini pun akan sangat membantu dalam kegiatan akuntansi, sekalipun bagi orang yang tidak memahami akuntansi.

Cara Login Accurate Online

Untuk bisa memulai pencatatan akuntansi lewat Accurate Online, maka Anda harus terlebih dulu login atau masuk ke software Accurate Online. Terdapat 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk login akun Accurate Online Anda, yaitu dengan menggunakan email, akun media sosial ataupun dengan nomor handphone. Pilihan ini tergantung bagaimana cara pertama kali Anda registrasi akun di Accurate Online.

Cara Login Accurate Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa registrasi dengan 3 cara. Untuk registrasi akun, klik Daftar Akun Baru, lalu Anda akan diminta mengisi data yang diperlukan untuk registrasi akun baru di Accurate Online. Setelah selesai, Anda bisa melanjutkan dengan klik Daftar Akun Baru di bagian bawah.

Nantinya, akan muncul dialog box bertuliskan bahwa akun Anda sudah berhasil dibuat, dan Anda diminta mengecek inbox email untuk melakukan verifikasi. Di email yang sudah Anda daftarkan, Anda akan dikirimkan link verifikasi dari noreply@accurate.id. Klik link verifikasi dan lanjutkan prosesnya. Lalu akan muncul konfirmasi box yang menyatakan bahwa alamat email dan akun Anda sudah berhasil diverifikasi, dan diminta untuk login.

Berikut ini langkah-langkah untuk login Accurate Online:

  1. Buka browser yang biasa Anda gunakan, kemudian ketik account.accurate.id, dan enter.
  2. Masukkan email beserta password di kolom yang sudah disediakan, sebagaimana Anda mendaftar akun Accurate Online. Bila Anda belum memiliki akun, maka Anda bisa registrasi terlebih dulu.
  3. Setelah itu, Anda akan otomatis masuk ke halaman pembuatan database. Ikuti instruksi yang ada, atau Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas dalam ‘Cara Menggunakan Accurate Online’.
  4. Untuk login dengan menggunakan nomor handphone ataupun media sosial pun caranya hampir sama. Anda hanya perlu memasukkan nomor handphone ataupun klik logo Facebook atau Google+ dan masukkan username dan password

Baca Juga: Software Accurate Untuk Bisnis Manufaktur

Cara Menggunakan Accurate Online

Accurate Online hadir sebagai solusi untuk memudahkan para pelaku usaha baik UMKM dan juga perusahaan-perusahaan lain dalam memenuhi kebutuhan pembukuan usaha. Software akuntansi Accurate Online inipun bisa digunakan oleh siapapun, tidak hanya diperuntukkan bagi staf keuangan atau akuntan.

Langkah awal untuk dapat menggunakan Accurate Online yaitu dengan melakukan pendaftaran menggunakan email ataupun akun Facebook yang Anda miliki. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk melakukan set up database untuk akun Accurate Online.

Set Up Database Accurate Online

Database ini nantinya akan berisikan seluruh data yang berkaitan dengan pembukuan serta transaksi dari bisnis Anda.

Untuk melakukan set up database, setelah Anda sign up dan login, Anda bisa melanjutkan dengan mengklik tanda tambah untuk membuat database baru. Lalu isikan bagian Nama Alias sebagai nama database. Anda dapat mengisi nama database dengan nama perusahaan Anda. Kemudian, Anda dapat memilih warna background database serta logo database.

Setelah Anda selesai membuat database kosong, Anda dapat mengisi data yang nanti akan dipakai untuk melakukan pencatatan pembukuan di database tersebut. Anda bisa mengklik database yang sebelumnya sudah Anda buat. Kemudian Anda akan diarahkan pada pengaturan atau set up awal.

Set up awal database ini adalah membuat atau mengumpulkan data yang akan disimpan dengan sistematis pada komputer. Data yang tersimpan berupa masternya saja seperti daftar akun, vendor, customer, aset serta barang dan jasa. Ini menjadi dasar untuk menentukan bagaimana pembukuan bisnis Anda nantinya.

Dalam set up awal database, Anda sebagai pengguna akan dipandu serta diminta untuk mengisi dan memilih opsi yang akan dijalankan di database Accurate Online. Ini dilakukan melalui menu wizard setup awal yang telah disediakan. Wizard sendiri merupakan aplikasi interaktif yang berguna sebagai tampilan dalam memandu pengguna, melalui perintah-perintah dengan dialog. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah langkah set up awal database:

1. Info Perusahaan

Melengkapi Info Perusahaan Saat Setup Database Accurate Online

 

Setelah Anda mengklik database yang sudah dibuat sebelumnya, Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa informasi tentang perusahaan di bagian tab Info Perusahaan.

Di bagian ini Anda akan diminta untuk mengisikan Nama Perusahaan, Level Distribusi yang diisi sesuai bisnis yang Anda jalani seperti produsen, distributor ataupun retailer, Bidang Usaha yang diisi dengan bidang usaha perusahaan Anda, Telepon, Faksimili, Email, Mata Uang, Tanggal Mulai Data yang diisi dengan tanggal dimulainya pencatatan pembukuan pada Accurate Online, Periode Akuntansi yang diisi dengan periode pencatatan yang diinginkan, lalu juga isi Alamat Perusahaan. Lanjutkan dengan klik Lanjut di bagian bawah.

2. Fitur Dasar

Penggunaan Fitur Dasar Accurate Online

Pada bagian Fitur Dasar ini Anda akan diminta mencentang pilihan yang sesuai kondisi perusahaan Anda. Ini akan berkaitan dengan penentuan fitur mana saja yang dapat Anda gunakan pada akun Accurate Online Anda. Namun, jika Anda salah ataupun kebutuhan bisnis pun sudah berubah di masa depan dan membuat Anda membutuhkan fitur lain, Anda bisa melakukan pengubahan fitur di menu Preferensi.

3. Penjualan

Mencentang Pertanyaan dibagian Penjualan

Setelah klik lanjut, Anda akan diminta memilih dan menjawab pertanyaan tentang penjualan perusahaan, yang juga akan berkaitan dengan penentuan fitur yang akan Anda gunakan di menu penjualan akun Accurate Online Anda.

4. Pembelian

Mengatur Fitur Pembelian di Accurate Online

Sama seperti sebelumnya, di bagian Pembelian ini Anda juga harus menjawab pertanyaan yang nantinya akan berkaitan dengan fitur-fitur yang akan Anda dapat di menu pembelian.

5. Persediaan

Mencentang Fitur Persediaan di Accurate Online

Pada bagian ini Anda juga akan diminta memilih jawaban yang sesuai kondisi bisnis Anda untuk penentuan fitur serta metode yang dipakai dalam pengelolaan persediaan. Di Accurate Online terdapat 2 metode perhitungan persediaan, di antaranya FIFO serta Average.

6. Lainnya

Pada tab Lainnya berisikan pertanyaan mengenai pencatatan biaya serta beban operasional di perusahaan Anda, seperti pencatatan per departemen dan per proyek. Umumnya ini dipilih bila bisnis Anda berskala menengah ke atas, yang biasanya punya beberapa departemen dan juga menangani beberapa proyek yang punya anggaran berbeda-beda.

7. Akun Perkiraan

Penggunaan Akun Perkiraan Accurate Online

Di bagian ini terdapat pertanyaan terkait pembuatan akun perkiraan. Accurate Online membutuhkan akun perkiraan untuk menampung nilai-nilai kas, pendapatan, persediaan, biaya dan lain-lainnya. Nah, bila Anda kurang memahami dalam menentukan daftar akun perkiraan bagi perusahaan Anda, maka Accurate Online bisa membuatkan akun perkiraan secara otomatis yang umum dipakai oleh kebanyakan perusahaan. Rekening yang akan dibuat Accurate Online berupa rekening giro yang memang umum dipakai sebagian besar perusahaan.

Bila Anda punya daftar akun atau nilai yang terpisah, maka Anda bisa tidak memilih Ya. Setelah itu Anda dapat mengklik Selesai.

Modul Accurate Online

Accurate Online ini bisa dibilang memiliki fitur terlengkap yang memang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis UMKM ataupun perusahaan besar. Terdapat 10 modul utama yang terdiri dari puluhan fitur yang akan memudahkan kegiatan akuntansi untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah modul Accurate Online:

  • Pengaturan

Modul Pengaturan Accurate Online

Fungsi modul Pengaturan ini adalah untuk mengubah pengaturan fitur dasar, menambahkan pengguna, pengaturan otorisasi pengguna, penomoran, desain cetakan serta fitur add on yang ada di Accurate Store.

  • Perusahaan

Modul Perusahaan

Modul Perusahaan ini berisikan master data perusahaan seperti mata uang, cabang, departemen, pajak, syarat pembayaran, pengiriman, FOB, daftar karyawan, gaji, transaksi berulang, proses akhir bulan, kontak, transaksi favorit, kalender dan log aktivitas.

  • Buku Besar

Modul Buku Besar

Modul Buku Besar berisikan master data akun perkiraan perusahaan, fitur pencatatan beban, pencatatan gaji, pembuatan jurnal umum, anggaran, histori akun dan log aktivitas jurnal. Biasanya modul ini dipakai oleh bagian akunting.

  • Kas & Bank

Modul Kas dan Bank

Pada modul kas & bank berisikan fitur pembayaran, penerimaan, transfer bank, smartlink e-banking, rekening koran, histori bank, rekonsiliasi bank dan juga histori virtual account. Biasanya modul ini dipakai bagian keuangan karena isinya terkait dengan transaksi keuangan perusahaan.

  • Penjualan

Modul Penjualan

Berikutnya adalah modul Penjualan yang berisikan fitur penawaran penjualan, pesanan penjualan, pengiriman penjualan, uang muka penjualan, faktur penjualan, penerimaan penjualan, retur penjualan, kategori pelanggan, kategori penjualan, pelanggan, penyesuaian harga atau diskon, komisi penjual, target penjualan dan smartlink e-commerce. Umumnya modul ini dipakai oleh bagian sales ataupun marketing, yang di mana fungsinya untuk melakukan pencatatan transaksi penjualan bisnis.

  • Pembelian

Modul Pembelian pada Accurate Online

Pada modul Pembelian terdapat fitur yang hampir sama dengan Penjualan, namun pada modul ini tentunya yang berkaitan dengan supplier atau vendor. Umumnya modul ini dipakai oleh bagian purchasing ataupun bagian gudang.

  • Persediaan

Modul Persediaan

Modul Persediaan berisi fitur permintaan barang, pemindahan barang, penyesuaian persediaan, pekerjaan pesanan, penambahan bahan baku, penyelesaian pesanan, perintah stok opname, hasil stok opname, barang & jasa, gudang, satuan barang, kategori barang, pemenuhan pesanan, barang per gudang dan juga barang stok minimum. Biasanya modul ini dipakai bagian gudang karena fungsinya untuk memonitor stok perusahaan.

  • Aset Tetap

Modul Aset Tetap

Modul Aset Tetap punya fungsi untuk mengelola aset-aset kepunyaan perusahaan. Anda dapat mengelola aset perusahaan serta menghitung penyusutan aset di bagian ini, di mana fitur-fiturnya berisikan aset tetap, kategori aset, kategori aset tetap pajak, perubahan aset tetap, disposisi aset tetap, pindah aset dan aset per lokasi.

  • Smartlink Tax

Modul Smartlink Tax Accurate Online

Di bagian modul Smartlink Tax berisikan fitur penomoran faktur pajak, e-filing pajak, e-faktur pajak, e-SPT PPN/BM, e-SPT PPh Badan, e-Biling pajak, dan email faktur pajak.

  • Daftar Laporan

Modul Daftar Laporan

Pada modul Daftar Laporan, terdapat lebih dari 200 jenis laporan yang bisa digunakan dalam mengukur kinerja perusahaan Anda.

Fitur Unggulan Accurate Online

  • Persediaan & Gudang

Fitur unggulan dari Accurate Online ini dapat memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pencatatan stok secara keseluruhan dan tidak lagi terpisah-pisah. Anda pun bisa memantau jumlah persediaan di berbagai gudang yang Anda miliki, mengelola harga barang yang berasal dari pemasok serta melakukan stok opname.

  • Persetujuan Transaksi

Dengan fitur Persetujuan Transaksi ini, Anda dapat menentukan dan melakukan perubahan apapun pada transaksi mana saja yang harus melalui persetujuan Anda sebelum nantinya masuk dalam pencatatan. Anda dapat melakukan pengecekan pada setiap transaksi yang dilakukan sebelum nantinya disetujui. Dengan begini, tidak ada lagi kesalahan pencatatan ataupun kemungkinan adanya transaksi lain di luar kontrol Anda.

  • Smartlink e-Commerce

Fitur unggulan berikutnya ini memungkinkan Anda sebagai pengguna yang melakukan penjualan di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya untuk bisa mengekspor daftar transaksinya, lalu mengimpornya ke software akuntansi Accurate Online. Hal ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan pembukuan, karena tidak perlu lagi melakukan pencatatan secara manual.

Harga Accurate Online

Accurate Online bukan hanya menawarkan banyak fitur unggulan yang dapat memudahkan kegiatan akuntansi bisnis, baik untuk UMKM ataupun perusahaan besar, namun juga menawarkan harga yang terbilang terjangkau. Berikut ini adalah harga software akuntansi Accurate Online:

Paket Accurate Online Aktivasi Data Harga
Berlangganan 1 Tahun 1 Database & 2 User Rp. 2.220.000,-
Berlangganan 1 Bulan 1 Database & 1 User Rp. 222.000,-
Add User Login 1 User Rp. 22.200,-
Add Depart & Project Multi Depart /Bulan Rp. 111.000,-
Add Cabang 1 Cabang /Bulan Rp. 99.900,-
Add Manufaktur Per Bulan Rp. 2.220.000,-
Paket Promo Manufaktur 1 Tahun Rp. 28.860.000,-
Private Cloud Server 1X pembelian Rp. 27.750.000,-

Harga yang tertera sudah termasuk PPN

Anda yang memiliki bisnis, baik UMKM ataupun perusahaan besar, dan tertarik untuk menggunakan Accurate Online, Anda bisa mencobanya terlebih dulu selama 30 hari secara gratis. Hal ini sangat berguna untuk mengetahui fitur-fitur terbaik yang diberikan Accurate Online untuk kegiatan akuntansi bisnis Anda. Anda pun tidak akan ragu lagi untuk berlangganan software akuntansi terbaik ini!

Dapatkan Accurate Online Sekarang!

Related posts

Software Accurate Untuk Bisnis Manufaktur

wengku prihandoko

Mengenal Accurate Online POS: Aplikasi Kasir untuk Permudah Bisnis

admin

Begini Cara Menggunakan Accurate Online

admin