Image default
Akuntansi

Ingin Tahu Beda Accurate Online dan Offline? Cek Informasinya di Sini!

Pada artikel kali ini kami akan membagikan ulasan tentang beda Accurate Online dan Offline. Bagi Anda yang belum tahu, Accurate Online dan Offline merupakan dua jenis software akuntansi berbasis desktop dan juga cloud. Kedua jenis software akuntansi ini adalah software akuntansi yang sudah dikembangkan cukup lama oleh cpssoft yaitu sejak tahun 2000 silam.

Awalnya, cpssoft hanya meluncurkan jenis software akutansi versi Accurate Offline. Software akuntansi berbasis desktop ini juga sudah digunakan oleh banyak perusahaan-perusahaan. Kemudian, di tahun 2016, cpssoft akhirnya meluncurkan Accurate Online yang berbasis web atau cloud untuk semakin memudahkan banyak perusahaan dalam mengelola administrasi keuangan mereka.

Apa itu Accurate Offline/Desktop?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Accurate Offline merupakan jenis software akuntansi yang berbasis desktop dan bisa digunakan tanpa koneksi internet. Sejak tahun 2000, banyak perusahaan telah menggunakan Accurate Offline. Meskipun Accurate Online juga telah hadir di tengah era digital seperti hari ini, banyak pelaku usaha yang juga tetap memanfaatkan fitur-fitur dari Accurate Offline.

Accurate Offline umumnya juga dikenal dengan nama Accurate 5 desktop, adapun beberapa spesifikasi yang tersedia dalam Accurate offline di antaranya ialah sebagai berikut.

Berbasis Windows

Anda wajib menginstal Accurate Offline di PC atau laptop yang berbasis Windows. Accurate Offline bisa digunakan pada Win 7, 8 hingga Windows 10.

Menggunakan Jaringan Lokal

Setelah melakukan penginstalan pada komputer Anda, selanjutnya hubungkanlah komputer Anda dengan memanfaatkan jaringan lokal seperti LAN atau Lokal Area Network atau bisa juga menggunakan Wireless. Jika berpindah ke lokasi yang berbeda dari sebelumnya, maka Anda wajib membeli Accurate Offline yang baru serta tidak bisa mendapatkan penambahan atau extra saat melakukan pembelian.

Multi Database atau Perusahaan

Pada Accurate Offline versi 5 terdapat database perusahaan secara unlimited atau tanpa batasan. Jadi, saat perusahaan Anda memiliki banyak pembukuan maka Anda tak perlu khawatir karena Accurate Offline mampu memuat database lainnya.

Konsolidasi Database

Laporan keuangan perusahaan Anda bisa dikonsolidasi saat menggunakan Accurate Offline versi 5. Sistem konsolidasi di Accurate Offline sendiri merupakan penggabungan lebih dari satu database untuk mendapatkan laporan neraca atau laba rugi konsolidasi pada masing-masing perusahaan.

Database Ada pada PC Server Sendiri

Saat menggunakan Accurare Offline maka Anda perlu menyiapkan komputer server untuk proses penyimpanan database. Komputer server yang digunakan bisa menggunakan komputer biasa akan tetapi harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari PC klien. PC server pada Accurate Offline juga bisa berfungsi sebagai stand alone (khusus penyimpanan database) atau sekaligus klien (untuk pengiputan data).

Menggunakan Sistem Licence

Sistem licence pada Accurate Offline memiliki fungsi untuk mendaftarkan IP komputer sebagai registrasi Accurate Offline. Jadi, satu licence hanya dapat digunakan untuk satu komputer saja. Kemudian, licence pada Accurate Offline juga bersifat lifetime serta bisa dipindahkan ke komputer lainnya saat komputer sebelumnya mengalami kerusakan.

Biaya Pembelian Lifetime (One Time Payment)

Beda Accurate Online dan Offline juga bisa dilihat dari perbandingan harga pembeliannya. Umumnya, harga Accurate Offline memang terasa lebih mahal dari Accurate Online, tapi harga tersebut untuk satu kali payment saja tanpa ada biaya maintenance per bulan atau per tahun. Anda hanya perlu membayar biaya tambahan extra untuk licence komputer saja.

Apa itu Accurate Online?

Berbeda dengan Accurate Offline yang berbasis desktop, Software akuntansi Accurate Online berbasis cloud sehingga lebih memudahkan penggunanya untuk bekerja dari mana saja. Berikut beberapa keunggulan yang bisa Anda nikmati saat menggunakan Accurate Online.

Bisa Diakses dari Mana Saja

Jika Accurate Offline harus diakses lewat desktop saja, Accurate Online bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Anda bisa menggunakan Accurate Online lewat PC, smartphone hingga tablet. Anda hanya perlu memastikan jika koneksi internet Anda dalam keadaan yang aman dan lancar.

Penginstalan

Proses penginstalan Accurate Online tak perlu dilakukan pada setiap PC atau komputer. Cara akses software akuntansi Accurate Online juga sama persis dengan platform sosial media.

Bisa Dijalankan pada Sistem Operasi Manapun

Jika Accurate Offline hanya digunakan pada sistem Windows, Accurate Online bisa digunakan untuk sistem operasi manapun, baik itu Windows, Linux hingga Mac. Semua bisa dijalankan asal Anda memiliki browser serta koneksi internet yang lancar.

Bisa Diakses dengan Menggunakan Banyak Media

Anda bisa mengakses Accurate Online dari berbagai jenis media seperti PC, laptop, ponsel pintar ataupun tablet. Tanpa perlu komputer dengan spesifikasi yang tinggi, Anda pun sudah bisa mengakses software akuntansi Accurate Online ini.

Alokasi Anggaran yang Lebih Efektif

Biaya berlangganan Accurate Online termasuk sangat terjangkau. Untuk berlangganan selama satu tahun penuh Anda hanya perlu menyiapkan anggaran mulai dari 1.980.000/database dan sudah termasuk untuk satu user. Biaya tambahan untuk user pun cukup terjangkau yaitu sekitar 20.000/bulan saja.

Fitur Accurate Online Memiliki Fitur Terbaru

Pada dasarnya fitur-fitur utama yang tersedia pada Accurate Offline dan Online adalah sama. Namun, pada Accurate Online Anda bisa menggunakan fitur tambahan untuk support aplikasi digital. Adapun beberapa fitur yang bisa Anda nikmati lewat Accurate Offline ini di antaranya seperti:

Approval System

Fitur yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan approval atasan dari setiap transaksi yang dilakukan. Approval System juga akan memudahkan para atasan di perusahaan dalam melakukan monitoring transaksi harian. Tak hanya itu saja, fitur ini juga mampu menentukan nilai transaksi yang dapat disetujui oleh perusahaan.

Auto Numbering

Jika Anda menggunakan Accurate Offline, maka Anda hanya bisa menggunakan fitur auto numbering statis. Sedangkan pada Accurate Online Anda sudah bisa menggunakan auto numbering yang lebih fleksibel seperti fitur auto reset per bulan atau per tahun. Transaksi pada rekening bank pun bisa dibuat untuk unique numbering.

Comment & Attachment

Banyak user menyukai fitur yang satu ini karena memudahkan mereka dalam melampirkan berbagai jenis komentar hingga dokumen. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan komentar pada sebuah transaksi yang salah melakukan penginputan atau mungkin hanya sekedar menambahkan saran perbaikan untuk data selanjutnya.

Business Dashboard

Business dashboard termasuk fitur yang paling di favoritkan oleh banyak pengusaha. Pasalnya, mereka bisa memantau langsung kinerja perusahaan lewat indikator-indikator keuangan yang telah ditentukan dan semua itu bisa ditampilkan dalam satu halaman utama yaitu pada dashboard. Anda bisa dengan bebas memantau performa Arus Kas, Laba Rugi, Piutang Jatuh Tempo, Grafik Pengeluaran hingga aktifitas terakhir yang dilakukan oleh karyawan Anda.

Dukungan Fitur Pajak

Saat ini Anda tak perlu repot-repot lagi mengurus administasi pajak perusahaan secara manual. Lewat Accurate Online, Anda pun bisa mengurus keperluan pajak dengan lebih mudah dan praktis.

Penutup

Secara keseluruhan, kedua jenis software akuntansi ini memiliki keunggulannya masing-masing. Beda Accurate Online dan Offline juga bisa dilihat dari segi fleksibilitas penggunaannya. Namun, jika Anda termasuk user yang memiliki mobilitas cukup tinggi maka silahkan menggunakan software akuntansi Accurate Online lewat mitramandiri.id.

Related posts

Apa Saja Jenis Akuntansi yang Berguna untuk Bisnis? Yuk, Simak Info ini!

admin

Aplikasi Pembukuan untuk Koperasi Simpan Pinjam

admin

Pengertian Saldo Normal Akuntansi, Fungsi, Jenis dan Cara Menentukannya

admin