Image default
Bisnis

Inilah Alasan Penting Penerapan Pelayanan Prima pada Bisnis

Sudah menjadi rahasia umum jika pelayanan prima menjadi salah satu kunci sukses dalam sebuah usaha. Namun sayangnya fakta yang terjadi, sangatlah berbeda dari konsep bisnis ini. Pasalnya masih banyak bisnis yang mengesampingkan pelayanan, karena menganggap bisnisnya memiliki kualitas yang baik. Bagaimana penerapan pelayanan prima yang tepat untuk bisnis?

Memang sangat disayangkan jika hal ini terjadi, apalagi jika hal itu terjadi pada bisnis yang Anda kelola. Oleh karena itu untuk meningkatkan peluang keberhasilan bisnis, ada baiknya Anda mempelajari peran penting pelayanan prima, peran penting dan bagaimana menerapkannya pada sebuah bisnis.

Mengenal Apa itu Pelayanan Prima

mengenal pelayanan prima
Sumber by Pexels

Secara garis besar pelayanan prima dapat diartikan memberikan pelayanan terbaik dalam menangani setiap customer yang datang. Pada dasarnya pelayanan ini mencakup untuk seluruh bisnis, baik bisnis yang berjalan secara offline maupun online. Tak terkecuali bisnis penjualan produk maupun penyedia jasa.

Dengan menerapkan pelayanan prima, pastinya akan membuat pelanggan Anda merasa nyaman. Alhasil pelanggan tidak akan sungkan untuk merekomendasikan bisnis Anda pada rekan atau saudaranya. Maka dari itu penting hukumnya bagi sebuah bisnis untuk menerapkan pelayanan terbaik dalam setiap kegiatan bisnisnya.

Baca Juga: Pengertian, Unsur, Cara Membuat dan Contoh Analisis SWOT Sebuah Bisnis

Jadi dalam pelaksanaan pelayanan prima, setiap pegawai termasuk memiliki memiliki peranan yang sama dengan porsinya masing-masing. Walaupun penerapan pada masing-masing perusahaan pasti berbeda, namun pelayanan terbaik pasti akan memberikan hasil yang juga baik.

Konsep Pelayanan Prima

konsep pelayanan prima
Source: Pexels.com

Secara konsep, penerapan pelayanan prima memiliki beberapa aspek yang menjadi titik berat. Karena beberapa aspek pelayanan ini, akan sangat mempengaruhi penilaian pelayanan dari pelanggan.

Attitude (Perilaku)

Hal pertama yang harus menjadi acuan pelayanan, adalah attitude yang dimiliki setiap pegawai. Terutama pegawai front end dan customer service, yang paling sering bersinggungan langsung dengan pegawai. Attitude ini mencakup tata bahasa, kesopanan, tutur kata, serta ramah tamah dalam menangani pelanggan.

Ability (Kemampuan)

Konsep pelayanan prima yang kedua adalah kemampuan dalam bidang yang digeluti, kemampuan ini lebih mengarah pada knowledge dasar dari bidang yang digeluti. Misal customer service harus memiliki pengetahuan tentang barang yang dijual, sehingga bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan pelanggan

Attention (Perhatian)

Dalam melayani pembeli, setiap pegawai harus memiliki kecakapan dan perhatian lebih pada pelanggan. Hal ini berkaitan dengan seberapa aktif pegawai melayani pembeli tanpa pandang bulu, dengan begitu pelanggan akan merasa betah dan nyaman menghabiskan uang di tempat Anda.

Action (Tindakan)

alasan penting pelayanan prima
Source: Pexels.com

Konsep berikutnya adalah tindakan yang diberikan pegawai dalam memberikan pelayanan prima. Secara garis besar tindakan lebih mengacu pada perilaku pegawai dalam memberikan pelayanan. Seperti contoh menawarkan untuk membawakan barang saat barang belanjaan, membukakan pintu dan lain sebagainya.

Appearance (Penampilan)

Pelayanan prima juga bisa dilihat dari penampilan pegawai bisnis, secara lahiriah pastinya manusia lebih menyukai sesuatu yang bersih, rapi dan selaras. Konsep ini yang harus diterapkan dalam bisnis, pemberian seragam saja tidak akan cukup jika pelaku bisnis tidak menjaga penampilan. 

Accountability (Bertanggung Jawab)

Setiap pegawai pastinya juga dinilai dari rasa tanggung jawab yang dia miliki, hal ini mengacu pada bekerja sesuai SOP walaupun tanpa pengawasan. Dalam konsep ini, pegawai dituntut memiliki kesadaran, bahwa tingkat keberhasilan bisnis juga bergantung pada kinerja yang dia berikan.

Baca Juga: Kiat Membuat Deskripsi Produk Agar Jualan Laris Manis

Penerapan Pelayanan Prima dalam Bisnis

menerapkan pelayanan prima
Sumber by Pexels

Pada dasarnya melakukan pelayanan terbaik, memiliki tujuan untuk menumbuhkan kenyamanan pelanggan. Hal ini pastinya akan mempengaruhi pendapatan serta keberhasilan dalam mencapai tujuan bisnis. Tak heran jika pelayanan prima memang memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah bisnis.

Meningkatkan Penilaian dan Kepuasan Pelanggan

Peranan pertama dari strategi bisnis ini, adalah untuk meningkatkan penilaian dan kepuasan pelanggan. Hal ini akan sangat berpengaruh pada minat beli pelanggan, serta potensi mengembangkan usaha. Karena melalui pelayanan terbaik, pasti akan ada privilege  di kemudian hari.

Menumbuhkan Trusted Pelanggan pada Produk ataupun Jasa

Dengan pelayanan yang baik, minat beli pelanggan akan ikut naik. Hal ini berhubungan dengan nilai kepuasan pelanggan Anda. oleh karena itu, sangat penting menerapkan strategi bisnis satu ini.

Memberikan Wawasan Produk pada Pelanggan

Dengan memberikan pelayanan terbaik, wawasan pelanggan terkait produk atau jasa akan lebih luas. Pasalnya pegawai akan menjadi gerbang pembicara, antara pelanggan dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Mengurangi Penilaian Buruk pada Bisnis Anda

Pelayanan prima akan menghindarkan kegiatan bisnis, dengan penilaian buruk. Sebut saja keluhan, tuntutan maupun hal yang lebih serius, memiliki peluang yang sangat kecil. Hal ini bisa terjadi karena kepuasan pelanggan dengan pelayanan, apalagi jika pelayanan dilakukan dengan sigap dan tanggap.

Menumbuhkan Loyalitas Pelanggan

Kecenderungan pembeli dalam memilih tempat yang nyaman, adalah salah satu peranan strategi bisnis ini. Karena memang melalui kenyamanan, akan timbul pelanggan-pelanggan yang loyal terhadap bisnis maupun produk Anda. Hal ini tentunya akan mendatangkan manfaat di kemudian hari.

Bagaimana Cara Penerapan Pelayanan Prima

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan pelayanan prima ini, tentunya untuk treatment tiap perusahaan akan memiliki signaturenya masing-masing.

1. Membuat SOP Pelayanan 

Hal pertama yang harus Anda lakukan selaku pemilik usaha, adalah membuat SOP pelayanan yang harus dipatuhi seluruh pegawai. Dengan adanya SOP akan menumbuhkan kesadaran atas standarisasi pelayanan yang harus diberikan. 

2. Knowledge Produk dan Keterampilan Dasar

Memberi pembekalan berupa knowledge produk dan keterampilan dasar, menjadi salah satu kewajiban dari perusahaan. Hal ini saling berhubungan karena dengan pengetahuan dan keterampilan tersebut, akan meningkatkan peluang keberhasilan bisnis Anda. 

3. Survei Pelanggan dan Minta Testimoni

Untuk bisa terus memperbaiki pelayanan, Anda harus siap menerima kritik dan saran. Oleh karena itu Anda bisa melakukan survei atau meminta testimoni pada pelanggan Anda. setelah itu Anda bisa memperbaiki celah atau kekurangan dari pelayanan yang ada pada bisnis Anda.

4. Sediakan Sarana Prasarana dan Fasilitas yang Memadai

Jika bisnis Anda adalah sebuah bisnis yang Anda bangun untuk menjadi besar, ketersediaan sarana prasarana dan fasilitas harus Anda pertimbangkan. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri yang dapat membuat pelanggan nyaman dan betah menghabiskan uang di tempat Anda.

Baca Juga: Apa Arti Prospek, Bagaimana Mendapatkan Prospek?

5. Go Digital dengan Sistem yang Profesional

Untuk menampung semua strategi, bisnis harus memiliki sistem yang mengikuti zaman. Kini sudah saatnya bisnis untuk beralih ke digital, selain lebih profesional dan akurat pelayanan yang Anda berikan akan lebih cepat.

Salah satu cara untuk memiliki sistem digital yang mumpuni dan profesional, adalah dengan menggunakan sistem akuntansi digital Accurate dari Meetsolutions. Sistem yang dirancang multi device dan serba otomatis ini, memiliki banyak fitur menarik dan terintegrasi pusat.

Sebut saja fitur pembukuan otomatis, stok gudang, CRM dan beberapa fitur menarik lainnya bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Apalagi support sistem dari pihak aplikasi yang siap membantu Anda 7/24, pastinya akan membuat kinerja dan pelayanan lebih baik lagi.

Nah itulah alasan kenapa pelayanan prima, sangat penting untuk diaplikasikan dalam sebuah bisnis. Sebagai pelaku bisnis, ada baiknya Anda mulai menata kembali pelayanan dan sistem yang Anda gunakan selama ini.

Related posts

5 Harapan Besar dari Industri Daur Ulang Sampah Plastik Indonesia

Iskandar Rumi

Memahami Elastisitas Permintaan pada Pemasaran Produk

admin

Beda Banget! Sandi Pranata Lebih Milih Bisnis Peternakan Dibandingkan Start Up

Iskandar Rumi