Image default
AkuntansiAOL

Software Accurate Untuk Bisnis Manufaktur

Saat ini dengan perkembangan digital yang terus meningkat membuat banyak software akuntansi yang terus bermunculan. Hal ini yang pastinya akan di buru oleh banyak perusahaan, pelaku usaha kecil, usaha menengah ataupun UMKM.

Terutama fitur yang lengkap dan yang paling penting dapat membantu membuat laporan keuangan secara real time. Sebut saja manufaktur, bidang bisnis ini merupakan bisnis perusahaan berskala besar yang memiliki banyak sistem produksi, inventory, stok barang, bahan baku, bahan setengah jadi dan komponen lainnya.

Jika semua hal tersebut di jalankan dengan tenaga manusia atau manual pasti membutuhkan waktu yang lama, bisa sering terjadi kesalahan, eror hingga hasilnya bisa menjadi kurang produktif. Apalagi konsumen Anda sudah memanggil Anda karena mereka sangat membutuhkan barang yang diproduksi.

Hal ini yang membuat bisnis manufaktur lebih kompleks dan memiliki banyak sistem yang perlu di otomatiskan agar lebih efektif. Sehingga menjadikan software akuntansi Accurate untuk Manufaktur menjadi solusi untuk hal tersebut.

Tantangan dan Kendala Pada Bisnis Manufaktur

Sebelum lebih lanjut mengenai fiturnya, mari bahas dulu tantangan dan apa saja kendala yang terjadi pada bisnis manufaktur saat ini yang membuatnya menjadi bisnis yang kompleks dengan berbagai sistem.

1. Biaya

Biaya yang ada pada bisnis manufaktur ini meliputi biaya produksi, proses produksi, overhead, biaya tenaga kerja dan penetapan biaya lainnya. Semua hal tersebut harus dapat terorganisir dengan baik agar proses manufaktur tetap berjalan dengan lancar.

2. Inventory

Inventory ini bisa disebut sebagai proses pencatatan persediaan yang harus di atur dengan baik agar tidak salah ataupun kurang.

3. Transaksi

Perlu di pantau terus arus kas, keuangan dan transaksi yang masuk ataupun yang sudah dikeluarkan untuk berbagai kebutuhan bisnis manufaktur ini.

4. Aset

Aset ini harus dilindungi dan digunakan dengan tepat untuk kebutuhan yang tepat. Agar tidak membuang sia – sia budget atau keuangan bisnis manufaktur.

Tidak perlu risau, Accurate untuk manufaktur hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantu resiko atau hal buruk yang akan terjadi pada bisnis manufaktur.

Fitur Accurate Manufaktur Untuk Bisnis Manufaktur

Fitur manufaktur yang dimiliki oleh Accurate sendiri sudah didevelop untuk memudahkan pengguna terutama untuk pengelolaan bisnis manufaktur, antara lain.

Atur semua alur produksi bisnis manufaktur Anda dengan accurate online manufaktur. Software ini dapat membantu untuk,

1. Biaya Standar

Dengan kata lain semua Anda dapet menerapkan dan menetapkan estimasi harga standard sebelum produksi.

2. Formula / Rumus Produksi

Atur dan kelola dengan baik formula bahan baku serta produksi cost.

3. Perencanaan Produksi

Semua rencanaan produksi sudah dapat di serahkan kepada accurate manufaktur.

4. Perintah Produksi

Sudah tersedianya surat atau perintah yang tepat mengenai produksi mulai dari proses, biaya dan bahan.

5. Tahapan Produksi

Kelola dengan tepat semua kinerja produksi secara detail dengan fitur accurate manufaktur ini.

6. Bahan Baku

Tersedia informasi yang akurat dan valid tetang ketersediaan bahan baku yang akan digunakan untuk produksi.

7. Alokasi Biaya Produksi

Alokasikan pengeluaran biaya pada produksi ke COGM dengan tepat.

8. Laporan

Membantu menyediakan laporan yang lengkap dan detail dari tahap awal hingga selesai produksi.

Secara Garis besar accurate manufaktur ini akan membantu Anda untuk mengatur perencanaan produksi lebih efektif dengan formula yang jitu serta estimasi cost yang tepat.

Definisi Modul Software Akuntansi Manufaktur (Pabrikasi)

Modul Manufacture (Pabrikasi) adalah modul yang diperuntukkan bagi perusahaan pabrikasi, yang berfungsi dalam proses pencatatan produksi. Sistem pabrikasi merupakan sistem kompleks dan membutuhkan teknologi warta singkron dengan modul manufacture (Pabrikasi) untuk membantu menangani proses produksi.

Beberapa hal yg dapat dilakukan dalam Modul ini yaitu :

  • Menyajikan formulir-formulir Produksi yg lengkap.
  • Melakukan pencatatan proses produksi secara otomatis.
  • Memberikan laporan aktual mengenai status produksi.
  • Memberikan laporan-laporan produksi seksama.
  • Tahapan penggunaan modul yang memudahkan pengguna.
  • Tipe Persediaan [Inventory Part Type] dalam modul Pabrikasi.

Pada modul pabrikasi pada ACCURATE tipe barang persediaan [Inventory Part] dibagi menjadi menjadi 5 sub tipe antara lain :

1. Raw Material

Adalah persediaan atau barang sebagai bahan baku utama pada suatu proses produksi. Barang atau persediaan dengan tipe persediaan ini hanya mampu dipakai menjadi bahan standar pada proses produksi, yaitu menjadi material / barang yang dipilih saat Anda membuat formulir Bill Of Material [Formula Produksi].

2. Subsidiary Material

Merupakan persediaan atau barang sebagai bahan standar pembantu pada suatu proses produksi. Barang atau persediaan menggunakan tipe persediaan ini hanya mampu digunakan sebagai bahan standar, yaitu menjadi material / barang pembantu yg dipilih saat Anda membuat formulir Bill of Material [Formula Produksi].

3. Work In Process Inventory

Adalah persediaan atau barang, hasil berdasarkan satu tahapan suatu proses produksi yang belum selesai.

4. Finished Good

Adalah persediaan atau barang jadi yg didapatkan berdasarkan suatu proses produksi. Hanya dapat dipilih sebagai barang jadi ketika membuat formulir Product & Material Result.

5. Other Material

Merupakan persediaan atau barang yang tidak mampu dipilih / dipakai pada proses produksi pada modul manufaktur pada ACCURATE.

Kesimpulan

Accurate manufaktur atau accurate untuk bisnis manufaktur ini akan membantu perusahaan bisnis manufaktur untuk mengelola semua proses produksi, bahan baku, cost dan yang lainnya dengan tepat dan cepat. Sudah saatnya Anda kembangkan bisnis manufaktur dengan lebih efektif, sehingga tim Anda bisa fokus kepada marketing ataupun penjualan.

Dengan ini Accurate ini sudah menjadi solusi tepat untuk manufaktur. Untuk info lebih lanjut mengenai cara penggunaan, lisensi ataupun add on accurate manufaktur. Bisa langsung klik disini.

Related posts

Accurate Online untuk Apa? Berikut Ini 7 Kegunaannya!

admin

Mengenal Metode Persediaan di Accurate Online

admin

Peran Penting Software Pembukuan Gratis Bagi Sebuah Bisnis

admin