Image default
Akuntansi

Software Pembukuan Keuangan: Fitur Penting dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Software pembukuan keuangan sudah menjadi semacam kebutuhan penting dalam sebuah bisnis. Tak hanya perusahaan-perusahaan skala besar, pelaku usaha menengah hingga bawah pun rasanya wajib memiliki software akuntansi demi keefektifan pengelolaan anggaran bisnis mereka.

Tak hanya itu saja, menggunakan software keuangan juga akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola keuangan secara lebih cepat, praktis dan tentu saja akurat. Jika dibandingkan menggunakan sistem pembukuan manual, menggunakan software akuntansi jelas jauh lebih praktis.

Jika sedang mencari tahu tentang apa itu software pembukuan akuntansi dan manfaatnya bagi perusahaan, maka Anda berada di laman yang sangat tepat saat ini. Kali ini kami akan membagikan informasi seputar software pembukuan beserta fitur dan manfaatnya dalam sebuah bisnis.

Mengenal Apa Itu Software Pembukuan Keuangan?

Software pembukuan dapat didefinisikan sebagai seperangkat sistem yang dirancang khusus untuk mendukung berbagai kegiatan akuntansi berbasis modularitas. Di dalam software akuntansi ini terdiri atas modul pembelian (account payable), penjualan (account receivable), buku besar, penggajian, dan masih banyak lagi. Umumnya, software akuntansi ini juga bisa dikembangkan oleh sebuah perusahaan di mana pihak perusahaan akan berkerja sama dengan pihak developer penyedia software keuangan.

Adapun tujuan utama pembuatan software pembukuan keuangan ini ialah untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan perusahaan. Contohnya seperti neraca (balance sheet), laporan laba rugi (profit loss statement), cash flow, maupun laporan akhir. Dalam proses penginputan data, Anda harus menyusun ledger sesuai kode nama yang jelas. Dengan begitu, ledger yang dibuat pun akan memiliki pos-pos tersendiri untuk setiap posisi laporan keuangan, ledger neraca, laba rugi, manufaktur dan lain sebagainya.

Software keuangan juga bekerja secara real time dari berbagai element yang sudah saling berhubungan sebelumnya. Oleh sebab itu, tanpa perlu menunggu lama lagi, Anda pun akan mendapatkan hasil laporan laba rugi secara cepat dan tentu saja akurat. Berbagai kegiatan penjualan, pembelian, produksi, hingga pengeluaran biaya lainnya dalam perusahaan akan terinput otomatis di dalam jurnal akuntansi.

Baca Juga: Memilih Aplikasi Pembukuan Depot Air Minum

Selain itu, data-data keuangan ini juga akan terus terupdate secara otomatis sesuai transaksi yang berlangsung di dalam perusahaan. Inilah yang membuat banyak pelaku usaha menggunakan software pembukuan keuangan karena membuat segala pencatatan keuangan perusahaan menjadi lebih praktis.

Fitur-Fitur Penting Di Dalam Software Akuntansi Pembukuan

Fitur dalam Software Pembukuan keuangan

Setelah mengetahui apa itu software akuntansi, selanjutnya kami akan membahas tentang fitur-fitur penting yang wajib dimiliki oleh sebuah software akuntansi. Lalu, apa saja fitur-fitur penting tersebut? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

Fitur Laporan Keuangan

Kehadiran fitur laporan keuangan termasuk element paling utama di dalam sebuah software akuntansi. Sebuah software akuntansi wajib memiliki kemampuan dalam memproses data akuntansi double entry dan akuntansi akrual. Tak hanya itu saja, beberapa fitur penting lainnya yang harus dimiliki ialah laporan neraca untuk menganalisis kondisi keuangan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas, laporan jurnal, dan laporan buku besar.

Fitur Manajemen Utang Piutang

Fitur selanjutnya yang juga sangat penting dimiliki di dalam sebuah software pembukuan keuangan ialah fitur manajemen utang piutang. Kehadiran fitur yang satu ini sangat membantu Anda dalam membuat laporan utang dan piutang dari pelanggan maupun supplier. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol jadwal waktu jatuh tempo utang yang wajib dibayarkan oleh pelanggan dan juga supplier.

Fitur Purchasing

Fitur purchasing akan membantu Anda dalam melihat status dan laporan transaksi sebuah perusahaan seperti transaksi jatuh tempo, pelunasan dan kegiatan lainnya. Sebuah software akuntansi juga sebaiknya memiliki fitur dalam pembuatan faktur dan retur pembelian, pembelian hingga fitur pengiriman pada supplier produk.

Fitur Budgeting

Kemudian ada pula yang disebut dengan fitur budgeting. Fitur ini akan membantu Anda dalam mencatat segala jenis laporan tentang budgeting yang telah dibuat. Beberapa contohnya ialah seperti pembuatan anggaran bersisa atau tak bersisa yang dapat disesuaikan dengan periode aktifitas bisnis perusahaan. Kelebihan lain dari fitur budgeting ini ialah mampu menghitung laba dan rugi perusahaan.

Fitur Financial Forecasting

Fitur yang satu ini juga termasuk fitur yang paling vital dalam sebuah software pembukuan. Sesuai namanya, financial forecasting akan membantu Anda melakukan estimasi biaya pendapatan dengan tepat. Dengan begitu, Anda bisa menghilangkan biaya yang tidak perlu sehingga profit perusahaan pun menjadi lebih maksimal.

Manfaat

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari menggunakan software akuntansi. Untuk lebih jelasnya, silahkan menyimak beberapa poin penting berikut.

Menghemat Waktu

Dengan menggunakan software keuangan, maka pekerjaan Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih hemat waktu dan tenaga. Para akuntan di setiap perusahaan tentu bisa memanfaatkan sisa waktu lainnya untuk mengejar deadline pekerjaan yang belum terselesaikan.

Akurasi Menjadi Lebih Maksimal

Tidak bisa dipungkiri jika melakukan proses pembukuan akuntansi secara manual akan menjadi sangat rumit dan merepotkan. Oleh sebab itu, diperlukan ketelitian super tinggi bagi para akuntan saat melakukan pencatatan keuangan ini. Namun, kehadiran software pembukuan keuangan akan membuat semua proses pencatatan akuntansi tersebut menjadi semakin praktis dan gampang.

Tak hanya itu saja, menggunakan software akuntansi juga akan meminimalisir resiko error yang sering terjadi saat melakukan peginputan secara manual.

Menghemat Biaya Operasional

Tak hanya menghemat waktu dan tenaga, memanfaatkan software keuangan juga membantu perusahaan dalam menghemat biaya operasional. Sehingga, perusahaan pun tak perlu mengeluarkan anggaran khusus untuk lembur karyawan dalam melakukan pengerjaan akuntansi. Begitu halnya untuk biaya pencetakan dokumen, perusahaan pun bisa menghemat anggarannya karena semua data akuntansi perusahaan tersimpan rapi dan aman secara digital tanpa perlu dicetak lagi.

Membantu Pengelolaan Arus Kas

Manfaat lain dalam menggunakan software akuntansi ialah untuk mengelola arus kas perusahaan. Dengan begitu para akuntan menjadi lebih mudah untuk melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan secara akurat. Tak hanya itu saja, fitur pengelolaan arus kas ini juga bisa menjadi alat perencanaan sekaligus alat evaluasi demi keberlanjutan perusahaan di kemudian hari.

Monitoring Data Keuangan

Software pembukuan keuangan juga membantu para akuntan dalam memonitoring kondisi keuangan perusahaan secara real time sehingga tak perlu menunggu periode pembukuan yang pada umumnya dilakukan setiap bulan atau akhir tahun. Proses monitoring ini juga sangat fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko

Penutup

Nah, demikianlah informasi tentang seluk-beluk tentang software pembukuan keuangan pada artikel kali ini. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari jenis software akutansi perusahaan yang kredibel dan terpercaya.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam memilih sebuah software keuangan tentulah tak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan mulai dari harga, biaya yang ditawarkan hingga fitur-fitur yang dihadirkan.

Salah satu jenis software akuntansi terpercaya dan telah digunakan oleh banyak perusahaan dan pelaku usaha menegah ke bawah ialah software akuntansi dari Accurate Online. Jika tertarik untuk menggunakannya pada perusahaan Anda, silahkan mengunjungi tautan berikut ini mitramandiri.id.

Related posts

Memilih Aplikasi Pembukuan Depot Air Minum

admin

Akuntansi Menurut Ahli serta Pentingnya Akuntansi dalam Bisnis

admin

Software Pembukuan Konter Pulsa Gratis, Juga Untuk Jenis Usaha Lainnya

admin