Image default
Akuntansi

Akuntansi Menurut Ahli serta Pentingnya Akuntansi dalam Bisnis

Akuntansi menurut ahli terdiri atas beberapa definisi. Namun, secara keseluruhan pengertian akuntansi merujuk kepada kegiatan pencatatan, pengklasifikasian hingga pelaporan transaksi bisnis perusahaan. Jika Anda adalah seorang akuntan, maka tentu Anda wajib memahami seluk-beluk dunia akuntansi.

Ilmu akuntansi pada dasarnya tak hanya dikhususkan oleh para akuntan. Para pelaku usaha sebenarnya juga perlu memahami ilmu akuntansi. Dengan begitu, mereka pun dapat menjalankan bisnis secara efektif dan efisien. Tanpa pemahaman yang cukup baik soal akuntansi maka perusahaan pun bisa mengalami kerugian bahkan gulung tikar.

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), akuntansi didefiniskan sebagai bentuk teori dan praktik perakunan yang terdiri atas tanggung jawab, prinsip, standar, kelaziman (kebiasaan) dan semua hal yang berkaitan dengan kegiatan transaksi bisnis.

Selain itu, akuntansi juga dapat diartikan sebagai seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat terjadinya suatu transaksi terhadap suatu kesatuan ekonomi.

Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi merupakan sebuah proses pengidentifikasian, pengukuran serta pelaporan informasi dengan memungkinkan adanya suatu penilaian serta pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi siapapun yang memanfaatkan informasi tersebut.

Kemudian, Finansial Accounting Standards Board (FASB), sebuah organisasi yang menentukan standar akuntansi keuangan sejak tahun 1973 di Amerika mengemukakan bahwa akuntansi adalah kegiatan berupa jasa yang memiliki fungsi untuk menyediakan suatu informasi atau data kuantitatif yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan ekonomi.

Adapun akuntansi menurut Committee on Terminology of The American Institute of Certified Public Accountants adalah seni mencatat, menggolongkan, dan mengikhtisarkan transaksi serta peristiwa yang sifatnya keuangan dengan suatu cara yang bermakna dan menggunakan satuan uang yang kemudian menginvestasikan hasil-hasilnya.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa akuntansi adalah rangkaian proses pencatatan transaksi keuangan yang berkaitan dengan bisnis. Proses akuntansi berupa meringkas, menganalisis hingga melakukan pelaporan segala jenis transaksi ke badan pengawas, regulator, dan entitas pemungut pajak. Jadi, dapat dikatakan bahwa para akuntan memiliki tanggung jawab penuh dalam segala jenis transaksi keuangan yang ada di dalam perusahaan.

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi menurut ahli
Source: Brex.com

Setelah membahas pengertian akuntansi secara umum, saatnya membahas pengertian akuntansi dari para ahli.

Akuntansi Menurut Paul Gradi

Paul Gradi merupakan pakar akuntansi ternama dari Amerika Serikat. Menurut Paul Gradi, akuntansi memiliki fungsi sebagai organisasi secara otomatis yang dapat dipercaya dan original dalam melakukan pengklasifikasian, pencatatan, analisa hingga interpretasi kepada seluruh jenis transaksi dan kejadian. Menurutnya, akuntansi juga merupakan karakter keuangan yang terjadi di dalam setiap kegiatan operasional perusahaan sebagai bentuk pertanggung jawaban atas performa dari organisasi tersebut.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Paul Gradi memandang akuntansi tak hanya dari segi fungsi pengambilan keputusan ekonomi, tetapi juga sebagai bentuk pertanggung jawaban organisasi atau perusahaan terhadap kinerjanya selama ini.

Akuntansi Menurut Charles Thomas Horngren & Walter T. Harrison

Charles Thomas Horngren merupakan profesor akuntansi ternama yang berasal dari Standford University. Sedangkan, Walter T. Harrison sendiri ialah seorang pakar akuntansi dari Amerika yang juga sudah menerbitkan banyak buku akuntansi yang populer.

Kedua pakar akuntansi ternama ini menyebutkan bahwa akuntansi ialah sebuah sistem informasi yang bisa mengukur aktifitas sebuah bisnis, memproses data yang ada untuk menjadi sebuah laporan dan kemudian mengkomunikasikan hasil akhir laporan keuangan kepada pihak pengambil keputusan.

Akuntansi Menurut Donald E. Kieso

Menurut Donald. E Kieso, akuntansi terdiri atas tiga macam kegiatan mendasar berupa pencatatan, pengidentifikasian, serta pengkomunikasian kegiatan ekonomi di dalam sebuah organisasi untuk semua pihak yang berkepentingan.

Setiap perusahaan menurut Donald E. Kieso harus bisa melakukan identifikasi kegiatan ekonomi sesuai dengan kegiatan usaha yang berlangsung. Setelah itu, perusahaan lalu mencatat semua peristiwa tersebut untuk dimasukkan ke dalam catatan keuangan.

Proses pencatatan keuangan harus dilakukan secara terperinci serta menggunakan satuan mata uang yang sama. Selanjutnya, kumpulan informasi tersebut disatukan dalam bentuk laporan akuntansi dan diserahkan kepada semua pihak yang memiliki kepentingan.

Akuntansi Menurut Dwi Martani

Indonesia juga memiliki pakar akuntansi ternama yaitu Dwi Martani. Dwi Martani sendiri merupakan seorang dosen senior yang menjabat di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia. Menurut beliau, akuntansi merupakan sebuah bahasa bisnis atau business language di mana akuntansi mampu menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk menjelaskan kinerja dan kondisi keuangan pada suatu periode atau tanggal tertentu.

Informasi akuntansi tersebut kemudian akan digunakan oleh para pemilik kepentingan dalam perusahaan untuk dijadikan bahan pengambilan keputusan dalam membuat prediksi kinerja masa depan.

Akuntansi Menurut S. Munawir

Menurut S. Munawir, akuntansi ialah sebuah seni dalam sebuah pencatatan, penggolongan maupun peringkasan peristiwa atau kejadian yang sifatnya keuangan dan dilakukan dengan cara secepat-cepatnya.

Akuntansi Menurut Sunyanto

Definisi akuntansi menurut Sunyanto yaitu sebagai bentuk tahapan proses pengumpulan, pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, peringkasan dan penyajian, pelaporan dari segala jenis transaksi keuangan yang kemudian digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan.

Akuntansi Menurut Wilopo

Menurut Wilopo, akuntansi merupakan sebuah proses pengidentifikasian, pengukuran, serta pelaporan informasi ekonomi yang digunakan untuk penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut.

Winarno

Adapun menurut Winarno, akuntansi ialah proses pencatatan transaksi keuangan dan pengelolaan serta penyajian data informasi untuk diberikan kepada pihak-pihak yang berhak dan berkepentingan.

Fungsi Utama Akuntansi di Dalam Bisnis

Pada dasarnya fungsi utama akuntansi ialah sebagai bentuk informasi keuangan suatu bisnis dan perusahaan. Dari keseluruhan data keuangan yang didapatkan maka akan dilihat posisi dan kinerja suatu perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa peran penting akuntansi dalam sebuah bisnis.

  • Sebagai bentuk pengontrol atau pengendali keuangan di dalam sebuah bisnis yang dijalankan. Perlu Anda tahu bahwa dalam menjalankan bisnis diperlukan pengendalian untuk menentukan keberhasilan bisnis. Dengan adanya akuntansi, maka perusahaan pun bisa mengelola keuntungan yang didapatkan. Tak hanya itu, perusahaan pun juga bisa mengetahui performa bisnis apakah sedang untung atau mengalami kerugian.
  • Berfungsi sebagai media evaluasi perusahaan. Segala jenis laporan akuntansi akan menunjukkan hasil kinerja perusahaan dalam kurung waktu tertentu. Kehadiran laporan keuangan tersebut kemudian dapat dijadikan bahan evaluasi untuk keberlangsungan perusahaan ke depannya.
  • Berperan penting dalam menyusun rencana perusahaan di masa depan. Hasil evaluasi yang didapatkan lewat laporan keuangan kemudian dijadikan patokan untuk langkah yang akan diambil perusahaan selanjutnya. Dapat dikatakan bahwa laporan keuangan adalah gambaran bisnis yang akan dicapai di kemudian hari.
  • Akuntansi juga berfungsi sebagai sumber informasi penting dalam setiap pengambilan keputusan, pengawasan hingga implementasi keputusan-keputusan yang akan dilakukan perusahaan.

Kesimpulan

Akuntansi menurut ahli dipaparkan dengan definisi yang berbeda-beda. Namun, dari segi tujuannya tetaplah sama yaitu sebagai sumber dan bahan informasi keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan. Meskipun pengelolaan akuntansi perusahaan cukup rumit karena harus berurusan dengan banyak angka-angka. Namun, saat ini Anda tak perlu khawatir lagi. Untuk pembuatan laporan keuangan yang lebih praktis dan akurat Anda bisa menggunakan software Accurate Online dari mitramandiri.id.

Related posts

Peran Software Akuntansi Usaha Dagang dalam Kelancaran Bisnis

admin

Mengenal Transformasi Digital pada Akuntansi untuk Kepentingan Bisnis

admin

Manfaat dan Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Perusahaan Jasa

admin