Salah satu alasan kenapa pelanggan mau membeli produk yang Anda pasarkan bukan lain karena kualitas produk yang sesuai dengan harapannya. Tak heran pada persaingan pasar blue ocean, para pebisnis menekankan keunggulan produknya jika dibandingkan dengan produk dari brand lain.
Namun tahukah Anda kenapa hal ini menjadi faktor penting dalam bisnis? Lalu kenapa produk berkualitas yang mengalami stagnasi bisa jadi masalah untuk bisnis tersebut? dan seberapa besar pengaruhnya dalam sebuah bisnis? Simak artikel ini untuk tahu apa jawaban dari setiap pertanyaan tersebut.
Apa yang Dimaksud Kualitas Produk
Secara umum semua produk yang siap jual, pastinya memiliki yang berbeda-beda, bahkan hal ini menjadi salah alasan yang mendasari terjadinya transaksi jual beli. Karena pada dasarnya setiap konsumen akan membeli produk atau jasa, hanya jika produk tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
Baca Juga: Memahami Elastisitas Permintaan pada Pemasaran Produk
Kualitas Produk sendiri bisa Anda artikan sebagai sebuah kumpulan fitur maupun karakteristik sebuah produk, yang berkontribusi pada kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan dan penyelesaian masalah dari pelanggan. Dimana parameternya adalah produk bisa menjalankan seluruh fungsinya dalam menyelesaikan masalah.
Hal ini juga mengacu pada tingkat efisiensi produk, dalam upaya pemenuhan kebutuhan pelanggan. Selain itu kualitas juga menjadi upaya industri untuk menjalankan prosedur sebagaimana mestinya.
Oleh karena itu PR dari departemen pemasaran adalah mampu membaca kebutuhan pasar dengan baik. Hal tersebut pastinya harus diperoleh melalui analisis, hasil analisis tersebutlah yang kemudian menjadi acuan untuk menentukan kualitas produk.
Untuk dapat memantau kualitas dari sebuah produk, perlu adanya proses evaluasi produk. Dengan proses ini pelaku bisnis dapat mempertimbangkan beberapa faktor kunci, solusi yang ditawarkan, efisiensi kerja, dan pelayanan terbaik.
Proses ini bisa Anda dasari dengan berbagai perspektif, dengan acuan dapat menunjukkan bagaimana kelompok berbeda memandang kegunaan suatu produk.
Parameter Penting dalam Penilaian Kualitas Produk
Pebisnis juga harus memahami beberapa perspektif seperti perspektif pelanggan, manufaktur, perspektif berbasis produk maupun berbasis nilai, dan juga perspektif transcendental. Dengan menetapkan beberapa perspektif tersebut, Anda dapat menentukan kualitas produk berdasarkan beberapa parameter ini:
1. Kecakapan Produk dalam Menjalankan Tugasnya
Parameter kualitas produk yang pertama dan paling penting adalah kecakapan produk dalam menjalankan tugasnya. Hal ini berarti produk siap jual harus mampu membuktikan, apakah produk dapat melakukan apa yang diklaimnya dengan pasti sesuai kapasitasnya.
Contohnya adalah pada produk rumah tanggam seperti penanak nasi serbaguna. Tidak hanya pada saat pengujian, namun setiap fungsi dari produk ini harus bisa beroperasi dengan semestinya ditangan penggunanya. Jika suhu terlalu panas atau sistem terstruktur secara acak, maka kualitasnya akan menjadi sangat buruk.
2. Daya Tahan Produk
Sudah menjadi rahasia umum jika daya tahan produk menjadi salah satu penilaian dari sebuah produk siap jual. Bahkan beberapa orang lebih mementingkan pembelian barang dengan jaminan daya tahan yang terjamin, daripada membeli produk murah yang digunakan sebentar harus diganti.
Contoh yang sangat relevan adalah kemampuan beberapa brand smartphone yang memiliki daya tahan terjamin. Bahkan untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan, tak sedikit brand yang mengusung penggunaan baterai berkapasitas besar, dengan sistem fast charging tertanam di dalamnya.
3. Kualitas Produk Terpercaya
Sebagai produk yang akan Anda pasarkan, pastinya Anda harus melakukan pengecekan pada kelayakan edar dan seluruh fitur baik fisik maupun fitur bawaan lainnya. Karena pada dasarnya setiap pelanggan akan menaruh kepercayaan pada bisnis yang Anda kelola saat produk tersebut telah digunakan.
Hal ini termasuk seluruh khasiat (untuk obat), sistem yang bisa digunakan (aplikasi), serta kenyamanan pengguna (desain produk). Penilaiannya adalah seberapa efektif dan sesuai antara klaim yang Anda tawarkan dengan kondisi fisik dari produk yang sudah Anda pasarkan tersebut.
Baca Juga: Kiat Membuat Deskripsi Produk Agar Jualan Laris Manis
4. Memberikan Efisien pada Penggunanya
Selagi produk yang Anda jual dapat membantu memberikan dampak positif bagi penggunanya, pastinya penilaian efisiensi dapat Anda simpulkan baik. Hal ini sebenarnya cukup selaras dengan petuah “Harga adalah cerminan kualitas barang”, karena beberapa produk murah terkadang butuh biaya perawatan dan perbaikan yang mahal.
Efisiensi menjadi parameter yang sangat penting dalam menentukan kualitas secara keseluruhan. Contohnya kualitas antara produk ori dan KW pastinya berbeda, walaupun harganya lebih terjangkau namun barang KW memiliki kualitas yang lebih rendah. Tak heran barang KW kebanyakan akan lebih cepat rusak
5. Tingkat Keamanan Produk
Parameter selanjutnya untuk menilai sebuah kualitas adalah keamanan dari produk tersebut, produk yang baik akan berfokus pada keamanan para pengguna akhir. Tak heran butuh banyak pengujian, hingga produk benar-benar bisa layak edar. Hal ini tentunya untuk memastikan produk layak dan memiliki tingkat keamanan yang memadai.
Keamanan sendiri mencakup keseluruhan produk, mulai dari packaging, ingredient, serta fisik produk jual yang layak edar. Sedangkan untuk produk jasa tingkat keamanan akan mencakup sistem keamanan dari risiko kebocoran data.
6. Finishing dan Build Quality
Untuk mendapatkan kualitas produk yang baik, finishing yang tepat akan mempengaruhi penilaian pengunjung. Selain menggunakan packaging yang mumpuni dan menarik, produk juga harus terhindar dari tepian yang kasar maupun tajam.
Contohnya pada jasa pembuatan atau penyedia furniture, seluruh siku, alas, maupun bidang datar lain harus Anda pastikan aman untuk segala usia. Terutama aman dari serpihan kayu, sudut yang lancip, maupun permukaan yang kasar. Tak jarang para pemilik usaha melapisi furniture dengan politur untuk melindungi dari noda dan rayap.
Peran Penting Kualitas Produk dalam Sebuah Bisnis
Pada dasarnya alasan kenapa pemimpin harus menguasai kualitas produk yang dipasarkan, adalah karena peranannya yang cukup tinggi dalam sebuah bisnis. Pasalya kualitas memberikan berbagai peranannya pada sebuah bisnis.
1. Membantu Meningkatkan Kepercayaan Publik
Melalui kualitas yang terjaga, pastinya para pelanggan tak akan ragu untuk kembali menggunakan produk tersebut. Alhasil melalui aspek inilah bisnis akan memiliki pelanggan militan yang setia dengan produk yang Anda jual. Dengan kepercayaan publik yang besar, pastinya bisnis Anda akan melesat lebih jauh lagi.
2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
Pada dasarnya dengan memiliki kualitas unggulan, sebuah produk akan memiliki pasar yang lebih luas. Apalagi di era digital sekarang ini jarak bukanlah sebuah rintangan yang besar. Bahkan dengan bantuan jasa distribusi penjual dan pembeli akan sangat terbantu.
3. Mencegah Pembengkakan Biaya
Dengan memiliki kualitas yang baik, sebenarnya dapat membantu Anda mencegah pembengkakan biaya. Terutama jika terjadi barang retur karena kesalahan pengiriman, maupun kerugian tak terduga yang terjadi pada pelanggan Anda. Oleh karena itu kualitas yang baik akan membantu save dana jangka panjang di sebuah perusahaan.
Nah itulah beberapa informasi penting mengenai kualitas produk serta peran pentingnya dalam sebuah perusahaan. Melihat dampak dan cakupannya yang luas, ada baiknya Anda mulai memperbaiki kualitas produk demi kelangsungan dan perkembangan bisnis yang Anda kelola.