Image default
Akuntansi

Apa Saja Manfaat Sistem Integrasi untuk Akuntansi Perusahaan?

Sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan memungkinkan Anda untuk menyatukan atau mengintegrasikan sistem bisnis Anda sehingga mereka bekerja sama untuk meningkatkan arus informasi dan mengurangi biaya operasional. Sistem manajemen bisnis dengan akuntansi terintegrasi membuat akuntansi semudah jual beli online.

Daripada menghabiskan waktu dan tenaga untuk memasukkan kembali informasi secara manual dari manajemen pesanan ke dalam sistem akuntansi mandiri, sistem akuntansi terintegrasi secara otomatis menerima aliran data yang konstan. Karena informasi mengalir secara otomatis inilah, keuangan bisnis Anda jadi selalu up to date

Nah, jika mau tahu lebih lanjut tentang manfaat yang bisa Anda dapat dari sistem akuntansi perusahaan yang terintegrasi, simak penjelasannya berikut ini!

Kapan Harus Mengintegrasikan Sistem Akuntansi Perusahaan?

Kapan harus menggunakan sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan
Sumber: Unsplash

Akuntansi perusahaan yang terintegrasi sangat ideal untuk bisnis, jika Anda ingin menghemat banyak waktu dan biaya untuk melakukan semua urusan akuntansi secara manual. Jika Anda hanya menangani beberapa transaksi dan hanya perlu waktu singkat untuk melacaknya secara manual, maka mungkin Anda belum butuh pengintegrasian.

Baca Juga: Akuntansi Menurut Ahli serta Pentingnya Akuntansi dalam Bisnis

Tetapi jika Anda berurusan dengan ribuan transaksi, masalah seperti integritas data, pemrosesan data, dan entri manual dapat memakan banyak waktu dan menyebabkan banyak sakit kepala. Jika sudah demikian, mungkin Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan Anda.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem akuntansi yang terintegrasi, pastikan Anda mengetahui alasan mengapa Anda ingin mengintegrasikan sistem Anda. Misalnya, jika bisnis Anda memiliki banyak data untuk membuat input dan ingin meminimalisir terjadinya kesalahan input, mungkin Anda perlu sistem akuntansi terintegrasi. 

Selain itu, pikirkan juga tentang apa yang ingin Anda integrasikan. Ada banyak kemungkinan di sini, pertimbangkan apakah integrasi tersebut benar-benar berkaitan dengan fungsi keuangan. Dan akankah integrasi tersebut memungkinkan Anda memaksimalkan manfaatnya untuk bisnis Anda.

Manfaat Sistem Integrasi untuk Akuntansi Perusahaan

Manfaat sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan
Sumber: Pexels

Akuntansi terintegrasi semakin populer seiring dengan booming-nya dalam akuntansi berbasis cloud. Gerakan ini dipercepat oleh pandemi Covid-19 yang memaksa bisnis untuk menjauh dari proses yang sudah ketinggalan zaman dan merangkul efisiensi. 

Bahkan sekarang, sebagian besar bisnis tidak melihat integrasi sebagai tambahan opsional, melainkan persyaratan dan bagian penting dari fungsi keuangan mereka. Tak jarang instansi atau lembaga seperti badan amal dan sekolah memiliki kebutuhan pelaporan yang spesifik, sehingga membutuhkan sistem akuntansi yang terintegrasi.

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapat dari sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan? Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaatnya:

1. Otomatisasi dan Perampingan

Salah satu manfaat paling signifikan dari proses integrasi sistem akuntansi adalah Anda dapat mengumpulkan dan mengkorelasikan semua data yang relevan. Ini berarti pengambilan dan pemrosesan data keuangan jadi jauh lebih mudah dan lancar untuk semua subsistem. 

Jika Anda menyewa vendor untuk mendapatkan sistem akuntansi yang terintegrasi ini, Anda akan terbantu dalam mengotomatiskan dan merampingkan semua proses bisnis Anda berkat saluran aliran data yang dibuat otomatis.

2. Meningkatkan Aksesibilitas, Akurasi, dan Koordinasi

Proses akuntansi keuangan perusahaan yang terintegrasi sistem melibatkan kompilasi data dari berbagai sumber dan menyimpannya di satu tempat. Ini berarti Anda tidak perlu lagi menunggu lama untuk menyinkronkan data secara manual di beberapa sistem. 

Sebaliknya, jika satu subsistem terjadi perubahan data, itu juga secara otomatis diperbarui untuk sistem lain. Dengan demikian, salah satu manfaat utama dari integrasi sistem adalah ketersediaan dan aksesibilitas data secara real-time.

Pembaruan otomatis dan sinkronisasi data juga menghasilkan akurasi pencatatan dan pembukuan keuangan yang lebih tinggi karena kemungkinan pengguna mengakses data usang diminimalkan atau dihilangkan sama sekali. 

Karena data terbaru mudah diakses untuk semua subsistem, semua pengguna dapat bekerja sama, yang mengarah pada peningkatan koordinasi tim. Hal tersebut menjadikan Anda lebih mudah untuk melatih staf dan karyawan Anda pada sistem yang lebih sederhana. 

Selain itu, ketersediaan data yang cepat mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih cepat juga di semua departemen bisnis Anda, sehingga meningkatkan proses bisnis secara keseluruhan.

Baca Juga: Pengertian Buku Besar Akuntansi, Fungsi, Jenis, Bentuk dan Cara Membuatnya

3. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Terputusnya hubungan antara berbagai departemen dalam suatu organisasi dapat menyebabkan kualitas kinerja yang lebih rendah. Jika satu subsistem membuat perubahan pada data keuangan, subsistem lain mungkin harus mengejar ketinggalan dengan memasukkan data yang diperbarui ke penyimpanan data masing-masing.

Untuk itulah sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan membantu mencapai efisiensi yang lebih tinggi dengan menghilangkan kebutuhan entri data manual berulang. Karena sistem memperbarui database pusat secara otomatis, karyawan dapat menerima data yang akurat untuk diproses lebih lanjut. 

Selain lebih hemat waktu, masing-masing departemen juga dapat fokus pada tugas masing-masing tanpa harus khawatir tentang tetap sinkron atau kegiatan departemen lain. Sumber daya yang dihemat nantinya dapat dialokasikan untuk kegiatan bisnis yang lebih penting. 

Jadi, membuat tenaga kerja tidak hanya lebih efisien tetapi juga meningkatkan produktivitas karyawan Anda.

4. Efisiensi Biaya

Seperti yang telah dibahas di poin sebelumnya, sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan dapat meringkas dan menyederhanakan beberapa tugas yang berulang. Dengan demikian, tugas-tugas penting dapat dilakukan lebih efisien menggunakan sumber daya yang sama, sehingga mengurangi biaya yang tidak perlu.

Penyimpanan pusat juga menghilangkan kebutuhan akan beberapa penyimpanan data keuangan yang sama. Sehingga, penyimpanan data yang unik untuk setiap subsistem bisa lebih sistematis dengan mengkategorikan data yang tumpang tindih. Dengan begitu, biaya untuk menyediakan ruang penyimpanan data yang tidak perlu bisa dihilangkan.

Salah satu manfaat utama lainnya dari integrasi sistem akuntansi perusahaan adalah Anda tidak perlu mengembangkan sistem baru yang mahal. Sebagai gantinya, Anda dapat merekrut akuntan yang lebih profesional dan melatih karyawan untuk mengadopsi sistem baru.

Fitur Dalam Sistem Integrasi untuk Akuntansi Perusahaan

Situr sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan
Sumber: Pexels

Sistem akuntansi perusahaan yang terintegrasi memungkinkan Anda untuk menghubungkan semua sistem bisnis Anda sehingga mereka bekerja bersama dengan mulus. Dulu, bisnis menggunakan alat terpisah, misalnya akuntansi, pembuatan faktur, penjualan, manajemen pelanggan, dan sebagainya, untuk tujuan terpisah. 

Nah, untuk mengelola semua aliran data yang berbeda ini dan memastikan konsistensinya, perusahaan membutuhkan banyak sumber daya, kurang akurat, dan membuat frustasi. Maka dari itu, penggunaan sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan seperti Accurate Online bisa sangat berguna bagi kemajuan bisnis Anda. 

Software akuntansi berbasis cloud seperti Accurate Online memungkinkan Anda untuk melakukan segala proses pencatatan, pembukuan, dan pelaporan keuangan yang terkesan ribet menjadi lebih praktis. Itu karena Anda dapat secara otomatis mengisi sistem akuntansi Anda dengan mudah dan akurat.

Berikut adalah beberapa contoh fitur dalam sistem integrasi untuk akuntansi perusahaan yang bisa Anda manfaatkan guna mengembangkan bisnis Anda:

  • Smartlink e-Banking untuk tarik dan rekonsiliasi bank dengan mudah.
  • Fitur buku besar untuk pengelolaan budget, mengatur daftar akun, dan penjurnalan.
  • Smartlink e-commerce untuk impor transaksi dari marketplace.
  • Penghitungan HPP.
  • Fitur pembelian dan hutang.
  • Pengaturan persediaan.
  • Penghitungan biaya depresiasi dan aset tetap secara otomatis.
  • Fitur perpajakan (eFaktur, eSPT, eFilling, eBilling)
  • Akses pengguna dan keamanan, dan masih banyak lagi.

Nah, Anda bisa mendapatkan semua fitur tersebut untuk kebutuhan pengembangan bisnis Anda. Mau coba tapi masih ragu? Yuk, akses fitur Accurate Online secara gratis selama 30 hari di sini. 

Related posts

Deplesi Adalah Beban Penipisan dalam Akuntansi: Definisi, Jenis, dan Faktor

admin

Software Accurate Untuk Bisnis Manufaktur

wengku prihandoko

Ingin Tahu Beda Accurate Online dan Offline? Cek Informasinya di Sini!

admin