Image default
Akuntansi

Peran Software Akuntansi Usaha Dagang dalam Kelancaran Bisnis

Software akuntansi usaha dagang sangat diperlukan bagi para pengusaha dalam membantu kelancaran bisnis mereka di era digital ini. Dibandingkan menggunakan metode konvensional dalam mencatat berbagai transaksi perusahaan, tentu menggunakan software akuntansi akan jauh lebih praktis.

Oleh sebab itu, kehadiran software akuntansi perusahaan bisa menjadi pilihan yang paling tepat bagi para pelaku usaha di tengah kemajuan industri digital hari ini.

Mengenal Software Akuntansi Usaha Dagang

Software akuntansi dagang merupakan aplikasi pencatatan akuntansi perusahaan yang berisikan beragam fitur-fitur keuangan seperti laporan keuangan, laporan laba rugi, arus kas dan fitur-fitur penting lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi dagang maka para akuntan di dalam perusahaan akan lebih mudah mengerjakan berbagai laporan keuangan. Para akuntan juga bisa mengerjakan laporan keuangan secara lebih praktis, akurat dan cepat. Tak hanya itu saja, mereka juga dapat memantau transaksi keuangan perusahaan dari mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Fungsi dari Software Akuntansi dalam Mendukung Kegiatan Bisnis

Jenis Laporan yang Digunakan dalam Software Akuntansi Usaha Dagang

Berikut merupakan beberapa jenis akun laporan keuangan yang paling sering digunakan oleh para akuntan perusahaan dalam mengelola berbagai transaksi keuangan bisnis.

Pembelian

Akun pembelian merupakan salah satu fitur dalam software akuntansi bisnis yang bertujuan untuk mencatat pembelian barang yang masuk di dalam perusahaan sebelum dipasarkan kepada konsumen.

Penjualan

Selanjutnya, ada pula yang disebut dengan akun penjualan di mana akun ini menyediakan berbagai jenis transaksi penjualan barang untuk konsumen maupun kepada perantara. Adapun transaksi selain penjualan tidak akan dimasukkan dalam akun ini.

Persediaan

Adapun aku persediaan merupakan fitur di dalam software akuntansi bisnis yang bertujuan untuk mengetahui jumlah stok barang yang masih ada. Akun persediaan juga menyimpan berbagai data bisnis tentang persediaan barang pada periode tertentu.

Harga Pokok Penjualan atau HPP

Akun keempat ini memiliki fungsi dalam hal menentukan harga beli barang dan selanjutnya barang akan dijual pada periode tertentu serta harga pokok penjualan akan dipengaruhi oleh harga di pasaran. Oleh sebab itu, kehadiran pencatatan harga pokok penjualan sangatlah penting.

Akun Potongan Tunai

Jenis Akun potongan tunai merupakan jenis akun yang digunakan untuk pemberian diskon kepada pembeli saat melakukan transaksi pembayaran.

Akun Potongan Pembelian dan Penjualan

Jenis akun yang satu ini bertujuan untuk mencatat berbagai jenis potongan pada saat diberikan oleh penjual barang dagangan atau supplier. Adapun potongan penjualan merupakan jenis potongan yang akan diberikan perusahaan kepada konsumen atau pembeli.

Akun Retur Penjualan

Kemudian, akun retur penjualan merupakan jenis akun yang dipakai untuk menyimpan sekaligus menganalisa data barang yang telah terjual kepada konsumen akan tetapi dikembalikan oleh pihak perusahaan karena kondisi barang yang rusak alias tidak sesuai saat melakuan pemesanan.

Beban Pemasaran

Adapun beban pemasaran merupakan beban yang digunakan untuk semua hal yang ditanggung oleh perusahaan dagang saat menjual produk hingga sampai di tangan para konsumen.

Baca Juga: Fungsi dari Software Akuntansi dalam Mendukung Kegiatan Bisnis

Manfaat Software Akuntansi Usaha Dagang

Software akuntansi usaha dagang

Terdapat beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan software akuntansi dagang di dalam perusahaan Anda.

Hemat Waktu dan Biaya

Dengan menggunakan software akuntansi maka Anda pun akan lebih menghemat waktu dan biaya. Dibandingkan menggunakan laporan keuangan manual yang membutuhkan banyak kertas maka tentu saja menggunakan software akuntansi akan jauh lebih efektif dan efisien.

Tak hanya itu saja, software akuntnasi juga jauh lebih praktis karena para akuntan tak akan melalui prosedur penghitungan menggunakan berbagai jenis rumus. Semua proses pencatatan transaksi keuangan akan dihitung secara otomotis sehingga tidak akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Buat Laporan Lebih Cepat

Kehadiran fitur-fitur dalam software akuntansi perusahaan juga akan membantu para akuntan perusahaan dalam membuat laporan secara lebih cepat. Fitur-fitur tersebut akan mencatat berbagai jenis transaksi pengeluaran maupun pemasukan secara otomatis sehingga pembuatan laporan menjadi lebih cepat dan mudah.

Dapat dikatakan bahwa penggunaan software akuntansi perusahaan juga jauh lebih memudahkan sistem keuangan di dalam perusahaan. Pasalnya, software akuntansi telah menyediakan sistem faktur yang telah terintegrasi secara otomatis dalam hal mengirimkan faktur dan pengingat pembayaran. Semuanya menjadi serba praktis karena software akuntansi telah menggunakan tautan untuk proses pembayaran online.

Perangkat akuntansi ini juga bisa membantu perusahaan secara lebih praktis dalam hal mengelola hutang dagang serta melakukan penjadwalan bank dan setoran langsung. Tak hanya itu saja, perusahaan juga bisa memanfaatkan software akuntansi dagang dalam proses pembayaran pajak hingga pembayaran gaji karyawan.

Fitur-fitur yang disediakan oleh software akuntansi juga semakin mudah digunakan karena memiliki tampilan yang memudahkan penggunanya.

Bantu Integrasikan Setiap Keuangan Bisnis

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi, Anda pun bisa melakukan integrasi bisnis secara lebih mudah. Hadirnya sistem fitur sinkronisasi akan memudahkan Anda dalam mengintegrasikan berbagai jenis aspek keuangan.

Software akuntansi saat ini juga telah menggunakan API sehingga akan lebih menyinkronkan data dari semua alat akuntansi online. Oleh sebab itu, perusahaan menjadi lebih gampang melakukan berbagai jenis pembayaran karena segala jenis transaksi mulai dari pembayaran lewat rekening bank, kartu kredit hingga penggajian dilakukan lewat satu sistem saja.

Kemudahan ini tentu tidak akan merepotkan perusahaan lagi dalam melakukan beragam jenis transaksi. Proses yang dibutuhkan pun akan semakin singkat karena akuntan perusahaan tak akan menghabiskan banyak waktu lagi dalam menginput berbagai jenis data.

Terjamin Akurat

Jika dibandingkan pembukuan konvensional, tentu menggunakan software akuntansi akan jauh lebih akurat. Pasalnya, perangkat lunak yang digunakan telah memuat berbagai jenis fitur untuk mengelola keuangan secara lebih otomatis.

Membuat laporan keuangan lewat pembukuan manual juga kadang menimbulkan banyak kesalahan penghitungan. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kesalahan tersebut maka aplikasi akuntansi keuangan lebih banyak dipilih oleh para pelaku usaha.

Saat menemukan kesalahan penginputan pun, akuntan perusahaan akan lebih mudah menemukan letak kekeliruannya sehingga semua proses penghitungan laporan keuangan pun menjadi makin praktis.

Baca Juga: Memilih Software Akuntansi UKM Terbaik

Data Bisnis Tersimpan Rapi dan Aman

Kelebihan lain yang bisa didapatkan oleh perusahaan saat menggunakan software akuntansi bisnis ialah data bisnis yang lebih rapi dan juga aman. Membuat laporan keuangan secara manual biasanya akan membutuhkan lebih banyak kertas sehingga kadang sulit untuk mengatur dan menyimpannya.

Namun, lewat penggunaan software akuntansi, Anda bisa menyimpan dokumen keuangan secara lebih praktis dan aman tanpa memerlukan berbagai tumpukan kertas lagi. Tak hanya itu saja, data yang diinput juga bisa diakses secara digital sehingga jauh lebih aman. Anda tetap bisa mengakses data yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam ataupun kebakaran.

Dari segi keamanan, software akuntansi juga tentu jauh lebih aman karena telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang lebih canggih sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya.

Penutup

Software akuntansi usaha dagang sangat penting untuk menjalankan bisnis di era digital seperti saat sekarang ini. Selain lebih praktis dan akurat, sistem keamanan di dalam software akuntansi juga akan melindungi privacy perusahaan Anda. Software akuntansi Accurate Online dari mitramandiri.id bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda yang sedang mencari jenis software akuntansi bisnis yang memuat beragam fitur terbaik untuk bisnis.

Related posts

Software Accurate Untuk Bisnis Manufaktur

wengku prihandoko

Apa Saja Jenis Akuntansi yang Berguna untuk Bisnis? Yuk, Simak Info ini!

admin

Macam-macam Rasio Akuntansi bisnis Pada UMKM dan Pentingnya Rasio Akuntansi

Iskandar Rumi