Image default
AOL

Mengenal Accurate Online POS: Aplikasi Kasir untuk Permudah Bisnis

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi kasir yang mampu mempermudah dan meringkas kegiatan pencatatan transaksi dalam bisnis, maka Accurate Online POS (Point of Sales) bisa jadi solusi yang tepat. Pasalnya, aplikasi ini hadir dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, mudah digunakan,dan berbasis cloud.

Sebagaimana Anda tahu bahwa sebagai pemilik bisnis, tentu Anda harus multitasking. Tidak hanya mengurus inventaris, Anda juga harus melakukan pemasaran, mengelola laporan transaksi penjualan, dan banyak lagi lainnya.

Menggunakan metode manual untuk memproses semua kegiatan ini tentu akan membuang-buang waktu. Jika Anda tidak efisien dalam proses pengelolaan persediaan hingga memantau transaksi penjualan, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk mengembangkan usaha.

Tak heran jika banyak pebisnis di Indonesia yang telah menggunakan aplikasi kasir dari Accurate POS karena mampu memberikan dampak positif dalam perkembangan bisnis mereka.

Lantas, apa itu Accurate Online POS? Apa saja fitur-fiturnya dan bagaimana fitur tersebut dapat memudahkan jalannya aktivitas transaksi dalam bisnis? Temukan jawabannya di sini!

Apa Itu Accurate Online POS?

Apa Itu Accurate Online POS
Sumber: Accurate.id

Accurate Online POS merupakan aplikasi kasir yang terintegrasi secara menyeluruh dengan Accurate Online dan cocok diaplikasikan untuk berbagai jenis dan skala bisnis. Baik itu bisnis retail, fashion, kuliner cepat saji, kecantikan, jasa, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Accurate Online: Software Akuntansi UMKM & Perusahaan berbasis Cloud

Jadi, bagi Anda yang sudah berlangganan software akuntansi Accurate Online, maka aplikasi kasir ini hadir sebagai penyempurna. Dengan begitu, proses pengelolaan kasir, pencatatan transaksi, hingga penyusunan laporan keuangan jadi lebih mudah lantaran terupdate secara otomatis ke akun Accurate Online Anda.

Apalagi jika Anda memiliki banyak outlet bisnis di lokasi yang berbeda-beda, tentu akan sangat merepotkan jika harus bolak-balik mendatangi outlet satu per satu untuk memantau jalannya transaksi penjualan. Namun, dengan Accurate POS, Anda bisa mengelola seluruh outlet sekaligus dari software Accurate Online.

Selain itu, Anda juga bisa lebih leluasa dalam memeriksa laporan keuangan bisnis Anda kapanpun dibutuhkan. Menariknya lagi, meskipun Anda dalam kondisi offline, transaksi penjualan tetap akan tersimpan pada memori smartphone Anda. Jadi, saat kembali online, Anda tetap bisa menghubungkannya ke database Accurate Online.

Fitur Accurate Online POS

Fitur Accurate Online POS
Sumber: Pembukuanku.id

Menemukan aplikasi kasir untuk toko atau sistem POS untuk bisnis tidaklah mudah. Faktanya 56% pemilik bisnis dan pelaku UKM masih belum memiliki aplikasi atau sistem POS. Ini adalah fakta bahwa UKM ini masih ragu-ragu dalam mengadopsi teknologi terbaru.

Untuk membantu manajemen bisnis, penting untuk memilih aplikasi yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang diperlukan agar pemilik bisnis UKM dapat menyederhanakan pekerjaan manual yang merepotkan sehingga dapat lebih fokus mengembangkan bisnisnya.

Berikut ini adalah beberapa fitur Accurate Online POS yang mampu mempermudah bisnis Anda:

1. Laporan dan Analisis Penjualan

Fitur aplikasi pertama yang dimiliki oleh Accurate Online POS adalah laporan dan analisis penjualan. Dengan adanya fitur ini akan memudahkan para pelaku bisnis untuk dapat mengetahui dan menganalisa data penjualan bisnis secara akurat.

Beberapa di antaranya ada fitur scan barcode, pembulatan ke nominal tertentu, fitur ubah harga, share struk, retur, pengecekan gudang, riwayat transaksi, hingga service charge. Fitur ini akan memberikan snapshot kinerja toko secara real time ke database Accurate Online melalui laporan dan metrik.

Dengan adanya fitur ini, Anda juga tidak perlu menebak-nebak sehingga Anda dapat mengambil keputusan yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan profitabilitas. Fitur pelaporan dan analisis penjualan ini akan memberikan visibilitas yang akurat dari semua operasi bisnis Anda.

2. Manajemen Pelanggan

Aplikasi kasir ini juga memiliki fitur manajemen pelanggan untuk mengumpulkan data riwayat pembelian pelanggan Anda. Keuntungannya adalah Anda dapat mengidentifikasi pembeli mana yang paling rajin berbelanja dan mengetahui perkembangan jumlah reseller dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa dengan fleksibel memberikan diskon berdasarkan kategori pelanggan. Sebagai contoh  memberikan hadiah, potongan harga, atau special promo kepada pelanggan setia Anda.

Tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, metode ini juga berpotensi menarik pelanggan baru dengan promosi dari mulut ke mulut. Pengiriman bukti transaksi juga lebih mudah, yakni melalui email atau Whatsapp.

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk mengimpor list kontak pelanggan yang telah terdaftar sebagai member guna menciptakan hubungan yang lebih baik.Dengan demikian, Anda akan terbantu dalam melacak aktivitas pelanggan bisnis Anda.

Dari data tersebut juga dapat Anda jadikan sebagai strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan khususnya bagi pelanggan yang sering melakukan repeat order.

Untuk cara kerja fitur ini, manajemen pelanggan berisi data pembeli yang sangat berguna bagi Anda yang memungkinkan Anda dengan mudah menyimpan dan mengelola riwayat pembelian, informasi kontak, dan bahkan poin loyalitas.

Baca Juga: Ingin Tahu Beda Accurate Online dan Offline? Cek Informasinya di Sini!

3. Manajemen Persediaan

Aplikasi Accurate Online POS juga memiliki fitur manajemen persediaan yang dapat membantu Anda melacak informasi persediaan stok secara lengkap baik yang dipajang maupun di gudang. Fitur manajemen ini memiliki akses langsung dan cepat ke inventaris stok yang ada di database Accurate Online Anda.

Tanpa data yang akurat dan real-time, pemesanan ulang stok yang menipis akan jadi ribet dan memakan banyak waktu. Namun dengan adanya aplikasi kasir ini, hal tersebut bisa Anda hindari.

Dengan fitur notifikasi stok yang menipis, Anda akan bisa tahu saat barang hampir habis dan perlu restok. Saat Anda menerima pemberitahuan, Anda dapat menghubungi supplier Anda untuk segera memesan kembali.

4. Fitur Laporan Outlet Accurate Online POS

Melalui fitur ini, Anda dapat membagi hak akses kepada karyawan sebagai kasir dan supervisor untuk mengunci maupun membuka kunci detail pada struk transaksi. Akses ini bisa dibuka dengan memasukkan kode PIN karyawan yang telah Anda berikan sebelumnya.

Jika laporan terperinci dinonaktifkan, maka Anda mengizinkan karyawan untuk melihat informasi tentang kedatangan. Dengan kata lain, fitur ini dapat meningkatkan proteksi dan kontrol untuk setiap transaksi finansial yang dibuat, mulai dari shift berjalan hingga tutup shift.

5. Variasi Metode Pembayaran

Di era modern ini, semakin banyak pelanggan yang lebih memilih menggunakan pembayaran non tunai karena dinilai lebih cepat dan praktis. Kebiasaan ini juga didukung oleh lembaga keuangan, seperti bank.

Mereka mendorong pelanggan nasabahnya untuk membayar menggunakan kartu debit atau kartu kredit atau pilihan pembayaran lain seperti dompet digital. Maka dari itu, sebagai pebisnis sangat penting bagi Anda untuk mengikuti tren seperti itu jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan.

Inilah mengapa penting untuk menggunakan aplikasi kasir modern seperti Accurate Online POS melalui halaman back office Accurate Online. Dengan pilihan pembayaran, Anda memberikan beberapa cara bagi pelanggan Anda untuk berbelanja di bisnis Anda.

Baca Juga: Fungsi dari Software Akuntansi dalam Mendukung Kegiatan Bisnis

Kesimpulan

Itulah informasi tentang Accurate Online POS dan beberapa fiturnya yang dapat membantu mempermudah kegiatan transaksi berbagai jenis bisnis. Tidak hanya memudahkan Anda mengelola bisnis, aplikasi kasir ini juga dapat membantu Anda meningkatkan bisnis.

Selain memiliki fitur lengkap, aplikasi kasir ini juga telah terintegrasi dengan sistem software Accurate Online sehingga memudahkan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda. Tunggu apa lagi? Dapatkan demo gratisnya sekarang juga!

Related posts

Penerapan Accurate Online Manufaktur dan Manfaatnya untuk Bisnis

admin

Begini Cara Menggunakan Accurate Online

admin

Software Accurate Untuk Bisnis Manufaktur

wengku prihandoko