Image default
Akuntansi

Pentingnya Memiliki Aplikasi Pembukuan Toko Kelontong

Jika Anda memiliki toko kelontong, pastinya ada beberapa urusan yang cukup memusingkan untuk ditangani sendiri. Seperti struk jual beli, stok barang, inventaris, kedaluwarsa, dan manajemen pemesanan ulang. Untuk mempermudah segala urusan tersebut, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi pembukuan toko kelontong berbasis komputer.

Dengan adanya sistem komputer yang lebih terstruktur dan terorganisir, akan memungkinkan untuk menangani semua skenario toko kelontong yang bikin pusing. Sehingga Anda bisa menjalankan bisnis toko kelontong dengan mudah dan meminimalisir risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Apalagi jika aplikasi toko kelontong yang Anda pilih berbasis cloud online, yang memungknkan untuk Anda gunakan dimana saja dan kapan saja. Seperti contohnya aplikasi akuntansi Accurate Point of Sales (POS) dari Meetsolutions, yang menyediakan berbagai fitur menarik dan bermanfaat bagi toko kelontong yang Anda kelola.

Baca Juga: Manfaat dan Cara Mengembangkan Sistem Akuntansi Toko

Sekilas Tentang Aplikasi Pembukuan Toko Kelontong

sekilas tentang aplikasi pembukuan toko kelontong
Source: Pexels.com

Aplikasi pembukuan toko kelontong adalah sebuah software berbasis komputer, yang berfungsi untuk mendukung sistem pembukuan sebuah toko kelontong. Secara umum aplikasi toko kelontong mengatasi segala urusan pertokoan mulai dari inventaris gudang, keluar masuk  barang, penjualan, dan juga pembukuan.

Aplikasi pembukuan toko kelontong sendiri dalam dunia bisnis sering disebut dengan aplikasi POS (Point Of Sale), dengan cakupan mulai dari sistem kasir, pergudangan, dan pembukuan. Karena dinilai lebih efektif, ribuan toko kini beralih menggunakan aplikasi serupa untuk meningkatkan kredibilitas usahanya.

Secara konsep aplikasi pembukuan terbagi menjadi dua jenis konsep, yang pertama adalah konsep offline dimana sistem bisa berjalan hanya pada jaringan lokal (kabel). Sedangkan konsep kedua adalah jenis aplikasi online yang membutuhkan jaringan internet untuk sistem operasinya.

Untuk kedua konsep sendiri memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing, tentunya akan lebih maksimal jika Anda memahami seluk beluk sistem, fitur, cara kerja dan penggunaannya. Tergantung kondisi dari toko kelontong yang Anda kelola, namun kedua konsep ini memiliki fungsi yang sama untuk memudahkan segala jenis transaksi.

Peran Penting Aplikasi Pembukuan Bagi Pebisnis Toko Kelontong

pentingnya aplikasi pembukuan toko kelontong
Source: Pexels.com

Semakin pesatnya perkembangan dunia ritel, membuat banyak peluang baru bermunculan. Terutama pada pembuatan program pendukung usaha, seperti aplikasi pembukuan toko kelontong.  Aplikasi pembukuan in jadi salah satu solusi untuk berbagai kegiatan usaha, adapun manfaat yang akan Anda rasakan adalah sebagai berikut

1. Manajemen Inventaris Lebih Mudah

Faktor terpenting dalam usaha toko kelontong adalah kebutuhan inventaris, hal ini berhubungan dengan proses keluar masuk barang dalam gudang. Mengatur masalah gudang dengan produk yang terbatas memang bukanlah masalah, namun bagaimana jika Anda memiliki ratusan produk berbeda yang harus diatur setiap harinya?

Kalaupun bisa pasti akan membutuhkan waktu lama dan proses yang melelahkan, terutama pada kegiatan stokes barang saat terjadi hilir mudik barang di gudang. Mempertahankan seluruh produk tersebut tentu akan membuat Anda kerepotan, maka dari itu Anda perlu mempertimbangkan untuk beralih pada sistem aplikasi pembukuan toko kelontong.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko

2. Manajemen Harga Produk

Dengan menggunakan aplikasi pembukuan toko kelontong, Anda bisa menganalisa dan memahami dampak biaya secara keseluruhan. Terutama ketika Anda berupaya untuk mengembangkan toko kelontong yang Anda kelola, Anda harus memperhatikan sistem penetapan harga yang Anda miliki.

Apalagi jika sistem toko kelontong Anda memiliki perbedaan harga pembelian grosir dan ecer, hal ini akan mempengaruhi tingkat kerumitan dari penetapan harga. Nah, di sinilah peran penting aplikasi pembukuan toko kelontong, yakni untuk mengintegrasikan perhitungan rumit agar lebih mudah untuk dicerna.

3. Memudahkan Proses Transaksi 

Peranan selanjutnya adalah memudahkan proses transaksi, mungkin sebagian dari Anda merasa menjalankan proses transaksi tidak akan serumit yang dipikirkan banyak orang. Stigma seperti ini muncul pada karena pandangan transaksi toko kelontong selalu dalam jumlah kecil, namun sangat mungkin sebuah usaha mendapatkan transaksi dalam jumlah besar.

Untuk proses transaksi kecil dengan hanya 3- 5 item produk, pastinya masih bisa dengan mudah Anda tangani sendiri. Namun bagaimana jika transaksinya lebih dari 15 item produk, pastinya dengan aplikasi yang serba otomatis pekerjaan Anda akan lebih mudah dan lebih cepat selesai.

4. Proses Invoice atau Bukti Pembayaran Sekali Tekan

Manfaat berikutnya memang tidak dimiliki oleh seluruh sistem aplikasi pembukuan toko kelontong yang beredar, bahkan ada beberapa yang memang fokus pada satu atau dua fitur saja. Namun para pebisnis toko kelontong, pastinya secara sadar maupun tidak akan condong untuk memilih aplikasi dengan fitur invoice atau bukti pembayaran.

Fitur ini sangat berhubungan dengan peranan sebelumnya, karena bukti pembayaran manual untuk transaksi dengan banyak item pasti sangat merepotkan. Namun dengan adanya fitur invoice, pastinya proses transaksi akan lebih mudah.

5. Memudahkan Sistem Pembayaran

Aplikasi pembukuan ini sangat berperan penting pada sistem pembayaran, dengan adanya aplikasi pembukuan toko kelontong akan sangat membantu dalam proses ini. Pasalnya perkembangan teknologi membuat pembayaran tunai kurang diminati, kini banyak orang yang lebih suka melakukan pembayaran dengan cara non-tunai.

Aplikasi sangat memungkinkan toko kelontong Anda menerima pembayaran dengan cara modern seperti tapcash, transfer m-banking, QR code dan lain sebagainya. Dengan begitu peluang mendapatkan customer kaum milenial juga semakin tinggi.

6. Manajemen Pekerja

Bagi Anda yang memiliki toko kelontong pada taraf atau skala besar, pastinya Anda memiliki lebih dari 2 karyawan untuk mengatasi berbagai kebutuhan toko. Sebagai pebisnis yang baik, Anda harus mempertimbangkan kebijakan, pengaturan jadwal serta pemantauan proses bisnis secara langsung atau tidak langsung.

Peranan dari aplikasi pembukuan akan sangat terasa untuk peranan ini, apalagi jika Anda memiliki aplikasi online seperti aplikasi Accurate. Karena aplikasi online memungkinkan Anda melakukan pemantauan tanpa harus selalu berada dilokasi toko kelontong.

7. Pembuatan Laporan atau Pembukuan Otomatis

Peranan yang paling kentara dari sebuah aplikasi pembukuan toko kelontong, sudah pasti pada saat proses pembukuan. Seperti yang Anda tahu, melakukan pembukuan untuk 1 unit toko kelontong pada periode harian saja memakan waktu yang lama, apalagi jika Anda memiliki banyak unit toko.

Namun bagaimana jika setiap keluar masuk produk maupun perputaran dana tercatat secara otomatis oleh sistem? Pastinya akan sangat membantu kegiatan pembukuan harian bulanan, bahkan tahunan pada bisnis toko kelontong yang Anda kelola. Apalagi sistem komputer memiliki akurasi hitung yang lebih tinggi dari cara manual.

Baca Juga: Software Pembukuan Toko Accurate Online Jadi Pilihan Tepat

8. Meningkatkan Kredibilitas Toko Kelontong

Manfaat terakhir dan paling penting yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi pembukuan toko kelontong, adalah meningkatkan kredibilitas usaha. Apalagi dengan sistem terintegrasi dan terkomputerisasi, toko online Anda akan terlihat lebih profesional dan bonafit.

Apalagi dengan menggunakan sistem serba otomatis, akan meningkatkan kecepatan dan akurasi pelayanan pada customer Anda. Sehingga akan banyak pelanggan yang merasa terpuaskan oleh pelayanan yang Anda berikan, hal ini akan memicu perkembangan bisnis Anda.

Nah, itulah peranan penting aplikasi pembukuan toko kelontong! Melihat besarnya peranan yang dimiliki, Anda harus mulai mempertimbangkan untuk beralih ke sistem komputer!

Related posts

Aplikasi Pembukuan untuk Koperasi Simpan Pinjam

admin

Akuntansi Perpajakan: Pengertian, Prinsip, Fungsi dan Cara Hitungnya

admin

Apa Saja Manfaat Sistem Integrasi untuk Akuntansi Perusahaan?

admin