Image default
Akuntansi

Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko

Software pembukuan toko, sangat penting untuk mewujudkan ekosistem toko menjadi lebih baik. Pasalnya aplikasi yang sering disebut aplikasi POS (Point of Sales) dimana aplikasi ini dapat membuat suasana dan sistem kerja di toko yang Anda bangun lebih kondusif.

Pada dasarnya aplikasi POS harus bisa berfokus pada keuangan, stok barang, transaksi dan laporan pembukuan toko. Untuk itu, Anda harus bener-benar jeli dalam memilih software pembukuan toko yang tepat seperti aplikasi Accurate POS dari mitramandiri.id yang sudah dipercaya ribuan toko di seluruh Indonesia.

Apa itu Software Pembukuan Toko

Sebelum membahas mengenai tips memilih software pembukuan toko, ada baiknya Anda mengenal aplikasi tersebut terlebih dahulu. Pada dasarnya aplikasi pembukuan toko adalah sistem berbasis pemrograman komputer yang berguna untuk membantu toko berjalan lebih efisien.

Seperti namanya, fokus dari pemrograman ini adalah pada pembukuan toko, dimana fitur yang harus terangkum adalah stok barang, riwayat transaksi dan juga pembuatan laporan keuangan yang nantinya akan dirangkum menjadi pembukuan toko.

Aplikasi toko menjadi salah satu upaya dalam merubah cara konvensional yang dikenal memiliki banyak celah, dengan bantuan sistem komputer pembukuan toko dan perhitungan perputaran dana akan lebih akurat.

Jadi bisa dibilang aplikasi ini adalah, kemajuan teknologi yang akan memberi kemudahan bagi para pelaku usaha toko dalam melakukan aktivitas usaha, monitoring keuangan hingga meningkatkan efisiensi kerja dari bisnis toko tersebut.

Manfaat Menggunakan Software Pembukuan Toko yang Tepat

Ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan langsung dan tidak langsung, oleh para pelaku usaha dan juga bagian keuangan, saat menggunakan software pembukuan toko yang tepat. Berikut beberapa diantaranya:

Akurasi Pencatatan dan Perhitungan pada Proses Pembukuan Toko

Dengan menggunakan aplikasi POS dalam melakukan kegiatan usaha, pastinya segala jenis pencatatan dan perhitungan akan lebih akurat dari pada cara pembukuan konvensional atau manual.

Menghemat Waktu dan Efisiensi Kerja

Melakukan pencatatan, perhitungan dan kegiatan pembukuan lainnya pastinya akan memakan waktu yang cukup lama jika masih dikerjakan secara konvensional. Dengan menggunakan software pembukuan toko waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat, dengan begitu efisiensi kerja akan lebih meningkat.

Memudahkan Monitoring Toko

Sebagai pelaku usaha yang memiliki mobilitas tinggi, pastinya akan sulit untuk melakukan monitoring pada setiap usaha yang dimiliki. Dengan menggunakan aplikasi pembukuan toko yang terintegrasi internet, pastinya kegiatan monitoring toko akan lebih mudah. Hal tersebut pastinya akan mengurangi resiko kecurangan yang bisa saja terjadi.

Memudahkan Evaluasi Kinerja Toko

Dengan adanya laporan yang akurat dari pemrograman sistem komputer, pastinya akan memudahkan evaluasi kinerja toko yang Anda kelola. Bahkan beberapa aplikasi juga menyediakan info perkembangan toko yang disajikan dalam beragam bentuk seperti diagram maupun grafik,

Membantu Menentukan Strategi Bisnis yang Lebih Akurat

Aplikasi yang digunakan, pastinya akan berpengaruh dalam penentuan strategi bisnis. Dengan data akurat dan grafik perkembangan bisnis, para pelaku bisnis akan lebih mudah dalam menentukan strategi bisnis terbaik untuk perkembangan toko yang dikelolanya.

Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko

Melihat manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan software pembukuan toko, ada baiknya Anda mulai bijak dalam memilih aplikasi terbaik sesuai kebutuhan toko Anda. Untuk itu, Anda bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini untuk dapat memilih software pembukuan terbaik untuk toko Anda.

Menyesuaikan Kemampuan Toko dengan Pembayaran Aplikasi

Pada dasarnya, software pembukuan toko ada yang berbayar ada juga yang gratis, seperti yang Anda tahu, untuk aplikasi tanpa pungutan biaya biasanya memiliki fitur yang terbatas. Untuk itu Anda perlu menyesuaikan kemampuan toko dengan pembayaran aplikasi yang akan Anda pilih.

Untuk kinerja yang lebih baik, aplikasi berbayar lebih disarankan, karena akan memberikan performa yang lebih baik daripada aplikasi gratisan. Namun tidak ada salahnya menggunakan aplikasi gratis dengan memanfaatkan fitur yang ada dengan maksimal.

Perhatikan Fitur yang Disediakan

Dari banyaknya aplikasi pembukuan toko baik yang berbayar maupun gratis, pastinya memiliki kelengkapan fitur masing-masing. Dari kelengkapan fitur tersebut Anda harus cermat memilih aplikasi dengan fitur yang toko Anda butuhkan.

Anda bisa membuat daftar fitur yang sekiranya Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis toko Anda. Pilih aplikasi dengan fitur dasar yang lengkap seperti modal awal, kas keluar masuk, pembuatan faktur, fitur transaksi, stok barang, dan pembuatan laporan dalam beberapa kategori.

Pilih Basis Aplikasi sesuai Kebutuhan

Jika Anda ingin memilih sebuah aplikasi pembukuan toko, maka Anda harus paham betul kebutuhan dari toko dan basis aplikasi yang akan Anda gunakan. Karena pada dasarnya basis aplikasi toko dibagi dua yaitu online dan juga offline.

Missal untuk toko yang memiliki banyak cabang atau memiliki lingkup target yang luas, maka software dengan basis online lebih disarankan. Namun jika Anda memiliki satu toko dengan lingkup area kecil, maka tidak ada salahnya menggunakan aplikasi offline.

Prioritaskan Software Pembukuan Toko yang Menyediakan Versi Demo

Untuk tahu, apakah software pembukuan yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan toko, Anda harus mempelajari dan mencoba secara langsung bagaimana aplikasi pembukuan tersebut berjalan.

Maka dari itu, Anda bisa mengutamakan aplikasi yang versi demo untuk bisa Anda ulik dan uji coba semua fiturnya. Dengan begitu Anda tidak akan kecewa dan harus kerja dua kali jika terjadi ketidak cocokan pada aplikasi yang akan Anda gunakan.

Cermati Basis Akuntansi dari aplikasi tersebut

Anda harus mencoba menjalankan aplikasi dengan beberapa contoh kasus yang sering muncul pada kegiatan toko Anda. Hal ini berguna untuk mengetahui apakah basis akuntansi yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan toko Anda atau tidak.

Selain itu Anda juga bisa menilai keakuratan logika akuntansi pada sistem software pembukuan toko yang akan Anda gunakan nantinya. Selain itu dengan mencoba dan mengeksplorasi sistem sebelum membeli dapat memberi gambaran yang baik untuk kegiatan usaha Anda kedepannya.

Cek Keamanan Arus Data

Sebelum menggunakan aplikasi gratis maupun berbayar untuk bisnis, pastikan melakukan pemeriksaan pada tingkat keamanan arus data pada software yang digunakan.

Terutama untuk software dengan basis online yang memiliki resiko diretas lebih tinggi. Untuk itu keamanan data harus menjadi salah satu prioritas dalam memilih software yang tepat untuk bisnis toko Anda.

Pilih Software Pembukuan yang Bisa Digunakan Dalam Jangka Panjang

Anda tidak bisa asal memilih software pembukuan yang menurut Anda bagus, perlu banyak pertimbangan dan penggalian informasi mendalam. Karena seringkali aplikasi bagus tidak memiliki dasar yang kokoh, sehingga tidak bisa di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini akan berakibat fatal pada kegiatan usaha dimasa mendatang, selain itu perlu proses yang cukup lama untuk beradaptasi dengan sistem yang baru. Jadi Anda harus mulai bijak dalam memilih software pembukuan yang akan Anda gunakan.

Nah, itu dia tips yang bisa Anda gunakan saat memilih software pembukuan toko. Seperti yang Anda tahu, banyak aplikasi toko berkualitas di luar sana salah satunya Accurate POS dari Meet.Solutions yang sudah yang cocok digunakan untuk bisnis Retail, Cafe, Restoran, Klinik, dan Apotik.

Related posts

Ternyata Berbeda! Perbedaan Akuntansi dan Keuangan

admin

Accounting Treatment Adalah Langkah Penting dalam Sebuah Bisnis

admin

Pentingnya Menghitung Gross Profit Margin Dalam Sebuah Bisnis

admin