Image default
AOL

Begini Cara Menggunakan Accurate Online

Pencatatan transaksi serta pembukuan merupakan hal yang penting bagi bisnis. Namun sayangnya, masih banyak pemilik bisnis atau perusahaan yang tidak melakukannya dengan baik. Ada beberapa kemungkinan yang menjadi alasan masih banyaknya perusahaan yang tidak memperhatikan pembukuan mereka, yaitu karena prosesnya yang terbilang rumit dan tidak sebentar.

Sebenarnya, semakin berkembangnya jaman, semakin banyak sekali kemudahan, termasuk juga dalam hal akuntansi bisnis. Jika dulu Anda seringkali berpikiran bahwa proses akuntansi merupakan proses yang lama dan sulit diterapkan, sekarang ini sudah ada software akuntansi yang dapat membuat segalanya jadi mudah, dengan hasil yang akurat. Nah, Anda dapat menggunakan Accurate Online, yang punya fitur-fitur yang akan mempermudah kerja proses akuntansi dalam bisnis Anda. Penasaran bagaimana cara menggunakan Accurate Online?

Tentang Accurate Online

tentang cara menggunakan accurate online

Accurate Online sendiri merupakan aplikasi atau perangkat lunak akuntansi yang berbasis cloud, yang dapat digunakan oleh bisnis skala kecil hingga besar, baik jenis perusahaan dagang, jasa, manufaktur dan lain sebagainya.

Baca Juga: Accurate Online Private Cloud Lebih Eksklusif dengan Server Pribadi

Karena sistemnya yang berbasis cloud, maka akan memudahkan Anda untuk mengakses data keuangan perusahaan di manapun dan juga kapanpun. Dengan kata lain, software ini tidak memerlukan instalasi apapun, karena Anda hanya perlu membuka internet browser Anda, dan menjalankan Accurate Online.

Fitur Accurate Online

Ada banyak sekali fitur yang ditawarkan Accurate Online, yang akan memudahkan proses akuntansi bisnis atau perusahaan Anda. Beberapa fitur terbaik yang ada yaitu:

  • Smartlink Tax

Smartlink Tax berisikan beberapa fitur yang akan memudahkan Anda dalam hal perpajakan, mulai dari penomoran faktur pajak, e-filing serta e-faktur pajak, e-SPT PPN/BM, e-Billing pajak dan lainnya. Dengan begini, Anda tidak perlu lagi bingung dengan perhitungan pajak perusahaan.

  • Smartlink e-Commerce

pada fitur ini, akan memungkinkan pengguna yang juga berjualan di marketplace, untuk dapat mengekspor daftar transaksi mereka, kemudian mengimpornya ke Accurate Online. Fitur ini akan memudahkan pencatatan pembukuan bisnis Anda, di mana Anda tidak lagi harus melakukannya secara manual.

  • Persediaan & Gudang

Fitur Accurate Online ini akan memungkinkan pengguna untuk mencatat stok secara keseluruhan atau tidak terpisah-pisah lagi. Anda juga dapat memantau persediaan di beberapa gudang yang Anda miliki, mengelola harga barang dan juga melakukan stok opname.

Cara Menggunakan Accurate Online

ini dia cara menggunakan accurate online

Accurate Online didesain untuk dapat memudahkan pencatatan serta pembukuan dengan cepat, mudah dan akurat. Cara menggunakan Accurate Online bukan hanya dapat memudahkan mereka yang memahami dunia akuntansi saja, namun siapapun dapat menggunakan software akuntansi satu ini.

Untuk langkah awal dalam menggunakan Accurate Online, Anda dapat mendaftar terlebih dulu dengan menggunakan email atau akun Facebook yang sudah Anda punya. Kemudian, Anda pun akan diarahkan untuk membuat database.

  • Membuat database

Setelah selesai dalam pembuatan akun di Accurate Online, Anda dapat melakukan set up database, yang nantinya ini akan berisikan seluruh data yang berkaitan dengan transaksi serta pembukuan bisnis Anda.

Untuk membuat database ini, Anda dapat melakukan login, dan lanjutkan dengan membuat database baru dengan mengklik tanda tambah. Kemudian isi bagian ‘Nama Alias’ dengan nama database yang Anda inginkan, misalnya dengan nama perusahaan yang Anda Kelola. Lalu Anda pun bisa memilih warna untuk background database serta logonya.

Setelah database kosong sudah jadi, Anda bisa mengisi data-data yang akan digunakan untuk melakukan pencatatan pembukuan dalam database tadi. Anda dapat klik database yang sudah dibuat sebelumnya, dan akan diarakan ke set up atau pengaturan awal.

Set up atau pengaturan awal ini akan mengumpulkan data yang nantinya akan disimpan di komputer secara sistematis. Data ini berupa masternya, seperti daftar akun, vendor, customer, aset ataupun barang serta jasa. Ini akan jadi dasar dalam menentukan pembukuan bisnis Anda dilakukan.

Di pengaturan awal ini, pengguna akan dipandu dan juga diminta mengisi serta memilih opsi yang nantinya akan dijalankan dalam database yang sudah Anda buat. Ini dilakukan lewat menu wizard setup awal yang sudah tersedia. Menu wizard ini adalah aplikasi interaktif yang fungsinya untuk memandu pengguna melalui perintah dengan dialog.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lengkapi atau isi sebagai langkah dalam pengaturan awal database:

  1. Info Perusahaan

Pertama, yang harus Anda isi adalah data yang berkaitan dengan informasi perusahaan pada tab ‘Info Perusahaan’.

Di bagian ini Anda harus mengisi Nama Perusahaan, Level Distribusi yang dapat diisi sesuai dnegan bisnis yang Anda jalani misalnya produsen, distributor atau retailer, Bidang Usaha diisikan dengan bidang usaha dari perusahaan Anda, Telepon, Faksimili, Email dan Mata Uang.

Untuk bagian Tanggal Mulai Data dapat Anda isi dengan tanggal mulainya pencatatan di Accurate Online, lalu Periode Akuntansi dapat diisi priode pencatatan yang Anda inginkan, kemudian juga lengkapi Alamat Perusahaan.

Setelah semuanya sudah diisi dengan benar, Anda dapat mengklik ‘Lanjut’ yang berada di bagian bawah.

  1. Fitur Dasar

Di bagian tab ‘Fitur Dasar’, Anda diharuskan memilih opsi yang sesuai dengan kondisi pada perusahaan Anda. Pilihan opsi yang Anda pilih akan menentukan fitur mana yang akan Anda gunakan di Accurate Online.

Walaupun begitu, jika suatu saat kebutuhan bisnis Anda berubah ataupun Anda membutuhkan fitur lain yang ada di Accurate Online, Anda dapat mengubah fitur pada menu ‘Preferensi’.

Baca Juga: Apa itu Fitur Accurate Online serta Manfaatnya Dalam Bisnis?

  1. Penjualan

Setelah selesai mengisi opsi di ‘Fitur Dasar’, Anda dapat mengklik ‘Lanjut’.

Kemudian akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda isi terkait penjualan perusahaan. Yang mana jawaban Anda nantinya juga akan jadi penentu fitur yang akan Anda gunakan dalam menu penjualan pada akun Accurate Online Anda.

  1. Pembelian

Serupa dengan tab sebelumnya, jawaban yang akan Anda pilih juga jadi penentu fitur yang akan Anda dapatkan pada menu pembelian.

  1. Persediaan

Di bagian Persediaan, Anda juga harus memilih jawaban yang tepat sesuai dengan kondisi bisnis untuk jadi penentu fitur dan metode yang digunakan dalam mengelola persediaan bisnis Anda. Di Accurate Online sendiri ada dua metode yang digunakan dalam perhiungan persediaan, yaitu FIFO dan juga Average.

  1. Lainnya

Cara menggunakan Accurate Online berikutnya yaitu mengisi jawaban pada tab ‘Lainnya’, yang berkaitan pencatatan biaya dan beban operasional pada perusahaan, apakah dilakukan per departemen atau per proyek, ataupun keduanya.

Biasanya ini dipilih jika bisnis yang Anda kelola memiliki skala menengah ke atas, di mana terdapat beberapa departemen serta menangani banyak proyek yang anggarannya berbeda-beda.

  1. Akun Perkiraan

Seperti namanya, di bagian ini akan berkaitan dengan pembuatan akun perkiraan.

Accurate Online memerlukan akun perkiran untuk dapat menampung nilai kas, pendapatan, persediaan, dan lainnya. Jika Anda kurang paham terkait menentukan daftar akun perkiraan untuk perusahaan, maka Accurate Online akan membuatkan akun perkiraan yang umum digunakan kebanyakan perusahaan, secara otomatis. Rekening ini akan dibuat berupa rekening giro, yang memang sudah biasa digunakan oleh banyak perusahaan.

Jika Anda memiliki daftar akun ataupun nilai terpisah, maka Anda bisa untuk tidak memilih jawaban ‘Ya’. Kemudian lanjutkan langkah dengan klik ‘Selesai’.

Baca Juga: Accurate Online: Software Akuntansi UMKM & Perusahaan berbasis Cloud

Dari penjelasan tentang cara menggunakan Accurate Online di atas, Anda pun pasti menyadari bahwa penggunaan software akuntansi terbaik ini tidaklah sulit. Anda tidak perlu lagi membuang banyak waktu Anda untuk melakukan pencatatan atau pembukuan transaksi secara manual.

Fitur yang ada pada Accurate Online pun akan memberikan pengalaman yang menyenangkan, serta membantu menghasilkan laporan keuangan yang punya hasil yang akurat. Jika Anda tertarik untuk merasakan sendiri fitur terbaik dari Accurate Online, Anda dapat mengunjungi laman mitramandiri.id!

Related posts

Software Akuntansi Accurate Online untuk UMKM & Perusahaan

admin

Resolusi Bisnis 2019; Bikin Pembukuan jadi Online dengan Accurate Lite

Iskandar Rumi

Accurate Online Solusi Software Akuntansi Cloud

wengku prihandoko