Image default
Akuntansi

Manfaat dan Tips Memilih Aplikasi Pembukuan Perusahaan Jasa

Memilih aplikasi pembukuan untuk perusahaan jasa bisa jadi hal yang memusingkan. Itu karena setiap aplikasi pembukuan memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, aplikasi pembukuan ini merupakan software yang sangat penting untuk setiap bisnis, salah satunya adalah bisnis yang bergerak di bidang jasa.

Hal tersebut dikarenakan keuangan menjadi bagian yang vital bagi perusahaan. Dari keuangan ini Anda sebagai pemilik bisnis jasa akan mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan apakah sehat atau tidak. Jadi, bagaimana tips memilih aplikasi pembukuan perusahaan jasa yang tepat?

Memilih Aplikasi Pembukuan Perusahaan Jasa Terbaik

Tips memilih aplikasi pembukuan perusahaan jasa
Sumber: Unsplash

Walaupun keuangan merupakan bagian vital dari setiap bisnis, namun ternyata masih banyak perusahaan jasa yang menggunakan cara manual. Padahal, cara ini sangat rentan terjadi human error yang disebabkan oleh kecerobohan atau kelalaian staf di bagian keuangan. Hal ini akan membuat perusahaan menjadi dirugikan.

Baca Juga: Inilah Alasan Penting Penerapan Pelayanan Prima pada Bisnis

Nah, jika perusahaan Anda belum mengimplementasikan aplikasi pembukuan, ada baiknya segeralah pilih yang sesuai dengan perusahaan Anda. Ada beberapa tips memilih aplikasi pembukuan untuk bisnis jasa terbaik yang bisa Anda lakukan, antara lain sebagai berikut:

1. Pahami Kebutuhan Perusahaan

Hal pertama yang penting untuk Anda perhatikan saat memilih aplikasi pembukuan perusahaan jasa adalah memahami kebutuhan perusahaan Anda. Dengan begitu, Anda akan tahu fitur apa saja yang Anda butuhkan dari sebuah aplikasi pembukuan. Banyak yang salah dalam memilih software karena tidak memahami kebutuhan perusahaan jasa itu sendiri.

2. Pilih Vendor yang Tepercaya

Tips yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah memilih vendor yang terpercaya. Pastikan jika vendor yang Anda pilih akan memiliki kredibilitas yang baik. Tidak hanya itu, vendor tersebut juga harus berpengalaman. Dengan pengalaman sebagai vendor aplikasi pembukuan, mereka akan dapat melayani Anda dengan baik dan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan bisnis jasa Anda.

Yang tak kalah penting, cari tahu ulasan klien-klien sebelumnya tentang kualitas produk dan layanan dari vendor tersebut. Semakin baik ulasannya, semakin baik pula reputasinya.

3. Bisa Di-Custom

Tips mendapatkan aplikasi pembukuan perusahaan jasa terbaik berikutnya adalah memilih software yang bisa Anda kustom. Dengan begitu, Anda dapat menambahkan fitur atau mengurangi fitur sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Selain itu dengan kustomisasi ini, software akuntansi Anda akan lebih fleksibel saat digunakan dalam bisnis jasa Anda.

4. Demo

Yang tak kalah penting dalam memilih software pembukuan bisnis jasa adalah dengan pilih yang menyediakan demo gratis. Yang dimaksud dengan demo ini adalah software trial di perusahaan bisnis Anda. Dengan demo ini Anda akan mengetahui apakah software tersebut benar-benar cocok untuk diterapkan di keuangan bisnis Anda atau tidak.

5. Anggaran yang Sesuai

Bagi Anda yang ingin mendapatkan software pembukuan terbaik, ada baiknya Anda mempertimbangkan budget. Semakin lengkap fitur yang ditawarkan akan membuat budget Anda lebih besar daripada software fiturnya lebih sedikit dan minimalis.

Untuk bisa mendapatkan software dengan budget yang terjangkau, ada baiknya jika Anda membandingkan harga yang ditawarkan oleh satu vendor dengan vendor lainnya.

6. Full Support

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan aplikasi pembukuan perusahaan jasa terbaik

Adalah pastikan untuk memilih vendor yang full support. Artinya, mereka akan siap melayani Anda jika sewaktu-waktu software bermasalah dan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Pasalnya, tidak semua vendor tersebut memberikan layanan full support. Maka dari itu, jangan ragu untuk menanyakan hal ini kepada vendor Anda sehingga tidak akan merugikan Anda dengan memberikan layanan yang fast respons dalam menanggapi berbagai keluhan Anda.

Manfaat Memiliki Aplikasi Pembukuan untuk Bisnis Jasa

Manfaat aplikasi pembukuan perusaaan jasa
Sumber: Pexels

Siapa bilang bahwa aplikasi pembukuan hanya berguna bagi perusahaan-perusahaan besar? Justru memiliki aplikasi pembukuan ini sangat penting bagi perusahaan rintisan yang sedang berkembang agar bisnisnya lebih cepat berkembang. Alasannya, karena aplikasi pembukuan ini membawa beberapa manfaat seperti:

1. Membantu Anda dalam Pelaporan Keuangan

Tidak mengherankan jika perusahaan menghasilkan banyak data di era digital saat ini. Namun, menghasilkan data keuangan saja tidak cukup. Anda perlu membuat pencatatan dan pembukuannya secara efisien untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi keuangan bisnis jasa Anda.

Nah, inilah manfaat aplikasi pembukuan yakni membantu Anda dalam menjaga catatan keuangan agar selalu up to date dan akurat. Dengan demikian, kualitas pelaporan keuangan bisnis Anda pun juga akan meningkat.

2. Menghemat Waktu Audit

Aplikasi pembukuan juga dapat membantu mempercepat audit Anda. Anda pasti tidak ingin perusahaan jasa Anda masuk ke audit yang panjang, kan? Pasti, karena itu hanya akan membuang-buang waktu. Tapi, jika Anda rajin melakukan pembukuan, proses pencatatan keuangan yang notabenenya ribet akan makin ringkas dan audit Anda dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

3. Membantu Bisnis Anda Lebih Taat Hukum

Jika Anda menjalankan bisnis, tentu Anda juga berkewajiban untuk menaati peraturan keuangan agar tidak terjebak dalam masalah hukum. Hal ini penting supaya waktu dan uang Anda tidak terbuang sia-sia karena harus mempertanggungjawabkan bisnis jasa Anda di pengadilan.

Maka dari itu, aplikasi pembukuan dapat membantu perusahaan jasa rintisan Anda yang sedang berkembang untuk mengidentifikasi potensi kelemahan hukum dalam keuangan Anda sehingga bisa memperbaikinya sebelum terlambat.

4. Membantu Anda dalam Membuat Kebijakan Bisnis yang Luas

Jika Anda memiliki gambaran yang akurat tentang kondisi keuangan perusahaan jasa Anda melalui pembukuan, Anda dapat membuat kebijakan bisnis dengan lebih cerdas dan bijak sehingga dapat membawa perusahaan Anda to the next level. Anda dapat membuat rencana keuangan dengan menganalisis laporan keuangan Anda.

Selain itu, pembukuan keuangan yang akurat juga membantu Anda mengidentifikasi celah dalam proses jalannya bisnis jasa Anda melalui laporan laba rugi.

5. Meningkatkan Produktivitas Staf Keuangan

Dengan mengotomatiskan proses akuntansi secara rutin, produktiitas staf keuangan Anda akan meningkat dengan menggunakan aplikasi pembukuan perusahaan jasa. Bahkan, jika staf keuangan Anda masih pemula, penggunaan aplikasi pembukuan yang user friendly bisa menjadikannya lebih proaktif.

Hal ini karena aplikasi pembukuan bisa membantu peningkatan akurasi, pengiriman data real-time, visibilitas, dan kolaborasi. Dengan begitu, seluruh tim bisa terbantu dalam mengembangkan strategi bisnis yang lebih baik.

Baca Juga: Software Pembukuan Konter Pulsa Gratis, Juga Untuk Jenis Usaha Lainnya

6. Lebih Hemat Biaya

Tahukah Anda bahwa software akuntansi berbasis cloud bisa membantu Anda untuk lebih menghemat biaya? Software ini mampu mengirimkan data melalui internet ke server jarak jauh penyedia, tempat data tersebut diproses dan tersedia kepada manajer bisnis. Itulah yang membuat aplikasi ini mampu menghemat pengeluaran biaya, waktu dan sumber daya.

Karena software sudah tersistem berbasis cloud, hal ini memungkinkan staf TI Anda untuk fokus pada tugas lain. Selain itu, pembaruan software akuntansi lebih hemat biaya untuk lisensi baru, hardware, maintenance sistem, dan integrasi. Manfaat tersebut sangat penting untuk perkembangan bisnis jasa di persaingan pasar yang dinamis.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat dan tips memilih aplikasi pembukuan perusahaan jasa terbaik untuk bisnis Anda. Dalam memilih software akuntansi ini diperlukan riset dan ketelitian yang tinggi karena menyangkut hal-hal yang vital dalam keuangan perusahaan.

Salah dalam memilih software hanya akan membuat pembukuan keuangan berjalan lambat juga meningkatkan risiko terjadinya human error terus-menerus. Agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan kamu memilih software akuntansi dengan fitur lengkap, antarmuka yang user friendly, berbasis cloud, dan mudah diakses, salah satunya adalah Accurate Online.

Selain sudah terbukti kredibilitasnya, software ini dirancang sesuai dengan standard PSAK. Jadi, sangat cocok untuk membantu pembukuan keuangan di Indonesia. Masih ragu? Coba demonya melalui free trial 30 hari Accurate Online berikut ini supaya Anda lebih yakin.

Related posts

Biaya Marginal dan Pentingnya untuk Bisnis

admin

Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko

admin

Kakeibo, Cara Atur Uang ala Warga Jepang yang Bikin Keuangan Bisnis Stabil

Iskandar Rumi