Image default
Akuntansi

Cara Memilih dan Rekomendasi Software Pembukuan Perusahaan

Semakin berubahnya zaman, terutama berkat kecanggihan teknologi yang ada, proses pembukuan atau pencatatan transaksi bisnis atau perusahaan pun mulai semakin dipermudah. Sekarang ini, perusahaan tidak lagi melakukan pembukuan secara manual dalam kertas. Karena umumnya perusahaan menggunakan bantuan teknologi seperti penggunaan Excel ataupun software pembukuan perusahaan.

Software akuntansi seperti ini memang sebenarnya sangat dibutuhkan oleh bisnis atau perusahaan, salah satu gunanya adalah untuk mengurangi potensi kesalahan pencatatan yang dilakukan secara manual. Selain itu, software seperti inipun akan mempermudah Anda untuk dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dengan hanya beberapa kali klik.

Alasan Akuntansi Tradisional Sudah Mulai Ditinggalkan

software pembukuan perusahaan untuk memudahkan pencatatan transaksi bisnis

Ada alasan mengapa akuntansi tradisional pada perusahaan kini mulai ditinggalkan, yaitu karena pencatatan secara tradisional atau bisa dibilang manual punya beberapa kelemahan, seperti:

  • Butuh biaya yang lebih besar. Ini karena Anda harus menggunakan jasa seorang in-house accountant untuk melakukan pembukuan. Ada lagi juga biaya yang harus dikeluarkan untuk auditor yang memeriksa laporan keuangan bisnis atau perusahaan Anda. Bila ada human error, maka Anda pun harus melakukan pengulangan dalam pembuatan laporan. Padahal prosesnya tentu butuh waktu yang lama karena membutuhkan tingkat akurasi tinggi.
  • Sulit diakses. Kelemahan akuntansi tradisional berikutnya yaitu sulitnya informasi untuk diakes. Padahal Anda tentu perlu untuk mengetahui ataupun melakukan update pada aktivitas finansial perusahaan Anda.
  • Rendahnya tingkat pengawasan. Menggunakan akuntansi tradisional akan membuat Anda akan lebih sulit mengawasi, karena data finansial bisnis atau perusahaan Anda hanya dipegang 1 orang atau 1 departemen, yang akan membuat Anda kesulitan mengendalikan keuangan. Karena ini dapat muncul kecurangan yang mungkin tidak Anda sadari, seperti penyalahgunaan aset, mengubah laporan keuangan untuk keuntungan pribadi, bahkan korupsi.
  • Risiko kehilangan dan kerusakan data. Kecelakaan kecil yang dapat membuat data Anda hilang atau rusak bisa saja terjadi sewaktu-waktu, dan risikonya bisa dibilang sangat besar. Misalnya seperti tumpahnya minuman di data penting perusahaan. Hal ini bisa saja memberi dampak yang besar untuk perusahaan.

Baca Juga: Aplikasi Pembukuan untuk Koperasi Simpan Pinjam

Manfaat Software Pembukuan Perusahaan

alasan perusahaan beralih pada software pembukuan perusahaan

Karena kelemahan akuntansi tradisional yang sudah disebutkan di atas lah, akhirnya memicu para pengusaha untuk mulai beralih kepada software pembukuan bisnis atau perusahaan yang dapat meminimalisir kemungkinan tersebut bisa terjadi.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa manfaat software akuntansi untuk pembukuan perusahaan:

  • Mengetahui kondisi keuangan secara realtime dan rinci. Dengan adanya software pembukuan, Anda tidak perlu lagi menghitung ulang, hanya untuk mencari tau informasi yang Anda perlukan. Karena Anda hanya perlu membuka software yang Anda gunakan dan mengakses data keuangan bisnis atau perusahaan yang Anda inginkan, saat itu juga.
  • Mudah dalam hal pengawasan. Penggunaan software akuntansi untuk pembukuan ini juga membuat Anda jadi lebih bebas untuk mengawasi kondisi keuangan perusahaan. Tak perlu lagi khawatir akan adanya kecurangan ataupun menghabiskan waktu untuk melakukan pengecekan ulang.
  • Mudah dalam melakukan evaluasi. Evaluasi adalah suatu hal yang penting dalam bisnis atau perusahaan untuk bisa melihat kinerja bisnis Anda. Dengan adanya laporan keuangan yang bisa Anda akses secara realtime, Anda pun dapat melihat kinerja bisnis Anda dan melakukan evaluasi segera.
  • Tingkat akurasi yang lebih tinggi. Laporan keuangan yang ada tentunya akan berkaitan dengan keberlangsungan bisnis Anda. Karena itulah tingkat akurasinya adalah hal penting. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pembukuan manual cenderung memiliki tingkat akurasi rendah karena kemungkinan terjadinya kesalahan atau human error, sedangkan software pembukuan perusahaan cenderung punya tingkat akurasi yang lebih tinggi.
  • Keamanan data. Software tentunya sudah dibekali dengan sistem yang dapat menyimpan, melindungi dan juga mengelola data dengan lebih aman. Tentunya Anda tidak perlu khawatir data akan rusak karena hal-hal kecil lagi.

Cara Memilih Software Pembukuan Perusahaan yang Tepat

Cara Memilih Software Pembukuan Perusahaan yang Tepat

Walaupun keberadaannya memudahkan, namun semakin banyaknya pilihan yang ada membuat pengusaha pun jadi sulit memilih mana yang terbaik dan paling dibutuhkan. Karena itulah, berikut ini adalah beberapa cara untuk memilih software akuntansi untuk pembukuan perusahaan yang terbaik:

1. Pertimbangkan kebutuhan serta keterampilan akuntansi Anda

Bila Anda tidak ingin menggunakan jasa akuntan dalam hal pembukuan, maka Anda dapat memanfaatkan software akuntansi terbaik. Untuk bisa menemukan yang tepat, Anda harus melihat bagaimana bisnis atau perusahaan Anda beroperasi serta lakukan riset pada software akuntansi yang ada.

Penghasilan yang didapat bisnis Anda juga jadi faktor yang akan membedakan kebutuhan akuntansi untuk perusahaan Anda. Software akuntansi sendiri pun ada yang memang dirancang khusus untuk bisnis kecil dan menengah.

Industri bisnis yang Anda jalani pun bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih software akuntansi. Karena Anda dapat mempertimbangkan software khusus yang dibuat untuk bisa membantu bisnis yang ada pada segmen pasar Anda.

Riset pun juga jadi hal penting, karena perangkat lunak yang akan Anda pilih tentunya akan berdampak pada bagaimana pendapatan bisnis Anda akan dikelola. Anda juga harus memerhatikan bahwa meskipun perangkat lunak akuntansi ini bisa mempermudah pembukuan, namun Anda pun masih perlu literasi mengenai keuangan serta akuntansi. Anda harus paham apa yang harus Anda lakukan dengan perangkat tersebut.

2. Sesuaikan dengan budget

Anda dapat memilih software pembukuan perusahaan yang sesuai dengan budget Anda. Karena ada banyak pilihan yang dapat Anda sesuaikan dengan anggaran bisnis atau perusahaan Anda. Namun, tentunya, semakin banyak fitur yang diberikan, harganya mungkin saja akan lebih mahal. Tapi hal ini juga diikuti dengan kebutuhan yang lebih terperinci.

3. Perhatikan jenis penyimpanan data yang digunakan

Software akuntansi umumnya memiliki 2 jenis, yaitu desktop software dan cloud-based software. Desktop software ini melakukan penyimpanan data di memori komputer. Anda biasanya hanya perlu membayar sekali untuk digunakan selamanya. Dan Anda tidak butuh koneksi internet dalam menyimpan data. Namun sayangnya, desktop software ini dianggap kurang praktis karena tidak bisa digunakan untuk akses data kapan saja.

Sedangkan cloud-based software melakukan penyimpanan data di sistem cloud. Jadi, Anda akan butuh internet untuk data Anda bisa tersimpan. Kelebihan cloud-based software ini yaitu Anda bisa akses data di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko

4. Kenali fitur yang Anda butuhkan

Yang juga harus jadi pertimbangan dalam memilih software akuntansi untuk bisnis atau perusahaan Anda yaitu fitur yang diberikan, apakah sesuai dengan yang Anda butuhkan. Misalnya, adanya fitur untuk akses perangkat lunak dari jarak jauh, inetgrasi menghitung pajak, ataupun integrasi software akuntansi dengan software kasir, dan fitur lainnya yang sekiranya Anda butuhkan.

Rekomendasi Software Pembukuan Perusahaan

rekomendasi software pembukuan perusahaan

Dari beberapa tips atau langkah yang bisa Anda lakukan untuk menemukan software akuntansi yang tepat, ada beberapa software pembukuan yang bisa Anda coba gunakan, yaitu:

  • Accurate Accounting Software

Software akuntansi Accurate jadi salah satu yang terbaik. Di Indonesia sendiri, Accurate telah dikenal sejak 1998.

Accurate sendiri menawarkan paket yang lengkap dan juga sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) serta perpajakan di Indonesia. Hal inilah yang semakin membuat Accurate terkenal digunakan di banyak perusahaan.

Accurate Accounting Software ini punya 2 jenis produk, Accurate Dekstop yang basisnya instalasi pada PC serta Accurate Online yang merupakan software akuntansi web-based. Ada banyak fitur dan kelebihan yang ditawarkan oleh Accurate, seperti fitur penjualan, pembelian, inventory, kas, buku besar, aktiva tetap dan lainnya.

Software Accurate Dekstop ini umumnya digunakan oleh perusahaan yang memiliki 1 kantor usaha serta seluruh aktivitas dari perusahaan dilakukan di sana. Sedangkan untuk Accurate Online cocok untuk perusahaan yang punya beberapa kantor cabang, dan pimpinan perusahaan ingin melakukan pengawasan pada aktivitas transaksi perusahaan di mana pun dan kapan pun.

Bahkan Anda pun bisa mencoba software akuntansi Accurate Online secara gratis terlebih dahulu, di mana Anda bisa mendapatkan software pembukuan perusahaan ini di mitramandiri.id.

Baca Juga: Software Pembukuan: Pengertian, Fungsi, dan Tips Sebelum Membelinya

  • Software Akuntansi SAP

SAP adalah software Enterprise Resources Planning (ERP), di mana ini merupakan tools IT serta manajemen yang dapat membantu perusahaan merencanakan dan juga mengelola aktivitas operasional bisnis atau perusahaan dengan lebih efisien dan juga efektif.

SAP terdiri dari beberapa modul aplikas yang mampu mendukung transaksi yang harus dilakukan perusahaan. Semua modulnya pun dapat terintegrasi satu sama lain.

  • Omegasoft

Rekomendasi software akuntansi berikutnya adalah Omegasoft, di mana ini juga merupakan aplikasi kasir yang bisa membantu menjalankan aspek-aspek bisnis Anda. Mulai manajemen persediaan untuk menganalisis data, pengolahan penjualan serta manajemen pelanggan dan juga Accounting & E-faktur.

Itulah beberapa hal terkait software pembukuan perusahaan, beserta rekomendasinya yang dapat Anda coba gunakan. Bila Anda tertarik untuk menggunakan software akuntansi Accurate Online, Anda bisa mendapatkannya di mitramandiri.id.

Related posts

Tips Jitu Memilih Software Pembukuan Toko

admin

Akuntansi Menurut Ahli serta Pentingnya Akuntansi dalam Bisnis

admin

Fungsi Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen dalam Perusahaan

admin