Image default
Akuntansi

Investasi Software Akuntansi Terbaik yang Bikin Bisnis Auto Profitable

Software akuntansi merupakan salah satu teknologi terbaik yang bisa membantu meningkatkan kinerja perusahaan yang Anda kelola. Melalui sistem komputer yang lebih akurat dan serba otomatis, mengerjakan tugas berat bisa Anda kerjakan dengan mudah. Tak heran investasi software akuntansi menjadi prioritas banyak perusahaan.

Namun Anda harus berhati-hati dalam memilih software akuntansi yang ingin Anda investasikan untuk perusahaan, pemilihan harus Anda dasarkan pada kelengkapan fitur dan kredibilitas brand aplikasi. Dengan memilih aplikasi terbaik, peluang bisnis auto profitable akan semakin tinggi.

Mengenal apa itu Software Akuntansi!

apa itu software akuntansi
Source: Pexels

Secara umum software akuntansi adalah sebuah sistem komputer yang dibuat untuk mendukung kegiatan akuntansi, sistem ini biasanya berbasis modularitas yang saling terhubung dengan segala proses akuntansi. Hal tersebut mencakup account payable (modul pembelian), account receivable (penjualan), buku besar hingga penggajian. 

Perangkat ini dikembangkan melalui proses pemrograman komputer atau coding. Prosesnya bisa berupa berbagai cara baik dikembangkan secara intern tersebut maupun menggunakan jasa ahli. Bahkan kini banyak bisnis layanan aplikasi yang bisa memberikan kinerja terbaik dengan langkah yang lebih mudah dan murah.

Baca Juga: Fungsi dari Software Akuntansi dalam Mendukung Kegiatan Bisnis

Tujuan utama dari pengembangan software akuntansi adalah mempermudah penyusunan laporan akuntansi, kegiatan transaksi keuangan, analisa neraca, cash flow, laba rugi ,hingga berbagai jenis kebutuhan akuntansi lainnya. Software akuntansi dengan basis integrasi pusat menjadi pilihan terbaik.

Pasalnya dengan sistem sejenis ini, kondisi akuntansi pemangku wewenang dapat melakukan pengawasan dan pengeditan secara real-time dimana saja dan kapan saja. Hal ini akan sangat berguna untuk berbagai divisi yang notabene satu sama lain saling terhubung. 

Software akuntansi bisa jadi aset berharga dalam mengembangkan bisnis yang Anda kelola. Pasalnya dari banyaknya keunggulan dan manfaat yang Anda terima, akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis. Tak heran banyak perusahaan yang rela mengeluarkan modal untuk mengembangkan atau berlangganan software akuntansi.

Investasi Software Akuntansi dapat Meningkatkan Profitable

manfaat software akuntansi
Source: Pexels

Membangun atau berlangganan layanan software akuntansi memang sangat membantu untuk meningkatkan profitable dari perusahaan. Bahkan sebuah software akuntansi yang tersistem dengan baik, juga dapat menjadi batu loncatan untuk mengembangkan bisnis yang Anda kelola.

1. Efisiensi Waktu Lebih Mudah Tercapai

Alasan utama dalam penggunaan sebuah software akuntansi adalah karena dapat memberikan efisiensi waktu. Secara konsep sebuah aplikasi yang berjalan serba otomatis, pastinya akan memenangkan waktu pekerjaan yang biasanya Anda butuhkan saat masih menggunakan cara manual.

2. Komunikasi Antar Divisi Lebih Terorganisir

Selain mampu meningkatkan performa, aplikasi akuntansi pada dasarnya mampu menghubungkan setiap divisi menjadi lebih terorganisir. Dengan fungsinya sebagai koordinator serta sarana komunikasi inilah, peningkatan pelayanan dapat tercapai. Hal ini akan menarik minat serta membentuk loyalitas dan kepercayaan pelanggan.

3. Meminimalisir Risiko Salah Hitung 

Walaupun memiliki performa yang lebih cepat, namun akurasi dari sistem komputer terkenal lebih akurat. Dengan menggunakan software akuntansi pastinya risiko salah hitung akan hilang, selama algoritma dari sistem sudah sesuai aturan yang berlaku. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan penilaian publik pada bisnis Anda.

Baca Juga: Accurate Online Solusi Software Akuntansi Cloud

4. Nggak Perlu Beradaptasi dengan PSAK Baru

Sistem akuntansi Indonesia memberlakukan sistem PSAK sebagai pedoman utama pembuatan laporan. Karena ringkasan dari peraturan ini terbilang cukup rumit, pastinya butuh waktu untuk mempelajarinya. Namun dengan sistem komputer yang sudah disesuaikan, Anda tidak perlu bingung beradaptasi dengan PSAK hingga berhari-hari.

5. Laporan Keuangan Otomatis dan Kemudahan Akses

Jika biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk membuat dan melihat sebuah laporan, namun dengan software akuntansi hal ini bisa dihilangkan. Pasalnya laporan keuangan otomatis adalah fitur terbaik yang bisa jadi investasi untuk menuju kesuksesan. Bahkan beberapa sistem berbasis web menyediakan kemudahan akses untuk penggunanya.

Dengan bantuan internet dan sistem yang canggih, Anda bisa mengakses laporan keuangan dimana saja dan kapan saja. Bahkan beberapa aplikasi bisa Anda buka pada berbagai jenis perangkat, sehingga optimasi performa akan lebih mudah tercapai.

6. Memberikan Keamanan Data Bahkan pada Skala Besar

Software akuntansi biasanya didukung dengan adanya sistem database yang mampu menampung data dalam skala yang besar. Bahkan dengan sistem keamanan serta backup data otomatis, menurunkan risiko kehilangan data, pencurian maupun penyalahgunaan data.

7. Meningkatkan Penilaian Publik dan Menurunkan Tingkat Stress Pegawai

Investasi software akuntansi adalah solusi terbaik untuk meningkatkan penilaian publik sekaligus menurunkan stress pegawai karena tugas menumpuk. Bagi pelanggan pelayanan dan performa menjadi penilaian utama dalam memilih sebuah perusahaan. Hal ini memicu adanya tuntutan performa yang baik dari para pegawai di dalamnya.

Namun jika akuntansi masih pakai cara manual, pasti akan sangat melelahkan, berisiko, dan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu sistem komputer adalah solusi terbaik untuk memecah kebuntuan banyak pegawai ini. Hal inilah yang memicu turunnya tingkat stress pegawai dari tumpukan tugas, yang dapat memicu performa lebih baik.

Tips Memilih Software Akuntansi Terbaik

manfaat software akuntansi
Source: Pexels

Pada dasarnya sebuah perusahaan akan lebih proper menggunakan atau melakukan penyesuaian sistem yang sudah ada, dari pada membangun ulang sistem mulai dari nol. Selain memakan waktu yang lama, tenaga dan modal yang dibutuhkan juga relatif lebih besar.

Oleh karena itu perusahaan harus bisa memilih software akuntansi yang ingin digunakan, dengan memilih aplikasi terbaik pastinya akan berimbas pada kemajuan bisnis. Pasalnya dalam memilih software dan penyedia layanan, pebisnis tidak boleh asal comot. Harus ada sinkronisasi antara bisnis dengan software tersebut.

1. Memilih Software Akuntansi dengan Security Sistem Terbaik

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih software dengan sistem keamanan terbaik. hal ini pastinya sangat berhubungan dengan kerahasiaan data yang akan Anda kelola. Keamanan data harus menjadi penilaian utama dalam memilih sebuah software yang akan Anda gunakan dalam kurun waktu yang lama.

2. Software Memiliki Fitur yang Anda Butuhkan

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah kelengkapan fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pasalnya setiap software memiliki kelengkapan fitur yang berbeda, namun setiap perusahaan pasti nya juga membutuhkan fitur yang berbeda pula. 

3. Pilih Sistem yang Memiliki Kemudahan Akses Data

Selain aman software yang Anda pilih juga harus mudah untuk diakses, karena kinerja perusahaan sangat terpengaruh dari kemudahan akses data. Namun Anda harus memilih sistem yang bisa memberikan filter fitur, untuk setiap divisi yang menggunakannya. Sistem juga harus support dengan perangkat yang digunakan pegawai pada perusahaan itu.

4. Memilih Software dari Penyedia Jasa yang Kredibel

Faktor terpenting yang keempat akan menjadi penentu ketiga faktor, pasalnya semakin tinggi kredibilitas perusahaan penyedia jasa, akan semakin tinggi pula kualitas softwarenya. Namun penilaian tidak cukup dari sistem saja, Anda perlu memperhatikan penyedia jasa dari segi kekebalan hukum.

Anda harus memilih aplikasi dan penyedia jasa terbaik, untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan. Contohnya adalah memilih jasa aplikasi Accurate Online, yang sudah dipercaya ratusan ribu perusahaan di Indonesia. Selain itu accurate juga memiliki fitur yang lengkap serta pelayanan terbaik untuk penggunanya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, pastinya dapat Anda simpulkan bahwa investasi software akuntansi adalah cara terbaik untuk meningkatkan profitable perusahaan. Hal ini pastinya beriringan dengan meningkatnya penilaian publik, efisiensi yang membawa profesionalitas, serta meningkatnya pelayanan pada pelanggan.

Dengan banyaknya peran yang diberikan, tak heran jika sebuah perusahaan harus mempertimbangkan untuk beralih pada sistem komputer yang lebih optimal. Segala kelebihan tersebut akan membantu bisnis lebih terorganisir dan meningkatkan pendapatannya.

Related posts

Software Pembukuan: Pengertian, Fungsi, dan Tips Sebelum Membelinya

admin

Tahapan Proses Akuntansi dalam Perusahaan

admin

Cara Mudah Memahami Neraca Keuangan Bagi Pemilik UKM

Iskandar Rumi